Daftar Isi

Definisi Umum Hikayat

Pengertian hikayat adalah salah satu contoh dari karya sastra lama berbentuk prosa yang mengisahkan tentang kehidupan keluarga istana, kaum bangsawan dan orang ternama dengan semua kesaktian, kehebatan dan kepahlawanannya.

Di dalamnya diceritakan mukjizat, kekuatan dan segala keanehannya. Hikayat asalnya dari arab yang artinya bercerita. Hikayat fungsinya untuk penghibur, pembangkit semangat atau hanya untuk meramaikan sesuatu. Hikayat hampir mirip dengan cerita sejarah klasik.

Ciri-Ciri Hikayat

Berikut ini beberapa ciri-ciri hikayat yang harus anda ketahui:

  1. Memakai bahasa melayu lama
  2. Bersifat pralogis yang berarti memiliki cerita yang terkadang tidak bisa diterima oleh akal
  3. Pusat ceritanya di lingkungan istana
  4. Cerita bersifat tetap atau kaku
  5. Tidak jelas siapa yang pertama kali mengarang cerita di hikayat
  6. Memakai kata arkhais yang sekarang sudah jarang digunakan. Misalnya sebermula atau syahdan.

Unsur-Unsur Hikayat

Selain pengertian hikayat, kita juga akan membahas tentang unsur-unsur yang terdapat didalam hikayat. Ada dua unsur yang membangun sebuah cerita hikayat. Ada unsur ekstrinsik dan instrinsik. Unsur intrinsik tersebut terdiri dari tema, latar, alur, amanat, tokoh, sudut pandang dan gaya. Dalam sebuah hikayat, semua unsur itu harus ada.

Unsur ekstrinsik berarti unsur yang membangun cerita hikayat dari luar sedangkan unsur intrinsik berarti unsur yang membangun cerita dari dalam. Untuk unsur ekstrinsik antara latar belakang cerita tersebut. Seperti adat, agama, budaya dan lainnya.

Semua cerita hikayat harus ada moral didalamnya. Kata yang digunakan pun memakai kata melayu yang sulit dipahami orang zaman sekarang. Seperti sebuah syari yang indah. Orang zaman dulu selalu menceritakan hikayat pada acara tertentu.

Termasuk dalam perkumpulan, acara keluarga, acara adat dan lainnya. Mungkin sekarang cerita hikayat hanya menjadi sebuah cerita saja. Karena sudah sedikit orang yang melestarikannya. Pahami pengertian hikayat, ciri dan unsurnya, sehingga anda bisa memahami arti di dalam sebuah cerita hikayat. Demikian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini