Definisi Paradigma Menurut Ahli

Pengertian Paradigma adalah seperangkat konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya yang secara logis membentuk sebuah kerangka pemikiran. Paradigma merupakan suatu cara pandang yang mendasar, bagaimana cara kita melihat, memikirkan, memaknai, dan juga menyikapi serta memilih tindakan atas sebuah fenomena yang ada dan terjadi.

Paradigma juga diartikan sebagai sebuah diagram ataupun kerangka berpikir yang menjelaskan sebuah fenomena yang mengandung berbagai konsep yang terkait dengan fokus keilmuannya.

PENGERTIAN PARADIGMA MENURUT PARA AHLI

Pengertian Paradigma Menurut Longman

Menurut Longman, paradigma identik dengan sebuah bentuk maupun model yang menjelaskan suatu proses ide dengan sangat jelas.

Pengertian Paradigma Menurut Husain Heriyanto

Menurut Husain Heriyanto, paradigma merupakan seperangkat asumsi-asumsi teoritis umum dan hukum-hukum serta teknik-teknik aplikasi yang dianut secara bersamaan oleh para anggotanya dalam suatu komunitas ilmiah.

Pengertian Paradigma Menurut Ferguson

Sedangkan menurut ferguson, paradigma adalah pola pikir dalam memahami dan menjelaskan suatu aspek dari setiap kenyataan yang ada.

PARADIGMA DALAM ILMU PENGETAHUAN

Seperti telah dikatakan pada paragraf sebelumnya, bahwa paradigma terkait dengan fokus keilmuan yang dianut. Di dunia ini ada banyak sekali disiplin ilmu yang muncul dan berkembang, tentunya masing-masing mempunyai paradigmanya masing-masing. Dalam ilmu pengetahuan, setidaknya terdapat 5 paradigma yang dipakai, yaitu :

1. Paradigma kualitatif

Merupakan proses penelitian berdasarkan sebuah metodologi yang menyelidiki fenomena sosial untuk menemukan teori dari lapangan secara deskriptif yang menggunakan metode berpikir induktif.

2. Paradigma deduksi-induksi

Merupakan metode penelitian deduksi atau penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang menganalisis data untuk memperoleh kesimpulan. Sedangkan penelitian induksi atau pendekatan kualitatif mengumpulkan data kemudian diobservasi, diperoleh hipotesis untuk menghasilkan kesimpulan.

3. Paradigma piramida

Merupakan kerangka berpikir ataupun model penyelidikan ilmiah yang dalam tahapannya menyerupai bentuk sebuah piramida. Terbagi menjadi piramida berlapis, piramida ganda, dan piramida terbalik. Piramida berlapis menunjukkan bahwa semakin keatas, maka tujuan akan semakin mudah tercapai yaitu ditemukannya teori baru. Piramida ganda dibuat berdasarkan piramida yang telah ada. Dan piramida terbalik dibuat berdasarkan teori yang sudah ada.

4. Paradigma siklus empiris

Merupakan kerangka berpikir ataupun metode penyelidikan ilmiah yang berupa siklus.

5. Paradigma rekonstruksi teori

Merupakan kerangka berpikir yang berusaha merancang kembali sebuah teori atau metode yang telah ada dan digunakan dalam sebuah penelitian.

Cari Artikel di Sini