Pengertian Koperasi, Landasan, Tujuan, Asas, Prinsip dan Fungsi

Pengertian koperasi adalah sebuah badan usaha yang mempunyai anggota dan setiap orangnya mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing berdasarkan prinsip koperasi dan juga berdasarkan ekonomi rakyat sesuai dengan asas kekeluargaan sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992. Koperasi mempunyai slogan utama berupa dari anggota dan untuk anggota karena koperasi hidup dari iuran anggotanya dan bertujuan untuk menghidupi anggotanya.

LANDASAN BERDIRINYA KOPERASI

Koperasi sebagai salah satu tulang punggung yang ada dalam perekonomian masyarakat dianggap urgent untuk dibentuk. Beberapa landasan yang digunakan untuk membentuk sebuah koperasi adalah :

  1. Landasan idiil Pancasila.
  2. Landasan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  3. Landasan sosial berupa mental gotong royong dan rasa setia kawan.
  4. Landasan operasional, yaitu Pasal 33 UUD 1945, UU Nomor 12 Tahun 1967, dan UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Koperasi.

TUJUAN BERDIRINYA KOPERASI

Koperasi mempunyai tujuan yang menitikberatkan pada kepentingan anggotanya sehingga bukan untuk menimbun kekayaan sendiri. Tujuan koperasi adalah :

  1. Bagi produsen, adanya keinginan untuk menawarkan barang dengan harga yang relatif tinggi.
  2. Bagi konsumen, adanya keinginan untuk mendapatkan barang kualitas baik dengan harga yang relatif rendah.
  3. Bagi usaha kecil, adanya keinginan untuk memperoleh modal usaha ringan dan mengadakan suatu usaha bersama.

ASAS KOPERASI

Koperasi mempunyai dua asas utama, yaitu asas kekeluargaan dan asas gotong royong. Asas kekeluargaan berarti, setiap anggota koperasi mempunyai kesadaran untuk melakukan yang terbaik pada setiap kegiatan koperasi serta hal-hal yang dianggap berguna untuk semua anggota dalam sebuah koperasi tersebut. sedangkan asas gotong royong berarti, setiap anggota koperasi mempunyai toleransi, tidak egois dan juga individualis, serta mau bekerja sama dengan anggota lainnya.

PRINSIP KOPERASI

Prinsip adalah hal yang menjadi panutan dan pedoman. Prinsip-prinsip koperasi merupakan garis-garis yang dijadikan penuntut dan digunakan oleh koperasi untuk mengaplikasikan tuntunan tersebut dalam praktik berkoperasi. Prinsip koperasi meliputi keanggotaan sukarela dan terbuka, pengendalian oleh anggota secara demokratis, partisipasi ekonomi anggota, otonomi dan kebebasan, pendidikan pelatihan dan informasi, kerjasama antar koperasi, dan kepedulian terhadap komunitas.

FUNGSI KOPERASI

Koperasi merupakan sebuah alat yang berguna untuk mensejahterakan rakyat, sebagai alat demokrasi nasional, dan juga sebagai salah satu landasan perekonomian bangsa dan memperkokoh perekonomian bangsa Indonesia. Maka dari itu cukup jelas bahwa keberadaan koperasi berfungsi dan berperan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: