Pengertian norma sangat melekat pada adat istiadat suatu suku ataupun bangsa. Walaupun norma merupakan suatu aturan non formal, namun setiap suku dan bangsa selalu menjaga dan melestarikannya secara turun temurun.

Pengertian Norma Secara Umum

Pengertian norma secara umum adalah aturan, ukuran, kaidah, atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat yang dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima.

Norma dijadikan sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu. Hal yang mendasar dari sebuah norma adalah adanya sanksi berupa penghargaan atas orang yang mematuhi norma atau hukuman atas orang yang melanggar norma.

Sebuah norma terjadi begitu saja tanpa ada unsur kesengajaan, namun seiring berjalannya waktu norma tersebut tersusun dan terbentuk secara sadar.

Pengertian Norma Menurut Ahli

Inilah beberapa pengertian norma menurut ahli:

1. E Ultrech

Definisi norma adalah himpunan petunjuk hidup / peraturan untuk menertibkan suatu bangsa / masyarakat. Peraturan tersebut harus ditaati oleh seluruh masyarakat / bangsa tanpa terkecuali. Apabila melanggar, akan dikenakan sangsi.

2. John J Macionis

Norma adalah aturan sekaligus harapan suatu bangsa yang bertujuan untuk memandu seluruh anggotanya.

3. A Ridwan Halim

Norma ialah seluruh peraturan tertulis dan tidak tertulis yang merupakan pedoman yang harus ditaati oleh setiap individu di dalam masyarakat.

4. Robert P Lamm

Apa yang dimaksud dengan norma hanya suatu standar perilaku yang lurus dan dipelihara oleh masyarakat.

5. Bagja Waluya

Norma ialah suatu perwujudan nilai yang konkret. Nilai tersebut menjadi pedoman perilaku yang harus ditaati setiap individu di masyarakat.

6. Hans Kelsen

Apa itu norma hanyalah suatu perintah anonim dan tidak personal.

7. Craig Calhoun

Norma merupakan aturan dan pedoman mengenai bagaimana setiap individu berperilaku seharusnya dalam masyarakat pada situasi tertentu.

8. Achmad D Marimba

Norma yaitu suatu aturan yang berlaku dalam masyarakat secara alami. Aturan tersebut dapat berubah – ubah sesuai dengan kesepakatan serta persetujuan dari seluruh masyarakat pada dimensi ruang dan waktu tertentu.

9. Ariefa Efianingrum

Norma ialah suatu aturan tertulis dan tidak tertulis yang berfungsi sebagai pedoman berperilaku. Aturan tersebut juga menjadi batasan / tolak ukur antara benar dan salah dalam suatu perbuatan.

10. Ferdy Rouring

Norma yaitu suatu konsekuensi sosial untuk mengatur kehidupan manusia.

11. Marvin E Shaw

Norma merupakan peraturan perilaku yang ditegakkan suatu kelompok untuk menyelaraskan tingkah laku.

Pengertian Norma Menurut Etimologi

Kata norma diambil dari bahasa Belanda “norm”. Untuk pengertian norma menurut etimologi tersebut adalah patokan, pedoman atau kaidah.

Sedangkan untuk arti norma menuju hukum ialah suatu kaidah yang dijadikan sebagai pedoman hidup. Kaidah tersebut dijadikan sebagai pedoman untuk berperilaku / bertindak. Dapat juga diartikan sebagai batasan tingkah laku seseorang dalam masyarakat.

Fungsi Norma

Berikut ini adalah fungsi norma secara umum :

  1. Sebagai pedoman ataupun aturan hidup untuk seluruh anggota masyarakat dalam wilayah tertentu.
  2. Menciptakan kestabilan hidup dalam masyarakat.
  3. Menciptakan ketertiban.
  4. Sebagai wujud konkret atas nilai – nilai yang berlaku dalam masyarakat.
  5. Bersifat mengikat secara tidak langsung dan terdapat beberapa sangsi atas berbagai macam pelanggaran akan norma tersebut.
  6. Standar dalam berbagai bentuk tindakan / perilaku individu dalam masyarakat.
  7. Batasan perilaku yang terwujud dengan berbagai macam bentuk larangan tindakan.
  8. Setiap individu dalam masyarakat harus beradaptasi dengan norma – norma yang berlaku.
  9. Terdapat suatu nilai – nilai kehidupan atas seluruh manfaat norma yang ada.

