Pengertian hijab adalah menyembunyikan. Hijab berasal dari kata hajaba yang artinya menyembunyikan dari pandangan orang lain. Di dalam kamus besar bahasa indonesia hijab artinya dinding yang membatasi sesuatu dengan yang lain, dinding yang membatasi hati seseorang, dinding yang membatasi hati manusia dengan allah swt. Hijab bisa dibilang sebagai jilbab yang kita pakai oleh wanita muslimah. Setiap wanita muslim wajib untuk memakai hijab dan menutupi semua auratnya.

Perbedaan Hijab dan jilbab

Banyak orang yang bingung membedakan hijab dan jilbab. Di arab hijab merupakan sebuah penghalang. Tapi di negara lain mengenal hijab sebagai kerudung yang di pakai oleh wanita muslim. Semua jilbab adalah hijab, tapi tidak semua hijab adalah jilbab. Anda harus tahu perbedaan yang satu ini. Hijab tak hanya berhubungan dengan jilbab saja. Tapi satu hal yang menghalangi hal lainnya atau menutupi sesuatu juga bisa disebut sebagai hijab. Di al quran, hijab termasuk ke dalam kelambu, tirai pembatas papan pembatas dan berbagai jenis pembatas lainnya.

Sedangkan jilbab hanya kerudung yang dipakai oleh wanita. Dari pengertian hijab, kita akan lebih memahami maksudnya. Untuk jilbab memiliki arti busana muslim yang panjang dan menutupi seluruh aurat wanita. Jadi jilbab pakaian yang menutupi tubuh dan longgara, sesuai dengan surat al ahzab ayat 59, yang artinya hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Dalam kamus, jilbab juga berarti selendang. Sekarang anda sudah bisa membedakan perbedaan jilbab dan hijab.

Lalu apakah jilbab dan hijab sama dengan khimar. Khimar artinya kerudung. Khimar yang digunakan untuk menutupi kepala, keher dan menutupi dada. Intinya semua istilah tersebut memiliki maksud yang hampir sama yaitu kain yang digunakan untuk menutupi kepala dan leher. Digunakan untuk memakai hijab yang benar. Dengan memahami pengertian hijab, anda tak perlu bingung lagi membedakan dengan jilbab, khimar atau kerudung. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda,

Cari Artikel di Sini