Pengertian Minat dan Perbedaanya dengan Bakat

Pengertian minat merupakan suatu proses pengembangan dalam meggabungkan seluruh kemampuan yang dipunyai oleh individu yang berguna untuk mengarahkan individu tersebut pada suatu kegiatan yang diminatinya. Berbicara mengenai minat, biasanya banyak orang mengaitkannya juga dengan bakat sehingga diperoleh paduan kata minat dan bakat. Bakat merupakan kemampuan dasar seseorang untuk dapat belajar dalam tempo yang singkat dibandingkan orang lain dengan hasil yang lebih baik.

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN MINAT DAN BAKAT

Minat dan bakat pada dasarnya merupakan hal yang berbeda, namun keduanya mempunyai persamaan yaitu memerlukan sebuah pengembangan melalui proses belajar agar kemampuan dan keinginan yang diperoleh dapat menjadi kenyataan. Adanya bakat tentu harus disertai dengan minat karena keduanya saling berhubungan dan saling mendukung satu sama lain.

Meskipun begitu, bakat tidak selalu identik dengan minat. Bakat yang tidak disertai minat, maupun minat yang tidak disertai bakat akan menimbulkan kesenjangan. Kesenjangan ini tentu akan berdampak buruh bagi seseorang. Bakat berkaitan dengan sifat natural, terlepas dari aspek suka atau tidak suka, sifatnya juga tidak berubah atau permanen, dan didominasi oleh faktor genetik. Sedangkan minat berkaitan dengan lingkungan, nurtural, orientasinya lebih pada hobi atau kesukaan, serta mudah berubah sesuai dengan tren.

JENIS-JENIS MINAT

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa minat dan bakat saling berhubungan dan identik satu sama lain. Dalam kehidupan, minat masih dapat dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Minat vokasional yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti :
    1. Minat Profesional, contohnya minat dalam keilmuan, seni, dan kesejahteraan sosial.
    2. Minat komersial, contohnya minat pada pekerjaan atau usaha, jual beli, periklanan, akuntansi, kesekretariatan.
    3. Minat kegiatan fisik, contohnya mekanik, adventure, dan kegiatan outdoor lainnya.
  2. Minat avokasional yang berkaitan dengan tujuan diperolehnya sebuah kepuasan atau didasarkan pada hobi semata. Contoh dari minat avokasional diantaranya adalah petualang, hiburan, apresiasi, ketelitian, dan masih banyak lagi.

PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT

Untuk dapat memaksimalkan minat dan bakat yang dimiliki seseorang, tentu anda bisa melakukan berbagai hal diantaranya adalah memupuk keberanian, terus berlatih, gunakan faktor pendorong lainnya yang berasal dari lingkungan sekitar, serta anda perlu paham dan mengerti mengenai hambatan-hambatan dalam pengembangannya agar bisa dicarikan solusinya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: