Pengertian Organisasi adalah: Unsur dan Bentuknya

Definisi Umum Organisasi

Pengertian organisasi adalah kumpulan sekelompok orang yang melakukan kerjasama, dikendalikan dan dipimpin untuk tujuan tertentu. Dalam sebuah informasi memanfaatkan berbagai hal.

Bisa dari lingkungan, material, metode, uang, dan lainnya supaya tujuan organisasi tersebut tercapai. Dalam organisasi harus ada lebih dari 3 anggota. Di kehidupan sehari-hari kita sangat mudah menemukan organisasi. Bahkan negara sendiri bermula dari sebuah organisasi.

Unsur-Unsur Dalam Organisasi

Suatu hal dikatakan sebagai organisasi jika memenuhi beberapa unsur berikut ini:

  1. Organisasi harus memiliki unsur manusia sebagai pelaku organisasi itu sendiri. ada pimpinan dan semua perangkat didalamnya.
  2. Sebuah organisasi harus memiliki pekerjaan atau tujuan yang akan dicapai. Sehingga setiap manusia memiliki tugasnya masing-masing
  3. Suatu organisasi harus memiliki unsur teknis
  4. Organisasi harus ada tempat kedudukannya dalam masyarakat atau manusia di sekitarnya
  5. Organisasi harus memiliki struktur organisasi. Hal ini berhubungan dengan fungsi manusianya
  6. Organisasi memiliki lingkungan untuk saling mempengaruhi dalam sistem kerja.

Bentuk-Bentuk Umum Sebuah Organisasi

Dalam pengertian organisasi, dibagi menjadi beberapa bentuk. Ada bentuk struktur fungsional, divisional dan matriks. Untuk lebih jelasnya kita bahas dibawah ini:

1. Bentuk struktur fungsional

Jenis ini merupakan struktur yang paling banyak digunakan oleh semua organisasi. Pembagian kerja setiap anggotanya berdasarkan fungsi dari setiap manajemen. Misalnya ada fungsi produksi, keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, dan lainnya. jadi setiap anggota organisasi memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Struktur tertinggi dalam organisasi ini tentunya penanggungjawab organisasi.

2. Bentuk struktur divisional

Untuk jenis struktur divisional membagi tugas anggota berdasarkan kesamaan divisi. Misalnya ada divisi layanan, produk, letak geografis, pasar, keamanan dan lainnya. Bentuk struktur divisional ini sering diterapkan pada sebuah perusahaan yang memiliki skala besar. hal ini dilakukan supaya proses pembagian dan kerjasama yang lebih mudah.

3. Bentuk struktur matriks

Jenis ini seperti gabungan dari struktur divisional dan fungsional. Jadi kedua struktur tersebut saling melengkapi satu sama lain, untuk menutupi kekurangan yang ada. Jadi disini anggota di divisi proyek, juga bisa mengerjakan tugas dari divisi organisasi. Sehingga ada kepemimpinan ganda.

Itulah sedikit informasi tentang pengertian organisasi, unsur dan bentuk dari struktur organisasi itu sendiri. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: