Pengertian komunikasi merupakan bentuk dari interaksi antara sesama manusia dan makhluk hidup lainnya. Komunikasi sendiri bukan hanya sekedar berbicara, namun ada suatu etika khusus.

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Pengertian komunikasi secara umum adalah proses penyampaian pikiran / perasaan yang dilakukan seseorang kepada individu / kelompok lain. Dengan adanya komunikasi, dapat dengan mudah dalam menyampaikan ide, pikiran dan gagasan ke orang lain. Baik secara lisan, tulisan dan lain – lain.

Dengan adanya perkembangan teknologi, perkembangan alat komunikasi pun menjadi berkembang. Komunikasi pun menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia. Tanpa komunikasi, setiap manusia tidak akan pernah saling memahami satu sama lain.

Pengertian Komunikasi Menurut Ahli

Berikut adalah pengertian komunikasi menurut ahli :

1. James A F Stoner

Definisi komunikasi ialah sebuah proses dimana seseorang berusaha untuk memberi suatu informasi dengan menyampaikan info tersebut kepada orang lain.

2. Everett M Roger

Arti komunikasi ialah sebuah proses pengalihan ide dari satu sumber ke sumber lain. Dengan maksud supaya dapat mengubah tingkah laku dari sumber penerima.

3. Lexicographer

Apa itu komunikasi hanya suatu upaya dengan tujuan memberi serta meraih kebersamaan serta mempunyai pemahaman selaras dari semua pihak.

4. Hoben

Komunikasi adalah proses transfer suatu pemikiran, ide maupun gagasan yang diungkapkan secara lisan.

5. Shanon dan Weaver

Menurut Shanon dan Weaver apa yang dimaksud komunikasi ialah suatu wujud interaksi antar manusia dengan saling mempengaruhi satu sama lain, baik secara sengaja ataupun tidak.

Pengertian Komunikasi Menurut Etimologi

Dalam bahasa Indonesia, pengertian komunikasi menurut etimologi diambil dari bahasa inggris, yaitu communication. Sedangkan kata communication sendiri berasal dari bahasa latin, ialah communicatus.

Sedangkan untuk communicatus merupakan suatu kata yang berasal dari kata communis. Arti dari kata tersebut adalah berbagai / milik bersama. Jadi komunikasi dapat diartikan dengan usaha yang mempunyai tujuan kebersamaan.

Fungsi Komunikasi

Dalam kehidupansehari-hari, komunikasi mempunyai peran yang penting dan menjadi kebutuhan primer. Inilah fungsi komunikasi dalam kehidupan manusia :

  1. Mengendalikan perilaku manusia di dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menyampaikan informasi dari individu / kelompok kepada individu / kelompok lain dengan tujuan membuat suatu keputusan.
  3. Mengungkapkan suatu emosi seseorang ke orang lain, agar dapat saling memahami satu sama lain, sehingga dapat menghindari permusuhan serta perpecahan.
  4. Memberi suatu motivasi kepada seseorang. Agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik serta dapat menerima kenyataan.

Proses Komunikasi

Proses komunikasi adalah sebuah siklus yang diawali dari adanya sebuah pesan. Pesan tersebut kemudian disandikan dalam sebuah encode yang berupa susunan kata / gerakan. Lalu pesan yang telah disandikan, dikirim melalui suatu media. Baik secara lisan, text, isyarat dan lain – lain.

Pesan yang telah terkirim, akan diterima oleh orang lain. Lalu pihak penerima akan mencerna isi dari pesan tersebut.

Setelah menerima pesan, pihak penerima akan memberikan suatu respon dalam berbagai wujud. Entah dalam bentuk tindakan, ekspresi wajah dan lainnya.

Jenis Komunikasi

Berdasarkan dari pengertian komunikasi, jenis komunikasi dapat dibedakan menjadi 2 jenis. Yaitu komunikasi lisan dan komunikasi non lisan.

Komunikasi lisan disebut juga dengan komunikasi verbal. Pengertian dari komunikasi adalahcara penyampaian suatu informasi dengan kata – kata. Baik dengan diucapkan secara mulut dengan face to face, voice calls, video call serta dalam bentuk tulisan.

Untuk komunikasi non lisan, disebut juga dengan komunikasi non verbal. Komunikasi jenis ini, penyampaiannya menggunakan bahasa tubuh / gesture tubuh. Dengan kata lain menggunakan suatu bahasa isyarat atau kode – kode tertentu.

Prinsip Komunikasi

Berikut ini adalah 12 prinsip komunikasi:

  1. Komunikasi ialah suatu proses simbolik.
  2. Setiap manusia dan makhluk hidup lainnya mempunyai potensi komunikasi.
  3. Komunikasi mempunyai dimensi isi serta dimensi hubungan.
  4. Komunikasi berlangsung dengan berbagai macam bentuk tindakan kesengajaan.
  5. Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu.
  6. Komunikasi melibatkan respon / prediksi semua pihak yang terlibat dalam suatu komunikasi.
  7. Komunikasi bersifat simetilk.
  8. Semakin mirip latar belakang sosial dan budaya, jadi komunikasi semakin efektif.
  9. Komunikasi bersifat nonsekuensial.
  10. Komunikasi bersifat dinamis, prosesual dan transaksional.
  11. Komunikasi bersifat irreversible.
  12. Komunikasi bukanlah sebuah pesan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi mempunyai cangkupan prospek kerja yang cukup luas. Sebab komunikasi merupakan satu – satunya hal terpenting bagi kemajuan berbagai macam bidang perusahaan.

Berikut ini adalah daftar dari prospek kerja ilmu komunikasi:

1. Media

Media adalah salah satu perusahaan yang mengedepankan skills komunikasi. Di bidang ini merupakan cara yang tepat untuk mengeksplorasi kemampuan komunikasi. Selain itu juga dapat melatih kesabaran dengan menghadapi berbagai jenis karakter orang.

2. Public relations dan marketing

Bidang public relations dan marketing pada dasarnya adalah sama. Hanya saja perbedaannya terletak pada job desk. Dari semua job desk public relations dan marketing mempunyai tujuan sama, yaitu meningkatkan penjualan.

3. Even Organizer

Untuk bidang ini adalah salah satu cara dimana dapat membuktikan skills komunikasi dengan cara yang menyenangkan. Dalam bidang ini, bukan hanya sekedar mengandalkan skills komunikasi semata, tetapi juga cara untuk menarik memengaruhi orang lain. Serta memperluas jalinan kerja sama dengan berbagai macam perusahaan, kelompok maupun individu.

4. Bussiness analyst

Prospek kerja dari ilmu komunikasi di bidang ini cukup berat. Sebab harus melakukan beberapa riset / analisa terlebih dahulu.

5. Customer service

Bidang ini merupakan bidang favorit untuk jenjang pendidikan komunikasi. Sebab dalam bidang ini, hanya merespon berbagai macam saran dan kritik dari konsumen.

Syarat Komunikasi

Syarat komunikasi meliputi beberapa komponen yang terlibat dalam proses komunikasi. Komponen tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sumber

Sumber komunikasi merupakan dasar dari terjadinya sebuah komunikasi. Dalam kata lain adalah sumber informasi yang diterima.

2. Komunikator

Pihak komunikator adalah pihak yang menyampaikan suatu informasi.

3. Komunikan

Untuk pihak komunikan adalah pihak yang menerima pesan yang disampaikan oleh komunikator.

4. Pesan

Pesan merupakan keseluruhan dari informasi yang disampaikan oleh komunikator.

5. Saluran

Untuk saluran adalah media yang digunakan oleh komunikator dalam menyampaikan pesan kepada komunikan.

6. Hasil

Sementara hasil adalah segala bentuk dari perubahan perilaku, ekspresi serta sikap dari komunikan.

Cara Komunikasi Yang Efektif

Di bawah ini ada cara komunikasi yang efektif:

  • Tunjukkanlah bahasa tubuh positif. Bahasa tubuh ini adalah suatu atitute yang baik, sopan dan santun.
  • Jika orang lain sedang berbicara, sebaiknya tidak memotong pembicaraan orang tersebut. Tunggulah orang lain selesai berbicara terlebih dahulu, lalu berikan respon positif atas pesan dari orang tersebut.
  • Sebelum berbicara, sebaiknya pikiran terlebih dahulu hal yang hendak disampaikan.
  • Menjadi pendengar yang baik.
  • Menjadi pihak yang netral dan tidak memihak salah satu individu, kelompok, suku hingga bangsa.
  • Sebaiknya tidak mengalihkan topik pembicaraan.
  • Percaya diri.
  • Terbuka dalam menerima berbagai jenis respon dari orang lain.

Itulah sedikit informasi tentang pengertian komunikasi, fungsi dan jenisnya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini