Pengertian Narkoba adalah: Jenis dan Dampak Negatif

Definisi Umum Narkoba

Pengertian narkoba adalah kepanjangan dari narkotika, psikotropika, obat-obatan terlarang dan zat adiktif. Setiap kata tersebut memiliki pengertian yang berbeda-beda. Narkotika adalah obat terlarang yang berasal dari tanaman maupun bukan tanaman yang bisa menyebabkan perubahan kesadaran. Psikotropika merupakan obat alamiah atau sintesis yang bukan termasuk narkotika yang bisa mempengaruhi syarat pusat dan membuat perubahan pada mental dan tingkah laku.

Obat-obatan terlarang berarti jenis obat sintetis yang memiliki tanda larangan atau tidak bisa dijual sembarangan. Kalau membeli harus memakai surat izin dari dokter. Sedangkan zat adiktif lainnya merupakan zat lain yang tidak termasuk narkotika atau prikotropika yang bisa membuat ketergantungan. Jadi narkoba memiliki jenis yang banyak sekali dari penggolongan tersebut.

Jenis-Jenis Narkoba

Jenis narkoba sangat banyak sekali, bahkan masih ada narkoba yang belum terdeteksi jenisnya. Yang paling sering ada di pasaran antara lain:

  1. Morfin yang berasal dari olahan opium, berbentuk tepung, rasanya pahit dan berwarna putih. Di konsumsi dengan cara disuntik atau dihisap.
  2. Codeina masih turunan dari candu dan opinum. Bisa menimbulkan ketergantungan dalam porsi rendah. Berbentuk cair atau pil
  3. Heroin merupakan jenis narkoba yang memiliki kekuatan ketergantungan sangat tinggi. Bisa merubah mood seseorang secara drastis dan menyebabkan kantuk. Heroin sering diberikan pada penderita kanker dalam dosis tertentu.
  4. Methadon merupakan antagonisnya dari opoid. Sering digunakan untuk mengobati penderita kecanduan opoid
  5. Demerol berbentuk cair dan pil, tidak memiliki warna. Cara pemakaiannya bisa disuntik atau ditelan.
  6. Candu berasal dari getah tanaman papaver somniferum bisa menyebabkan perubahan perilaku dan kesadaran hilang.

Dampak Negatif Dari Narkoba

Dibandingkan dampak positif, narkoba memiliki dampak negatif yang lebih banyak. untuk dampak positifnya hanya digunakan dalam bidang kesehatan. Dari pengertian narkoba anda juga tahu seperti apa dampaknya. Berikut ini dampak negatif dari penggunaan narkoba.

  1. Badan menjadi kurang sehat. Wajah pucat, berat badan turun drastis, lebih mudah terserang penyakit dan sering sakit kepala
  2. Gangguan pada sistem syarat sehingga sering mengalami halusinasi, kejang, gangguan kesadaran dan lainnya.
  3. Perubahan psikis yang drastis. Mudah emosi, gelisah, bosan, sensitif, kurang konsentrasi.
  4. Anti sosial, gangguan mental, perbuatan asusila
  5. Ketergantungan terhadap narkoba

Itulah sedikit informasi tentang pengertian narkoba, jenis dan dampaknya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: