Definisi Umum Lari

Pengertian lari adalah salah satu dari cabang olahraga paling tua di dunia. Meskipun dari sejarahnya tidak diketahui persis kapan mulai dikenal, namun sebelum menjadi salah satu cabang olahraga, lari ini sudah dikenal sejak peradaban manusia kuno. Olahraga lari sendiri kini menjadi salah satu cabang olahraga atletik dengan menumpu pada daya tahan tubuh dan kecepatan.

Lari merupakan olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan sehingga banyak orang yang gemar melakukannya. Selain mudah, lari juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti menyehatkan jantung, pembuluh darah, paru-paru dan lain sebagainya.

Macam-Macam Lari

Ada 3 macam olahraga lari, yang pertama adalah lari jarak pendek. Pengertian lari jarak pendek atau juga biasa disebut dengan lari sprint adalah lari dengan jarak tempuh 100, 200 dan 400 meter. Pelari jarak pendek atau sprinter ini biasanya akan melakukan start dengan jongkok sebelum memulai lari.

Kemudian olahraga lari yang kedua adalah lari jarak menengah. Pengertian lari jarak menengah sendiri adalah lari dengan jarak tempuh antara 800 meter hingga 1500 meter. Dalam lari jarak menengah ini, pelari bisa melakukan start dengan jongkok ataupun berdiri.

Dan lari jenis ketiga adalah lari jarak jauh. Pengertian lari jarak jauh ini adalah lari dengan jarak tempuh yang mencapai 5000 hingga 10.000 meter.

Lari ini biasanya dilakukan para pelari dengan start berdiri. Dan pada umumnya, kapasitas paru-paru yang dimiliki para pelari jarak jauh ini biasanya tinggi karena mereka harus menempuh jarak yang lebih panjang dari lari jarak pendek ataupun lari jarak menengah.

Manfaat Lari Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga lari terutama untuk kesehatan tubuh jika rutin dilakukan, diantaranya adalah menyehatkan jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan kapasitas paru-paru. Kemudian olahraga lari juga tentunya dapat menjaga kebugaran tubuh dan menyehatkan sekaligus menguatkan tulang dan juga persendian.

Selain itu, rajin berlari juga dapat melatih kecepatan berpikir serta membuat kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga tidur akan terasa semakin nyaman dan nyenyak. Sekian Pengertian lari, macam-macam dan manfaatnya. Semoga bermanfaat

Cari Artikel di Sini