Indonesia adalah negara yang memiliki ribuan kebudayaan yang sangan beragam. Bukan hal yang mengherankan karena negara ini memiliki populasi penduduk yang terbagi menjadi suku-suku yang berbeda. Lalu, apa itu pengertian kebudayaan itu sendiri? Simak informasinya sebagai berikut!

Pengertian Kebudayaan Secara Umum

Arti kebudayaan dibagi menjadi dua kategori, yakni arti luas dan arti sempit. Dalam arti luas, kebudayaan memiliki arti sebuah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, serta hasil karya dari manusia yang berfungsi untuk kehidupan bermasyarakat yang dijadikan sebagai diri dari manusia itu sendiri. Sedangkan dalam arti sempit kebudayaan memiliki sebutan sebagai budaya atau kultur yang berarti keseluruhan dari sistem gagasan dan juga tindakan.

Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli

Ada beberapa pengertian kebudayaan yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut adalah daftarnya:

1. Sutan Takdir Alisyahbana

Definisi kebudayaan menurut beliau adalah manifestasi dari cara manusia berfikir.

2. Sidi Gazalba

Drs.Sidi Gazalba berpendapat bahwa kebudayaan merupakan daya dari budi yang terdiri dari cipta, rasa, dan juga karsa.

3. Mohammad Hatta

Menurut Mohammad Hatta, kebudayaan merupakan sebuah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

4. Parsudi Suparlan

Apa yang dimaksud kebudayaan? Tokoh ini menyatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan dari pengetahuan manusia yang merupakan makhluk sosial yang dipakai untuk memahami serta menginterprestasikan lingkungan dan juga pengalamannya, serta sebagai landasan untuk bertingkah laku.

5. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan merupakan suatu keseluruhan manusia baik dari kelakuan maupun hasil yang harusnya diperoleh dengan cara belajar dan keseluruhan dari itu semua telah tersusun dalam kehidupan masyarakat.

6. Ki Hajar Dewantara

Apa itu kebudayaan? Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa kebudayaan dianggap sebagai buah budi manusia yang mana memiliki arti suatu hasil perjuangan manusia tentang dua pengaruh kuat, yaitu alam dan juga zaman yang keduanya adalah bukti kejayaan hidup manusia untuk menyelesaikan berbagai permasalahannya demi mencapai kebahagiaan serta keselamatan yang sifatnya tertib dan damai.

7. Selo Soemardjan & Soelaeman Soenardi

Mereka menyatakan bahwa kebudayaan itu adalah semua hasil karya, cipta, serta rasa masyarakat. Teknologi dan karya masyarakat merupakan hasil dari karya masyarakat ysng dibutuhkan oleh manusia agar dapat menguasai alam sekitar supaya bisa digunakan untuk kebutuhan mereka.

8. Haji Agus Salim

Haji Agus Salim memiliki pendapat yang cukup berbeda.Menurut beliau, kebudayaan adalah budi dan juga daya memiliki makna yang sejiwa serta tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Pengertian Kebudayaan Menurut Etimologi

Menurut etimologis, kata kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu budhyang artinya akal. Sedangkan kata budhi(tunggal) atau dalam majemuknya yaitu budhayamemiliki arti sebuah hasil pemikiran (akal manusia).

Kata kebudayaan juga merujuk pada kata cultuur dalam bahasa belanda,culture dalam bahasa Inggris, dan tsaqafah dalam bahasa Arab, serta colere dalam bahasa latin.

Dari keseluruhan bahasa tersebut, didapatpengertian yakni mengerjakan, mengolah, menyuburkan, dan juga mengembangkan,khususnya mengolah tanah (bertani). Dari pengertian itu, muncul arti lain dari istilah culture yang berarti semua daya serta aktivitas manusia untuk mengolah maupun mengubah alam.

Unsur Kebudayaan

Kebudayaan memiliki beberapa unsur, unsur tersebut di antaranya:

1. Sistem Bahasa

Bahasa adalah sarana yang dimiliki manusia sebagai pemenuhan kebutuhan sosial untuk saling berinteraksi antar sesama. Bahasa dapat membuat seseorang faham mengenai fenomena sosial, dapat membangun tradisi budaya, hingga mewariskannya kepada generasi penerus. Ada banyak variasi bahasa yang dimiliki oleh suku bangsa Indonesia, misalnya Bahasa Sunda, Bahasa Jawa, Bahasa Batak, dan lainnya.

2. Sistem Pengetahuan.

Sistempengetahuan dalam kaitannya dengan kebudayaan universal memiliki hubungan dengan sistem peralatan hidup dan juga teknologi karena sifatnya abstrak dan berwujud yang ada pada gagasan manusia.

Koentjaraningrat mengatakan bahwa suku bangsa yang ada di dunia mempunyai pengetahuan tentang tumbuhan, binatang, zat-zat, bahan mentah, dan benda-benda, tubuh manusia, sifat-sifat dan tingkah laku manusia, ruang dan waktu.

3. Sistem Kekerabatan dan Organisasi Sosial

Unsur budaya terdiri dari sistem kekerabatan dan juga organisasi social adalah usaha antropologi. Fungsinya tentu untuk lebih memahami bagaimana cara manusia menciptakan kehidupan bermasyarakat melaluibanyak kelompok sosial.

Masing-masing kelompok memiliki adat istiadat dan juga aturan yang berbeda-beda dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Contoh dari kekerabatan yang terbentuk di masyarakat antara lain Karang Taruna.

4. Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi

Peralatan hidup dan teknologi berfungsi untuk membantu manusia dalam mempertahankan kehidupannya. Beberapa contoh dari peralatan tersebut antara lain Keris, Kujang, dan rencong.

5. Sistem Ekonomi

Setiap masyarakat memiliki mata pencaharian yang berbeda yang mana bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhannya. Baik masyarakat tradisional maupun modern memiliki cara mereka sendiri untuk memenuhi ekonominya.

Sistem mata pencaharian yang dilakukan oleh masyarakat tradisional antara lain berburu dan meramu, beternak, bercocok tanam di ladang, menangkap ikan. dan juga bercocok tanam. Sedangkan sistem ekonomi dari masyarakat modern lebih merujuk pada profesi tetap seperti karyawan kantor, pegawai, dan lainnya.

6. Sistem Religi

Menurut Koentjaraningrat berpendapat bahwa awal mula dari permasalahan fungsi religi dalam kehidupan masyarakat yaitu munculnya pertanyaan “Mengapa makhluk hidup (manusia) perlu percaya akan adanya kekuatan gaib (supranatural) yang dipercaya memiliki kedudukan paling tinggi dibandingkan manusia, serta mengapa manusia bersikeras untuk bisa berinteraksi dengan kekuatan supranatural tersebut?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, para ilmuan menyimpulkan bahwa suku bangsa luar Eropa memiliki religi kuno yang sudah dianut sejak zaman primitif. Misalnya seperti upacara keagamaan yang ada di bali “ngaben”.

7. Kesenian

Seni yang terdapat pada kebudayaan manusia lebih merujuk kepada teknik sekaligus proses dari pembuatan seni itu sendiri. Seni tradisional yang ada di Indonesia antara lain wayang, ludruk, ketoprak, tari,  dan lenong. Seni modern di Indonesia antara lain lagu,film, dan koreografi.

Fungsi Kebudayaan

Suatu kebudayaan yang ada pada sebuah negara, tentu memiliki fungsi. Apa saja fungsinya? Simak daftarnya!

  • Panduan atau pedoman dalam berinteraksi dengan sesama manusia atau kelompok dalam masyarakat
  • Sebagai alat untuk mencukupi kebutuhan manusia
  • Mendorong terjadinya sebuah perubahan dalam masyarakat

Wujud Kebudayaan

Apa sih wujud dari kebudayaan itu? Untuk mengetahuinya, simak daftarnya sebagai berikut!

  • Wujud kebudayaan bertindak sebagai sistem ide: tata cara bertamu di rumah orang lain dan norma sopan santun dalam berbicara kepada orang yang dianggap lebih tua.
  • Wujud kebudayaan bertindak sebagai sistem kegiatan: kampanye partai, budaya upacara dalam perkawinan, proses pemilihan pemimpin, dan lain sebagainya.
  • Wujud kebudayaan bertindak sebagai sistem artefak: kain ulos dari Batak, wayang golek dari Jawa, mahar berupa barang untuk upacara adat perkawinan, hingga songket dari Padang.

Contoh Kebudayaan

Apa saja kebudayaan yang ada di Indonesia itu? Berikut adalah contohnya!

1. Upacara Ngaben

Ngaben merupakan tradisi yang biasa dilaksanakan masyarakat Bali dimana mereka menyucikan orang yang meninggal dengan api. Oleh karenya, mereka selalu mengadakan upacara pembakaran mayat hingga menjadi abu ketika ada orang yang meninggal. Nantinya, abu tersebut akan ditaruh wadah dan dilarung ke laut.

2. Tradisi Bakar Batu

Tradisi ini merupakan kebudayaan yang dimiliki masyarakat Timur Indonesia. Tradisi bakar batu biasa diadakan untuk mensyukuri berkah hasil bumi yang diberikan oleh sang pencipta. Selain itu, tradisi ini juga merupakan simbol dari perdamaian karena dulunya pernah mengalami peperangan.

3. Wiwitan

Wiwitan adalah tradisi yang sudah biasa dilakukan oleh suku Jawa yang bekerja sebagai petani untuk bentuk dari rasa syukur mereka akan panen yang melimpah ruah. Kegiatan yang dilakukan dalam tradisi ini antara lain menyembelih ayam kampung, memasak nasi uduk untuk dibagikan kepada para tetangga.

Kebudayaan Indonesia

Ada 5 kebudayaan Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Salah dua di antaranya adalah:

1. Wayang

kebudayaan wayang

kebudayaan wayang (familydanceoff.com)

Wayang adalah kebudayaan Indonesia yang sudah mendunia hingga kelas internasional. Pada tahun 2003, wayang telah dinyatakan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO.

Beberapa jenis wayang yang ada di Indonesia antara lain wayang Jawa, Wayang Bali, Wayang Lombok, Wayang Golek Sunda, dan lainnya. Biasanya cerita yang ada dalam pertunjukan wayang berkaitan tentang dewa-dewi, persilatan, percintaan, hingga kepahlawanan dengan iringan musik gamelan.

2. Angklung

kebudayaan angklung

kebudayaan angklung (HanyaBerbagi)

Angklung adalah jenis alat musik tradisional yang terbuat dari bambu, yang cara memainkannya adalah dengan digoyang.

Demikian ulasan mengenai pengertian kebudayaan di atas. Kita sebagai bangsa Indonesia selayaknya bangga dengan kebudayaan yang kita miliki. Jangan sampai kebudayaan tersebut luntur tertelan zaman.

Cari Artikel di Sini