Pengertian Mutasi dan Macam-Macamnya

Pengertian mutasi adalah perubahan yang ada pada bahan genetik baik itu DNA maupun RNA dalam taraf urutan gen maupun dalam taraf kromosom. Mutasi yang terjadi pada tingkatan kromosom biasanya disebut dengan aberasi. Sedangkan mutasi yang ada pada gen dapat memicu munculnya alel baru dan menjadi dasar bagi munculnya varian-varian baru yang ada pada sebuah spesies. Individu yang menunjukkan sebuah perubahan sifat (fenotipe) akibat adanya mutasi biasa disebut sebagai mutan.

MACAM-MACAM MUTASI

Macam-macam mutasi dapat dibedakan menjadi mutasi berdasarkan sel yang bermutasi ataupun mutasi berdasarkan bagian yang bermutasi. Apabila mutasi berdasarkan sel yang bermutasi, maka dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

1. Mutasi somatik

Mutasi yang terjadi pada sel somatik atau sel tubuh misalnya sel kulit. Mutasi jenis ini tidak akan diwariskan pada keturunannya kelak.

2. Mutasi gametik

Mutasi yang terjadi pada sel gamet atau sel organ reproduksi yang meliputi juga sperma dan ovum pada individu. Mutasi ini tentunya akan diwariskan pada keturunannya karena terjadi pada sel gamet.

Sedangkan mutasi yang didasarkan pada bagian yang bermutasi dibedakan menjadi :

1. Mutasi titik

Mutasi titik adalah perubahan yang terjadi pada basa N dari sebuah DNA atau RNA. Mutasi ini relatif sering terjadi meskipun efeknya dapat dikurangi dengan mekanisme pemulihan gen.

2. Aberasi

Aberasi disebut juga sebagai mutasi kromosom atau mutasi besar (gross mutation) yang merupakan sebuah perubahan jumlah kromosom dan susunan atau urutan gen dalam sebuah kromosom individu. Mutasi ini dapat terjadi karena adanya kesalahan dalam meiosis dan sedikit terjadi dalam mitosis.

PEMANFAATAN MUTASI

Meskipun mutasi dapat mengakibatkan gangguan pada kebugaran individu bahkan bisa berakhir pada kematian, namun mutasi sebenarnya merupakan kunci bagi kemampuan beradaptasi dari suatu spesies terhadap lingkungan barunya. Mutasi dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti terapi sel-sel tumor dan pemuliaan tanaman. Dibalik pro dan kontra yang ada dalam mutasi, pastinya terdapat sisi positif dilakukannya sebuah mutasi pada gen individu yang berdampak pada tubuh dan sifat dari individu tersebut ke depannya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: