Pengertian Kewirausahaan adalah: Menurut Ahli, Syarat, Tujuan, Manfaat

Definisi Umum Kewirausahaan

Pengertian kewirausahaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah sumber daya dan mengembangkan usaha. Kewirausahaan menjadi hal yang sangat penting dalam mendirikan sebuah bisnis.

Seperti dasar dari suatu bisnis. Pengertian dari kewirausahaan memang banyak sekali. Bahkan setiap ahli menjabarkan pengertian yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya kita bahas semua tentang kewirausahaan dibawah ini.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli

1. Achmad Sanusi

Menurut Achmad Sanusi 1994 kewirausahaan yaitu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis

2. Drucker

Menurut Drucker 1959 kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

3. Zimemr

Menurut Zimemr, 1996 kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan.

4. Soeharto Prawiro

Menurut Soeharto Prawiro, 1997 kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha dan perkembangan usaha

5. Menteri Koperasi

Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha kecil nomor 961/KEP/MX/1995 kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

6. Soeparman Spemahamidjaja

Soeparman Spemahamidjaja, 1977 kewirausahaan adalah suatu kemampuan dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat proses dalam menghadapi tantangan hidup.

7. S. Wijandi

Menurut S. Wijandi, 1998 Kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

8. Thomas W. Zimemrer

Menurut Thomas W. Zimemrer kewirausahaan adalah penerapan inovasi kan kreatifitas untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang orang lain.

9. Robbin dan Coulter

Pengertian kewirausahaan menurut ahli Robbin dan Coulter adalah suatu proses dimana seseorang atau sekelompok individu menggunakan upaya terorganisir dan sarana untuk mencari kesempatan dan menciptakan nilai yang tumbuh untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi dan keunikan.

Syarat Menjadi Seorang Wirausaha

Persaingan kerja yang semakin sulit, membuat banyak orang memutuskan untuk menjadi wirausaha. Sebenarnya tidak ada syarat khusus untuk menjadi wirausaha karena semua orang bisa menjadi wirausaha. Berikut ini syarat menjadi seorang wirausaha:

  1. Memiliki ide yang cemerlang untuk membuat usaha baru
  2. Memiliki tanggung jawab, berani mengambil resiko dan bersemangat
  3. Bisa berkomunikasi dan berorganisasi dengan baik
  4. Tidak konsumtif dan selalu fokus pada keberhasilan.

Tujuan Kewirausahaan

Dari pengertian kewirausahaan kita bisa tahu apa saja tujuan kewirausahaan:

  1. Membuat para wirausaha lebih mantap dan meningkatkan kemampuannya, sehingga membuat usahanya lebih meningkat
  2. Menambah jumlah wirausaha yang terbukti berkualitas
  3. Memberikan kemampuan wirausaha yang lebih semangat dalam sikap dan perilaku
  4. Membuat wirausaha lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi masalah didalam masyarakat.

Manfaat Kewirausahaan

Kewirausahaan juga memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari manusia. Berikut ini manfaat dari kewirausahaan:

  1. Mengurangi pengangguran
  2. Bisa membuat pembangunan nasional lebih meningkat
  3. Meningkatkan pendapatan suatu negara
  4. Memberikan contoh yang baik untuk masyarakat
  5. Mendidik pribadi yang lebih tangguh, mandiri, jujur, tekun dan semangat.
  6. Meningkatkan taraf hidup ekonomi seseorang

Kewirausahaan sangat dibutuhkan dalam keadaan ekonomi seperti saat ini. lowongan pekerjaan yang semakin menipis membuat tingkat pengangguran semakin tinggi. Dengan adanya kewirausahaan seseorang bisa membuat lapangan pekerjaanya sendiri. mendirikan usaha yang ditekuninya.

Jika suatu negara memiliki pengusaha yang lebih banyak, akan membuat kesejahteranya semakin meningkat. Jadi kewirausahaanya memang sangat dibutuhkan. Itulah sedikit informasi yang bisa diberikan tentang pengertian kewirausahaan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Tantangan Menjadi Entrepreneur

Menjadi seorang entrepreneur atau wirausaha tidaklah mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi sebelum mencapai kesuksesan. Namun pada dasarnya setiap orang dapat menjadi entrepreneur atau wirausahawan.

Hal yang selama ini menghambat seseorang ketika akan menjadi wirausahawan adalah takut dalam mengambil resiko. Padahal menurut Bob Sadino, usaha yang tidak berhasil adalah usaha yang tidak pernah dimulai.

Melalui pengertian entrepreneurship, kita dapat lebih memahami untuk menjadi wirausaha yang baik. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin memulai suatu usaha antara lain yang pertama adalah opportunity atau kesempatan.

Kesempatan atau peluang ini biasanya tak datang dua kali sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Ketika Anda mendapatkan ide usaha yang menjanjikan maka segera jalankan usaha tersebut.

Entrepreneurship juga tak jauh dari kata untung atau profit. Setiap pengusaha tentu ingin mendapatkan keuntungan dalam usaha.

Keuntungan atau laba yang dihasilkan dalam suatu usaha dapat melebihi gaji orang yang bekerja di kantor atau sekedar menjadi PNS. Namun untuk mencapai pada tahap ini Anda harus tekun dalam berwirausaha. Keuntungan yang didapatkan tentu akan sangat menggiurkan.

Entrepreneurship juga tak jauh dari tantangan. Untuk mencapai kesuksesan tentu jalan yang ditempuh tak selalu mulus. Pasti ada sekali waktu berliku dan berlubang. Ibarat pepatah bahwa peselancar yang tangguh tidak akan berselancar di laut yang tenang. Hal ini tentu menandakan bahwa seorang pengusaha harus berani mengambil resiko dan tantangan.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: