Apa yang dimaksud organisasi itu? Sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Organisasi merupakan sebuah tempat berkumpulnya sekelompok yang bekerjasama secara rasional, sistematis, terkendali dan juga terpimpin.

Umumnya kegiatan dalam kegiatan organisasi adalah untuk mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia.

Biasanya dalam sebuah organisasi dapat memanfaatkan segala sumber daya dalam upaya untuk mencapai suatu tujuan. Beberapa sumber daya yang dimaksud seperti uang, alat/mesin, metode/cara, lingkungan, sumber daya manusia, dan lainnya. Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang organisasi dan ciri-cirinya. Berikut akan disajikan lengkap ulasan lengkap terkait organisasi.

Definisi Umum Organisasi

Apa itu organisasi? Pengertian organisasi adalah kumpulan sekelompok orang yang melakukan kerja sama, dikendalikan dan dipimpin untuk tujuan tertentu.

Dalam sebuah informasi memanfaatkan berbagai hal. Bisa dari lingkungan, material, metode, uang, dan lainnya supaya tujuan organisasi tersebut tercapai. Dalam organisasi harus ada lebih dari 3 anggota. Di kehidupan sehari-hari kita sangat mudah menemukan organisasi. Bahkan negara sendiri bermula dari sebuah organisasi.

Pengertian lain juga menyebutkan bahwa organisasi merupakan sebuah sekelompok orang atau grup yang saling berkolaborasi bersama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Namun perlu diketahui bahwa ada banyak sekali macam organisasi yang bisa dijumpai. Yang mana masing-masing organisasi tersebut memiliki struktur dan juga tujuan yang berbeda.

Pengertian Organisasi Menurut Ahli

Agar lebih memahami lebih jauh tentang apa yang dimaksud organisasi, maka ada baiknya untuk kita merujuk pada beberapa pendapat para ahli. Berikut ini beberapa pendapat ahli yang dapat menjelaskan definisi organisasi yakni diantaranya,

1. Stephen P. Robbins

Pendapat pertama yakni diungkapkan oleh Stephne P Robbins yang mengatakan bahwa organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikansecara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dan diidentifikasi. Selain itu bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama.

2. Stoner

Menurut Stoner organisasi merupakan sebuah pola hubungan melalui orang-orang dibawah pengarahan atasan dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama.

3. Drs H. Malayu S,P Hasiubuan

Selanjutnya organisasi menurut Drs. H. Malayu S,P Hasibuan yaitu suatu proses penentuan, pengelompokan, dan  juga pengaturan berbagai macam aktivitas yang diperlukan guna mencapai tujuan bersama.

4. Dr. Sondang P. Siagian

Pengertian organisasi menurut Siagian adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang mana saling bekerjasama dan terikat secara formal dalam rangka untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam organisasi yang dimaksud terdapat beberapa orang yang dikenal sebagai atasan dana ada yang dikenal sebagai bawahan.

5. Philips Slznic

Satu lagi pendapat ahli tentang organisasi yaitu suatu peraturan personil yang mana berguna untuk mempermudah dalam melakukan berbagai hal untuk mencapai tujuan yang ditetapkan bersama. Tujuan tersebut sudah ditetapkan melalui alokasi tanggung jawab dan juga fungsi yang telah dibebankan.

6. Thompson

Pengertian organisasi menurut Thompson yaitu suatu perpaduan antara beberapa anggota khusus yang sangat impersonal dan juga rasional. Perpaduan anggota tersebut saling bekerjasama dalam mencapai tujuan yang telah disepakati bersama-sama.

Pengertian Organisasi Menurut Etimologi

Secara etimologi, arti organisasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu organization. Sedangkan secara terminologi banyak sekali pendapat yang mendefinisikan istilah organisasi.

Salah satu tokoh yang cukup terkenal yaitu james D.Mooney yang menyebutkan bahwa organisasi merupakan sebuah bentuk dari setiap perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Dari definisi organisasi tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan suatu bentuk kerja sama antara individu maupun kelompok untuk menapai tujuan bersama yang mana tujuan tersebut telah disepakati.

Ciri Organisasi

Berdasarkan pengertian organisasi yang sudah dikemukakan oleh beberapa ahli diatas, maka kita dapat mengetahui ciri-ciri organisasi tersebut. Berikut beberapa ciri organisasi yaitu:

  1. Sebuah organisasi memiliki anggota yang terdiri dari dua orang atau lebih.
  2. Adanya tujuan yang ingin dicapai dan sudah disepakati bersama.
  3. Adanya upaya untuk saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan disepakati. Tanpa adanya kerjasama tujuan organisasi tersebut tidak dapat tercapai dengan baik
  4. Setiap organisasi memiliki peraturan masing-masing yang mengaturnya. Adanya peraturan tersebut untuk mengatur dan juga membatasi sumber daya yang miliki agar saling bersinergi.
  5. Adanya pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas pada masing-masing anggota.

Tujuan Organisasi

Perlu diketahui secara umum tujuan organisasi dibagi atas menjadi tiga yaitu:

1. Tujuan Organisasi Jangka Pendek

Sesuai dengan namanya tujuan yang pertama ini berkaitan dengan tujuan organisasi yang harus dicapai dalam waktu yang cepat atau berkala. Umumnya waktu yang ditetapkan untuk mencapai tujuan jangka pendek ini yaitu enam bulan hingga satu tahun.

Perlu diketahui bahwa tujuan organisasi jangka pendek ini berkaitan atau menjadi acuan untuk mencapai tujuan jangka menengah dan jangka panjang. Periode waktu tujuan jangka pendek ini biasanya disesuaikan dengan periode keuangan sebuah organisasi.

2. Tujuan Organisasi Jangka Menengah

Selanjutnya yaitu tujuan organisasi yang sifatnya jangka menengah. Sesuai dengan namanya, tujuan organisasi yang harus dicapai dalam waktu menengah atau lebih panjang jika dibandingkan dengan tujuan organisasi sebelumnya.

Umumnya periode waktu pencapaian tujuan organisasi jangka menengah ini sekitar satu tahun hingga tiga tahun lamanya. Untuk tujuan jangka menengah ini merupakan rangkaian pencapaian yang sudah dicapai saat jangka pendek.

3. Tujuan Organisasi JangkaPanjang

Terakhir yaitu tujuan organisasi jangka panjang. Untuk tujuan yang ketiga ini adalah tujuan atau hasil akhir dari sesuatu hal yang ingin dicapai oleh organisasi.

Periode waktunya pun lebih panjang dibandingkan kedua tujuan sebelumnya yakni 3 tahun sampai 5 tahun. Untuk tujuan organisasi jangka panjang ini bisa diraih ketika tujuan organisasi jangka menengah dapat terealisasi dengan baik.

Unsur-Unsur Dalam Organisasi

Organisasi memiliki beberapa unsur sebagai berikut:

  1. Organisasi harus memiliki unsur manusia sebagai pelaku organisasi itu sendiri. ada pimpinan dan semua perangkat di dalamnya.
  2. Sebuah organisasi harus memiliki pekerjaan atau tujuan yang akan dicapai. Sehingga setiap manusia memiliki tugasnya masing-masing
  3. Suatu organisasi harus memiliki unsur teknis
  4. Organisasi harus ada tempat kedudukannya dalam masyarakat atau manusia di sekitarnya
  5. Organisasi harus memiliki struktur organisasi. Hal ini berhubungan dengan fungsi manusianya
  6. Organisasi memiliki lingkungan untuk saling mempengaruhi dalam sistem kerja.

Bentuk-Bentuk Umum Sebuah Organisasi

Dalam pengertian organisasi, dibagi menjadi beberapa bentuk. Ada bentuk struktur fungsional, divisional dan matriks. Untuk lebih jelasnya kita bahas dibawah ini:

1. Bentuk struktur fungsional

Jenis ini merupakan struktur yang paling banyak digunakan oleh semua organisasi. Pembagian kerja setiap anggotanya berdasarkan fungsi dari setiap manajemen.

Misalnya ada fungsi produksi, keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, dan lainnya. jadi setiap anggota organisasi memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Struktur tertinggi dalam organisasi ini tentunya penanggungjawab organisasi.

2. Bentuk struktur divisional

Untuk jenis struktur divisional membagi tugas anggota berdasarkan kesamaan divisi. Misalnya ada divisi layanan, produk, letak geografis, pasar, keamanan dan lainnya. Bentuk struktur divisional ini sering diterapkan pada sebuah perusahaan yang memiliki skala besar. hal ini dilakukan supaya proses pembagian dan kerja sama yang lebih mudah.

3. Bentuk struktur matriks

Jenis ini seperti gabungan dari struktur divisional dan fungsional. Jadi kedua struktur tersebut saling melengkapi satu sama lain, untuk menutupi kekurangan yang ada. Jadi disini anggota di divisi proyek, juga bisa mengerjakan tugas dari divisi organisasi. Sehingga ada kepemimpinan ganda.

Manfaat Organisasi

Seperti yang diketahui bahwa ada banyak beberapa manfaat organisasi yang bisa dirasakan oleh para anggotanya. Apa saja manfaat itu? Agar kita lebih tahu tentang manfaat dari organisasi berikut ini akan kami sajikan ulasannya.

  1. Lebih memudahkan dalam proses pencapaian tujuan bersama
  2. Dapat melatih mental seseorang agar lebih baik lagi.
  3. Lebih mudah dalam memecahkan sebuah masalah
  4. Dapat melatih jiwa kepemimpinan seseorang
  5. Dapat menambah relasi karena pergaulan akan semakin lebih luas
  6. Meningkatkan dan menambah wawasan para anggota dalam sebuah organisasi.
  7. Dapat membentuk karakter seseorang
  8. Dapat dijadikan sebagai ajang pembelajaran bagi para anggota organisasi tersebut

Struktur Organisasi

Satu lagi pembahasan yang tidak kalah penting dan sayang untuk dilewatkan adalah terkait struktur. Seperti yang diketahui bahwa organisasi formal yang terdapat dalam masyarakat umumnya terdiri dari ketua atau pimpinan, bendahara, sekretaris dan juga anggota.

Jika organisasi yang diselenggarakan lebih besar biasanya akan muncul jabatan-jabatan lainnya seperti wakil ketua, wakil bendahara, dan seterusnya.

Nah perlu diketahui bahwa struktur yang ada pada setiap perusahaan tentu sangatlah berbeda-beda. Namun secara umum struktur organisasi yang terdapat diperusahaan tersusun dari beberapa tugas yang mana sesuai dengan fungsi manajerial. Beberapa tugas atau fungsi manajerial yang dimaksud seperti direktur, komisaris, direktur, manager, supervisor, konsultan, anggota dan lain sebagainya.

Nah demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai pengertian dari organisasi, tujuan, unsur-unsur, ciri-ciri organisasi, dan juga manfaat dari organisasi itu sendiri.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda lebih memahami terkait organisasi. Itulah sedikit informasi tentang pengertian organisasi, unsur dan bentuk dari struktur organisasi itu sendiri. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini