Definisi Umum Microsoft Access

Pengertian Microsoft Access atau biasa disebut Ms.Access adalah sebuah program atau aplikasi basis data (database) yang dicanangkan oleh Microsoft dalam sebuah paket bernama Microsoft Office.

Database sendiri merupakan sekumpulan informasi yang sistematis dan tersimpan dalam komputer sehingga sewaktu waktu dapat diperiksa oleh software yang terinstall di komputer guna memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Lebih mudahnya, database atau basis data merupakan sebuah arsip data yang berbentuk tabel yang saling berhubungan satu sama lain hingga menghasilkan sebuah informasi.

Fungsi Microsoft Access

Fungsi utama dari Microsoft Access adalah untuk menangani proses manipulasi data dan berperan dalam pembuatan sebuah sistem. Dengan hadirnya microsoft access ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar yang berkaitan dengan media untuk membuat aplikasi web dasar. Fungsi lain dari program microsoft access diantaranya :

  1. Untuk membuat program aplikasi berkaitan dengan jumlah peserta didik.
  2. Untuk membuat laporan keuangan.
  3. Untuk membuat program aplikasi gaji karyawan.
  4. Untuk membuat form dan sub form.
  5. Untuk membuat basis data (database).
  6. Untuk membuat program aplikasi penyimpanan buku perpustakaan.
  7. Untuk membuat program aplikasi daftar hadir.
  8. Untuk membuat program aplikasi persediaan barang (inventory), dan juga fungsi-fungsi tambahan lainnya sesuai dengan tujuan penggunaan microsoft access.

Manfaat Microsoft Access

Program microsoft access mempunyai banyak sekali fungsi yang membantu kinerja seseorang dalam mengolah data sebagaimana telah disebutkan sebelumnya.

Dari sekian banyak fungsi yang bisa diperankan oleh Microsoft Access, tentunya program ini mempunyai manfaat yang cukup signifikan dalam menambah tingkat kinerja seseorang. Selain menghemat waktu dan tenaga dalam mengolah database, tentunya microsoft access dapat mempermudah pelaksanaan pekerjaan yang tadinya terasa berat dan menjemukan.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access

Kelebihan program Microsoft access adalah mudah digunakan, praktis, serta user friendly atau mudah digunakan. Meskipun begitu, program ini juga mempunyai kekurangan berupa keharusan bagi penggunanya untuk membayar jika ingin menggunakan fitur-fitur yang ada dalam microsoft access. Biasanya program ini sudah di-bundling dengan program besutan Microsoft Office lainnya.

Cari Artikel di Sini