Definisi Umum Negara Maju

Pengertian negara maju adalah suatu negara yang mempunyai dan dapat menikmati standar hidup yang tinggi dengan adanya teknologi yang canggih dan ekonomi yang merata.

Sedangkan negara berkembang adalah suatu negara yang pendapatan rata-ratanya cukup rendah, infrastrukturnya tergolong terbelakang, dan indeks perkembangan manusia serta angka harapan hidupnya berstandar rendah dibawah standar normal yang bersifat global.

Ukuran Negara Maju

Negara maju biasanya dapat diukur dari Pendapatan Nasional Bruto (PNB) perkapitanya yang tinggi. Berdasarkan data, suatu negara maju mempunyai angka pertumbuhan penduduk di angka 0,4% pertahun dengan tingkat kematian bayi yang sangat rendah yaitu 8/1000 kelahiran hidup yang disebabkan oleh adanya kemajuan di bidang kedokteran. Angka usia harapan hidup negara maju mencapai angka 79 tahun dengan angka ketergantungan anak hanya dalam kisaran 20%.

Selain itu, sebagian besar penduduk negara maju mampu membaca dan melanjutkan jenjang pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Salah satu faktor yang menyebabkan majunya pembangunan sosial di negara maju adalah adanya jaminan sosial yang memberikan perlindungan dari risiko kehilangan pendapatan seperti kecelakaan kerja, cacat, hamil, dan pengangguran serta masa tua.

Ukuran Negara Berkembang

Negara berkembang mempunyai pendapatan rata-rata yang rendah, infrastruktur yang berkembang, serta indeks perkembangan manusia yang berada dibawah standar normal dilingkup global.

Pembangunan sosial negara berkembang cukup terbelakang yang diketahui dengan rendahnya kualitas sumber daya manusia dan rendahnya usia harapan hidup, tingginya kematian bayi dan anak, serta jumlah penduduk yang banyak dan tingginya angka pertumbuhan penduduk.

Rata-rata Pendapatan Nasional Bruto (PNB) negara berkembang hanya mencapai US$ 950 dengan laju pertumbuhan ekonomi yang sangat rendah diiringi dengan angka inflasi yang tinggi mencapai 37%. Selain itu, sarana komunikasi dan transportasinya pun terbatas yang membuat daya saingnya di pasar internasional menjadi terbatas pula.

Persebaran Negara Maju dan Berkembang

Negara maju di dunia ini terbagi di Benua Eropa, Benua Amerika khususnya Kanada dan Amerika Serikat, Benua Australia, dan Benua Asia khususnya Jepang dan Singapura. Sedangkan negara berkembang di dunia persebarannya terbagi di Benua Afrika, Benua Asia kecuali Jepang dan Singapua, dan Benua Amerika khususnya bagian tengah dan Amerika Selatan.

Cari Artikel di Sini