Daftar Isi

Definisi Umum Neraca

Pengertian neraca adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan besarnya massa suatu benda. Setiap benda yang diukur pasti memiliki besaran dan satuan. Pengertian besaran adalah nilai yang terdapat pada suatu benda, dan satuan adalah sebagai pembanding suatu besaran. Neraca digunakan untuk mengukur massa, sedang massa itu adalah jumlah zat yang terdapat pada suatu benda.

Syarat Neraca yang Baik

Pengertian neraca sebagai alat ukur massa suatu benda, tentu saja neraca akan digunakan lebih dari satu kali dan digunakan untuk mengukur massa dari berbagai benda dengan jenis, bentuk dan wujud benda yang berbeda.

Neraca alat ukur yang berguna untuk membandingkan massa satu benda dengan benda yang lain dengan besaran dan satuan yang sama. Oleh karena itu, sebuah neraca harus memiliki dan memenuhi standar syarat neraca yang baik.

Syarat sebuah alat dapat digunakan sebagai neraca yang baik adalah sebagai berikut : pertama, alat sebagai neraca harus mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi, hal ini berarti neraca harus memiliki skala terkecil yang digunakan dalam pengukuran.

Neraca yang baik harus dapat memberikan jumlah yang tepat dalam mengukur massa suatu benda. Kedua, neraca harus memiliki ukuran yang stabil, sebagai contoh apabila kita menimbang suatu benda A mendapatkan hasil 1 kg di tempat X maka ketika kita menimbang benda A di tempat lain maka neraca yang baik juga harus mendapatkan pengukuran sebesar 1 kg.

Macam-Macam Neraca

Pengertian neraca atau timbangan adalah alat yang digunakan untuk menimbang massa atau jumlah zat suatu benda. Namun dalam menimbang massa suatu benda diperlukan jenis neraca yang sesuai agar menghasilkan pengukuran yang tepat. Hal ini disebabkan karena setiap neraca memiliki skala yang berbeda beda.

Macam-macam neraca yang ada di alam ini adalah neraca ohauss yang digunakan untuk mengukur benda jenis logam, neraca analog untuk mengukur massa tepung, neraca sama lengan untuk mengukur emas, neraca gantung untuk mengukur benda dengan massa yang besar, dan neraca digital yaitu berfungsi untuk menimbang benda dengan jumlah yang kecil.

Cari Artikel di Sini