Pengertian Obligasi adalah: Jenis, Plus dan Minus Investasinya

Definisi Umum Obligasi

Pengertian obligasi adalah sebuah surat tanda pengakuan utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi khusus kepada pemenang obligasi.

Obligasi juga dapat diartikan sebagai sertifikat yang berisikan kontrak antara investor dan perusahaan yang menyatakan bahwa investor pemegang obligasi telah meminjamkan sejumlah uang pada sebuah perusahaan.

Perusahaan yang mengeluarkan obligasi tersebut nantinya mempunyai kewajiban untuk membayar bunga reguler sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan dan disepakati serta pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.

Jenis-Jenis Obligasi

Ditinjau dari subyek yang mengeluarkan, obligasi dapat dibagi menjadi :

  1. Obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan
  2. Obligasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah, dan
  3. Municipal Bond atau obligasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah yang digunakan sebagai dana talangan dalam sebuah proyek tertentu skala daerah.

Selain jenis obligasi biasa sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, dikenal juga obligasi konversi yaitu sebuah obligasi yang dapat ditukar dengan saham biasa dengan kisaran harga tertentu. Obligasi ini merupakan suatu hal yang sangat menarik bagi emiten karena dapat diarahkan pada investor guna peningkatan penjualan obligasi.

Obligasi juga dapat dibedakan menjadi :

  1. Obligasi fixed rate, yaitu obligasi yang memberikan bunga tetap.
  2. Obligasi floating rate, yaitu obligasi yang memberikan bunga mengambang disesuaikan dengan bunga yang ada di pasaran, dan
  3. Obligasi zero coupon, yaitu obligasi dengan bunga 0 % atau obligasi yang menawarkan satu kali aliran kas saja yang masuk saat jatuh tempo. Tentunya obligasi jenis ini dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan jenis obligasi sebelumnya.

Manfaat Investasi Obligasi

Ada beberapa manfaat jika anda melakukan investasi dengan obligasi, tentunya yang pertama anda akan mendapatkan bunga secara reguler maupun jatuh tempo dengan presentase tertentu, capital gain, hak klaim pertama saat emiten bangkrut atau dilikuidasi, serta konversi obligasi menajdi saham dengan harga tertentu.

Resiko Investasi Obligasi

Meskipun begitu anda tetap harus siap dengan berbagai risiko yang mungkin akan timbul jika memilih untuk berinvestasi dengan obligasi, diantaranya :

  1. Risiko gagal bayar
  2. Capital loss, ataupun
  3. Capability.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: