Definisi Umum Malaikat

Pengertian malaikat bisa dijabarkan dengan makhluk yang mempunyai kekuatan-kekuatan dan bersifat patuh pada seluruh perintah dan ketentuan dari Allah SWT.

Secara bahasa, arti malaikat adalah kekuatan dimana kata malaikat sendiri berasal dari bahasa Arab dan merupakan kata jamak dari “malak” yang memiliki arti kekuatan dan berasal dari mashdar “al-alukah” yang memiliki arti risalah (misi).

Malaikat ini merupakan makhluk yang tidak dapat dilihat oleh mata dan memiliki tugas yang salah satunya adalah mengawasi dan mencatat amal perbuatan manusia. Dalam Islam, iman kepada kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman. Untuk itu, setiap muslim memiliki kewajiban untuk beriman atau mempercayai adanya malaikat.

Sifat-Sifat Malaikat

Malaikat merupakan makhluk tak kasat mata yang tercipta dari nur atau cahaya. Malaikat ini memiliki beberapa sifat yang diantaranya adalah tidak laki-laki dan juga tidak perempuan, tidak minum, tidak makan dan juga tidak tidur. Kemudian malaikat juga tidak bernafsu dan juga tidak berakal.

Selanjutnya seperti dalam pengertian malaikat, malaikat juga memiliki kekuatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT, dapat menjelma menjadi apapun termasuk dengan rupa manusia, dan mampu mengerjakan sesuatu yang berat yang mana tidak dapat dikerjakan oleh beribu-ribu manusiapun.

Selain itu, malaikat diciptakan oleh Allah SWT untuk melaksanakan perintah dan tugas demi menertibkan alam serta bersifat taat dan tidak pernah durhaka pada seluruh perintah Allah SWT.

Nama-Nama Malaikat Beserta Tugasnya

Ada 10 nama malaikat yang wajib diketahui oleh setiap muslim yaitu malaikat Jibril yang bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para rasul dan nabi, malaikat Mikail yang bertugas membagikan rezeki, malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala, dan malaikat Izrail yang bertugas mencabut nyawa.

Selanjutnya ada malaikat Rakib dan Atid yang masing-masing bertugas menjaga dan mendampingi kanan dan kiri manusia serta mencatat semua amal baik dan buruk manusia.

Kemudian malaikat Munkar dan Nakir bertugas memeriksa dan menanyai manusia di alam kubur, malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga dan terakhir malaikat Malik yang bertugas menjaga pintu neraka. Sekian pengertian malaikat beserta sifat-sifat dan namanya. Semoga bermanfaat

Cari Artikel di Sini