Sedangkan fungsi norma menurut Selo Soemardjan adalah

  1. Pedoman hidup yang berlaku dalam lapisan masyarakat.
  2. Setiap norma mengikat seluruh anggota masyarakat, sehingga bagi yang melakukan pelanggaran akan mendapat sangsi tertentu.

Ciri-Ciri Norma

Ciri-ciri norma sebagai berikut.

  1. Secara umum tidak tertulis.
  2. Hasil dari kesepakatan bersama.
  3. Mengalami perubahan.
  4. Ditaati bersama.
  5. Terdapat sanksi bagi pelanggar norma.

Klasifikasi Norma

Klasifikasi norma perlu anda pahami sebagai pendalaman dari pengertian norma itu sendiri. Klasifikasi norma dikelompokkan berdasarkan daya ikat, aspek, dan sifatnya. Penjelasan mengenai klasifikasi norma sebagai berikut.

1. Berdasarkan daya ikatnya

  • Cara, adalah jalan, aturan, atau sistem untuk melakukan atau berbuat sesuatu.
  • Kebiasaan, adalah sesuatu yang dilakukan secara berulang untuk hal yang sama.
  • Tata kelakuan, adalah perbuatan, tingkah laku, atau perangai yang tercermin atas sifat hidup manusia.
  • Adat istiadat, adalah tata kelakuan yang sifatnya kekal dan telah turun-temurun dari awal generasi pertama ke generasi lainnya sebagai suatu warisan, sehingga terasa kuat integrasinya dengan sistem pola perilaku masyarakat.
  • Hukum, adalah peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah untuk mengatur pergaulan hidup masyarakat.

2. Berdasarkan aspek-aspeknya

  • Agama, adalah ajaran atau sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.
  • Susila, adalah kelakuan atau tata krama yang baik dan luhur yang berkaitan dengan adab dan sopan santun.
  • Kesopanan, adalah tingkah laku yang wajar dalam kehidupan masyarakat.

3. Klasifikasi Norma Berdasarkan sifatnya

  • Resmi
  • Tidak resmi

Macam – Macam Norma

Berikut ini adalah macam – macam norma yang ada dalam kehidupan manusia :

1. Norma Agama

Pengertian dari norma agama adalah suatu peraturan yang berasal dari Tuhan dan bersifat mutlak. Norma ini berasal dari setiap kepercayaan atas Ketuhanan dalam wujud contoh perilaku dari para Nabi / Dewa serta semua kitab suci. Masing – masing agama mempunyai nilai dan tujuan norma yang berbeda – beda.

2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan merupakan suatu norma yang berasal dari hati nurani. Norma ini dapat diartikan pula sebagai akhlak yang berupa tindakan susila / kemanusiaan.

Fungsi dari norma ini supaya setiap individu dapat membedakan antara hal baik dan buruk. Sangsi atas pelanggaran dari norma ini diberikan secara tidak langsung oleh masyarakat. Umumnya sangsi tersebut berupa bully, dikucilkan, dijatuhi dan lain – lain.

3. Norma Kesopanan / adat

Untuk norma Kesopanan adalah aturan – aturan dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi batasan yang harus ditaati setiap individu dalam masyarakat. Contoh norma ini misalnya aturan makan menggunakan tangan kanan, cara salim kepada orang yang lebih tua dan lain – lain.

Sangsi atas pelanggaran norma ini cukup ringan. Biasanya hanya berupa teguran kecil.

4. Norma Hukum

Norma hukum adalah suatu norma yang dibuat oleh suatu lembaga – lembaga pemerintah. Norma ini bersifat formal dan tertulis. Biasanya mengatur tentang tindakan – tindakan kriminal, aturan dalam menjalankan kepemerintahan serta lalu lintas.

Sangsi atas pelanggaran dari norma ini sangat tegas. Sangsinya diberikan secara langsung oleh lembaga yang berwenang.

Itulah pengertian norma secara lengkap. Norma merupakan bagian terpenting dari setiap individu dalam kehidupan masyarakat. Karena itu norma harus ditaati supaya dapat hidup dengan tenteram dan nyaman.

Cari Artikel di Sini