Definisi Umum Letak Geografis

Ditinjau secara umum, pengertian letak geografis adalah letak dari suatu daerah yang dilihat dari posisi nyatanya di bumi atau posisi daerah tersebut yang ada pada bola bumi dengan dibandingkan bersama posisi dari daerah lain. Letak geografis itu sendiri ditentukan juga oleh beberapa segi lain yaitu segi geologis, astronomis, fisiografis dan juga sosial budaya.

Dalam hal ini, tanah air kita Indonesia memiliki letak geografis yang menguntungkan karena posisinya yang strategis yaitu antara 2 benua, Benua Asia dengan Benua Australia, dan juga berada di antara 2 Samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Untuk mengetahuinya lebih mendetail, simak ulasan ini sampai tuntas.

Letak Geografis, Astromis dan Geologis Indonesia

Seperti dalam pengertian letak geografis yang merupakan letak atau posisi dari suatu daerah pada bola bumi yang juga ditentukan oleh segi astronomis, geografis dan geologis, maka secara astronomi Indonesia berada di antara 6o LU atau Lintang Utara – 11o LS (Lintang Selatan) dan antara 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur).

Jadi dari segi posisi astronomis, Indonesia berada di kawasan beriklim tropis dan juga terletak di kawasan belahan timur bumi. Lalu secara geografis, seperti yang tadi sudah sedikit dijelaskan bahwa Indonesia terletak di antara 2 benua dan 2 samudera yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Terakhir secara geologis. Pengertian letak geologis adalah letak dari suatu wilayah yang dilihat dari keadaan geologinya. Dalam hal ini, Indonesia berada di antara dan menjadi pertemuan dari 2 rangkaian pegunungan muda yaitu pegunungan sirkum mediterania dan pegunungan sirkum Pasifik.

Keuntungan Indonesia Berdasarkan Letak Geografisnya

Dari definisi letak geografis Indonesia tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa Kepulauan Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis yang memberikannya keuntungan sebagai jalur ekonomis yang menghubungkannya dengan negara lain. Keuntungan yang bisa didapatkan antara lain adalah Indonesia bisa menjadi jalur persimpangan atau lalu lintas dunia.

Selain itu, Indonesia juga bisa menjadi titik persilangan dari kegiatan ekonomi dunia, yaitu sebagai jalur perdagangan negara-negara berkembang dan negara-negara industri. Sekian pengertian letak geografis Indonesia. Semoga bermanfaat.

Pengaruh Letak Geografis Ke Keadaan Alam

Karena di apit oleh dua samudera, membuat indonesia memiliki banyak pulau. Indonesia merupakan negara kepulauan. Dibandingkan dengan negara lainnya. Indonesia merupakan negara yang memiliki paling banyak pulau. Dengan berbentuk sebagai negara kepulauan, mempengaruhi angin laut ke indonesia dan membuat indonesia hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Karena iklim inilah membuat angin muson datang ke indonesia 6 bulan sekali dan membuat musim kemarau semakin panas.

Pengaruh Letak Geografis Ke Keadaan penduduk

Dari pengertian letak geografis kita dapat mengetahui bahwa letak geografis tak hanya berpengaruh ke keadaan alam tetapi juga ke keadaan penduduknya. Berada di dua benua, memberikan pengaruh terhadap kehidupan masyarakat di indonesia.

Kebudayaan di indonesia banyak yang terpengaruh dari budaya asing. Seperti bahasa, seni. Peradaban dan agama. Dengan adanya letak geografis ini juga membuat kerjasama antar negara menjadi lebih besar dan mudah. Indonesia dikelilingi oleh negara berkembang yang ingin mengembangkan negara secara bersama-sama.

Dengan bentuk negara kepulauan, membuat sebagian besar arus perdagangan dari pelayaran melewati indonesia. Ini membuat pemasukan devisa yang semakin besar. Zaman dulu hampir semua proses perdagangan antar negara di dunia selalu melewati indonesia.

Perdagangan dari cina, india, eropa dan lainnya. Dari perdagangan inilah yang memberikan pengaruh ke kebudayaan dan keadaan di indonesia. Letak geografis juga disebutkan dengan koordinat. Untuk membuat letaknya lebih jelas. Sekian penjelasan tentang pengertian letak geografis. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini