Pengertian Lembaga Sosial adalah: Jenis dan Perannya

Definisi Umum Lembaga Sosial

Pengertian Lembaga sosial adalah suatu lembaga yang memiliki peran dalam mengatur prosedur atau rangkaian ketika masyarakat berinteraksi dalam kehidupan sosial agar tercapai sebuah keteraturan hidup.

Dengan demikian berdasarkan pengertian lembaga sosial dapat diketahui bahwa lembaga sosial berperan untuk mengatur keteraturan hidup bersama. Lembaga sosial ini terbentuk dari kebutuhan masyarakat.

Manusia dalam kehidupan tentu memanfaatkan sumber daya manusia. Lembaga sosial dikatakan dpaat berperan di dalam masyarakat ketika ia dapat mengatur aktivitas manusia tersebut.

Sehingga dengan adanya lembaga sosial, manusia dapat melakukan pemanfaatan sumber daya manusia sesuai dengan aturan dan batas-batas yang ada sehingga tidak menimbulkan akibat buruk bagi manusia itu sendiri maupun bagi lingkungan.

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Dalam menjalankan perannya tersebut, lembaga sosial melakukan kontrol terhadap aktivitas manusia agar dalam beraktivitas tidak melebihi batas dan aturan-aturan tertentu sehingga dapat menimbulkan dampak negative baik bagi manusia tersebut maupun bagi lingkungan.

Bentuk-bentuk dari lembaga sosial antara lain keluarga, lembaga pendidikan,lembaga ekonomi, lembaga politik, dan lembaga agama. Masing-masing lembaga tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Namun merupakan komponen yang saling mengisi satu sama lain.

Selain pengertian lembaga sosial, dalam artikel ini juga akan dibahas mengenai macam-macam lembaga sosial, antara lain:

1. Keluarga

Keluarga merupakan lembaga sosial yang terdiri dari ayah, ibu dan anak-anak sebagai anggota keluarga. Setiap anggota keluarga ini memiliki peran masing-masing. Ayah dalam keluarga berperan sebagai tulang punggung atau pencari nafkah. Sedangkan ibu memiliki peran sebagai pendamping kepala keluarga.

Ia menjadi penyeimbang dalam hal menjaga suasana harmonis dalam keluarga. Lingkungan keluarga sebagai tempat pendidikan yang pertama bagi anak harus memilki suasana yang nyaman dan mendukung bagi tumbuh kembang anak.

2. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan ini terdiri dari jenjang prasekolah hingga jenjang perguruan tinggi. Lembaga pendidikan merupakan tempat bagi anak untuk belajar dengan harapan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Di lembaga pendidikan, anak akan mendapatkan pembelajaran lanjutan setelah pendidikan di lingkungan keluarga.

Dengan demikian si anak akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas baik dari segi akademik maupun sosial. Dengan demikian, lembaga pendidikan ini juga menduduki posisi penting setelah lingkungan keluarga. Demikianlah pengertian lembaga sosial, peran serta macamnya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: