Pengertian hukum adalah aturan yang tidak dapat dilepaskan pada kehidupan sehari-hari dimana setiap sendi kehidupan selalu dalam naungan hukum. Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk ke dalam negara hukum. Selain itu, adanya hukum juga berguna untuk melindungi diri dari penyalahgunaan kekuasaan dan menegakan keadilan.

Definisi Umum Hukum

Pengertian hukum adalah sistem, aturan atau norma berfungsi untuk membatasi perilaku manusia supaya lebih terkontrol yang langsung dibuat oleh masyarakat. Dalam sebuah kelembagaan atau kehidupan sehari-hari.

Hukum menjadi sebuah hal yang sangat penting. Mengatur semua perilaku manusia. Setiap manusia memiliki hak yang sama didepan hukum. Semua hukum berlaku secara tertulis dan ada yang tidak tertulis. Jika melanggar hukum, ada sanksi untuk pelanggar hukum.

Definisi Hukum juga dapat dijabarkan sebagai suatu sistem yang didalamnya terdapat aturan-aturan dan norma-norma yang berguna untuk mengatur kehidupan manusia. Adanya hukum untuk mengurangi adanya kejahatan dan pemegang kekuasaan tidak dapat berlaku sewenang-wenang karena telah dibatasi oleh hukum.

Pengertian Hukum Secara Umum

Apa Itu Hukum? Sebenarnya pengertian hukum hingga saat ini belum ada kesepahaman dari para ahli. Meskipun begitu, pengertian hukum harus menganut unsur-unsur hukum yang ada. Sehingga diperolehnya pengertian hukum yang sesuai dengan maksud dan tujuannya.

Pengertian Hukum Secara Umum adalah sebuah peraturan berisi sanksi dan norma yang dibuat untuk mengatur tingkah laku manusia, keadilan, mencegah adanya kekacauan dan menjaga ketertiban. Hukum secara umum juga dapat dikatakan sebagai peraturan atau ketentuan tertulis atau tidak tertulis yang mengatur kehidupan masyarakat dan sanksi kepada para pelanggarnya.

Pengertian Hukum Menurut Etimologi

Pengertian Hukum Menurut Etimologi. Kata hukum berasal dari bahasa arab yang bentuknya tunggal. Kata jamak dari hukum yaitu adalah “Alkas”. Kemudian diambil alih dalam bahasa Indonesia menjadi hukum.

Pengertian Hukum Menurut Ahli

Selain hukum dijelaskan secara umum dan menurut etimologi, Anda juga dapat mengetahui lebih jelas dalam pendapat beberapa ahli. Agar anda lebih mengetahui mengenai  Apa yang Dimaksud Hukum. Berikut ini beberapa Pengertian Hukum Menurut Ahli.

1. Plato

Hukum Adalah peraturan yang teratur dan tersusun dengan baik serta mengikat terhadap masyarakat dan pemerintah.

2. Achmad Ali

Hukum adalah norma atau ketentuan yang mengatur mengenai benar dan salah dimana ekstensi atau pembuatannya dilakukan oleh pemerintah. Baik dibuat secara tertulis maupun tidak tertulis. Akan ada ancaman hukuman jika terjadi suatu pelanggaran terhadap norma atau ketentuan tersebut.

3. M. Amin

Hukum adalah sekumpulan aturan yang berisi norma dan sanksi dengan tujuan untuk menertibkan pergaulan dalam suatu masyarakat. Sehingga tercipta keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

4. Tullius Cierco

Arti Hukum menurt Cierco adalah sebuah hasil pemikiran tertinggi yang mengatur mengenai baik dan tidak.

5. M. Meyers

Hukum adalah aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan yang ditunjukkan untuk manusia dalam bertingkah laku. Selain itu, hukum juga menjadi acuan dalam perdoman bagi pemegang kekuasaan negara.

6. Dr. Van Kan

Hukum adalah seluruh peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia dalam bermasyarakat.

7. Utrecht

Hukum adalah himpunan petunjuk baik perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam masyarakat dimana harus ditaati oleh anggota masyarakat. Jika terjadi sebuah pelanggaran, maka akan adanya tindakan dari pemerintah.

Unsur-unsur Hukum

Seluruh hukum yang berlaku pada sebuah negara tentu memiliki unsur-unsur tersendiri. Sehingga hukum yang berlaku di masyarakat dapat diterima dan diakui oleh warga negaranya. Berikut ini beberapa Unsur Hukum yang ada di Indonesia.

1. Hukum dapat mengatur kehidupan bermasyarakat

Seluruh hukum yang berlaku harus mampu mengatur kehidupan bermasyarakat. Hukum tersebut yang akan membantu memecahkan segala permasalahan yang ada. Karena setiap interaksi dari masyarakat telah diatur oleh hukum.

2. Aturan yang sifatnya memaksa

Adanya hukum sebagai aturan yang sifatnya memaksa untuk masyarakat. Jika ada masyarakat yang melanggar hukum, maka akan menerima sanksi atau hukuman sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Sanksi tegas yang diberikan tentu sesuai dengan hukum.

3. Hukum dibuat oleh Lembaga yang Berwenang

Tidak semua warga atau masyarakat dapat membuat hukum sendiri-sendiri. Hukum harus dibuat oleh badan atau lembaga resmi yang telah diakui resmi oleh pemerintah.

4. Sanksi atau pelanggaran

Setiap orang yang melanggar akan dikenakan sanksi. Sanksi yang diberikan sesuai dengan pelanggaran yang sudah dilakukan.

Tujuan Hukum

Tujuan Hukum sifatnya universal dimana terdapat ketentraman, ketertiban, kedamaian, kesejahteraan, dan kebahagian dalam kehidupan bermasyarakat.

Jika hukum dapat ditegakkan, maka setiap perkara dapat diselesaikan dengan proses pengadilan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Adanya hukum juga bertujuan untuk menjaga dan mencegah orang tidak menjadi hakim atas dirinya sendiri.

Jenis-Jenis Hukum

Hukum terdiri dari dua bagian yaitu hukum privat dan hukum publik. Hukum public sering disebuat sebagai hukum pidana. Jenis hukum ini digunakan untuk mengatur sebuah hubungan antara satu individu dengan masyarakat. Dalam sebuah negara, hukum publik diatur sendiri oleh negara tersebut.

Lalu apa yang dimaksud dengan hukum perdata. Hukum perdata digunakan untuk mengatur hubungan antara orang yang bersalah dalam hukum dengan petugas pemerintah yang menjalankan tugas di bidang hukum. Dari pengertian hokumini, anda bisa tahu apa perbedaannya dari keduanya.

Pembagian Hukum

Berikut ini Jenis hukum juga dibagi atas beberapa bagiannya:

  1. Hukum berdasarkan sumber contohnya ada hukum undang-undang, hukum adat, hukum doktrin dan hukum jurisprudensi
  2. Hukum berdasarkan bentuk contohnya hukum tertulis dan tidak tertulis.
  3. Hukum berdasarkan tempat berlaku, contohnya hukum nasional dan hukum internasional
  4. Hukum berdasarkan waktu berlakunya, contoh hukum ius constritutum, ius constituendum dan hukum asasi (hukum alam).
  5. Hukum berdasarkan sifat, contoh hukum memaksa dan hukum yang mengatur
  6. Hukum berdasarkan wujudnya, contoh hukum objektif dan hukum subyektif.

Ada masih banyak sekali jenis hukum didalam kehidupan kita sehari-hari. Hukum digunakan untuk mengatur kehidupan supaya lebih teratur. Tanpa adanya hukum, sebuah kehidupan bermasyarakat tidak bisa berjalan dengan baik. Sebagai warga negara yang baik kita wajib untuk mematuhi hukum yang berlaku di sebuah negara.

Penegakan hukum dan taat kepada hukum. Itulah sedikit informasi tentang pengertian hukum. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Jenis Hukum

Setiap negara memiliki hukum dengan aturan dan sanksi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan Indonesia. Ada dua jenis hukum yang berlaku di Indonesia. Jenis Hukum yaitu hukum privat dan hukum publik.

1. Hukum privat

Hukum privat adalah hukum yang mengatur mengenai hubungan sesama manusia. Hukum lebih menitikberatkan pada kepentingan yang disepakati bersama-sama. Misalnya hukum dagang, hukum sipil, hukum perdata dan lain-lain.

2. Hukum publik

Hukum publik adalah hukum yang mengatur mengenai hubungan antar sesama warga negara yang menyangkut kepentingan bersama atau umum. Misalnya hukum pidana, hukum tata negara, hukum administrasi negara dan lain-lain.

Macam-Macam Hukum

Berikut ini Macam-Macam Hukum yang ada di Indonesia

1. Hukum Pidana

Hukum pidana merupakan bagian dari hukum publik. Hukum ni menjadi dasar hukum yang berguna untuk menegakan keadilan di masyarakat. Hukum pidana dipakai untuk menjerat para pelaku kejahatan yang melakukan kejahatan. Hukuman yang dijatuhkan dengan hukuman paling rendah yaitu kurungan berapa bulan dan hukuman terberat yaitu hukuman mati.

2. Hukum Perdata

Hukum perdata di Indonesia berdasarkan dengan hukum perdata di Belanda seperti prinsip-prinsip demokrasi. Hukum perdata merupakan hukum yang mengatur mengenai hubungan antara penduduk atau warga negara sehari-hari. Misalnya perkawinan, perceraian, kematian, harta benda, waris, dan lain-lain.

3. Hukum Tata Negara

Hukum tata negara merupakan hukum yang mengatur tentang negara. Misalnya pendirian, struktur kelembagaan, pembentukan negara dan lain-lain. Hukum tata negara mengarus negara secara diam, artinya tidak mengenai keadaan nyata pada negara. Hukum ini membicarakan negara secara abstrak.

4. Hukum Administrasi Negara

Hukum administrasi negara adalah hukum yang mengatur mengenai tata usaha atau administrasi negara. Hukum ini memang hampir mirip dengan hukum tata negara dimana berhubungan dengan kebijakan pemerintah. Hukum administrasi lebih mengacu pada fungsi konstitusi atau hukum dasar yang digunakan.

Proses Terbentuknya Hukum

Proses Terbentuknya Hukum bermula dari masyarakat adat yang sudah mengenal terlebih dahulu. Mereka mengetahui arti dan fungsi hukum yang sebenarnya. Pola kebijakan yang menjadi hukum adat sebagai panduan untuk komunitas atau masyarakat adat tersebut. Dapat dikatakan bahwa hukum tertua yang hidup di masyarakat adalah hukum adat.

Hukum adat tersebut berhasil menginspirasi masyarakat modern untuk melakukan hal yang serupa. Dengan perkembangan zaman, masyarakat adat saling berinteraksi hingga akhirnya mengadakan perjanjian bersama untuk membentuk ikatan lebih luas kemudian disebut dengan negara.

Pengertian Hukum perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum Anda mengetahui berbagai aspek lainnya. Hukum menjadi aspek terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. Setiap masyarakat berhak mendapatkan hak yang sama dalam mata hukum tanpa adanya perbedaan.

Cari Artikel di Sini