Pengertian, Manfaat dan Fungsi Umum Akuntansi

Pengertian akuntansi adalah suatu cabang ilmu yang memberikan informasi yang dibutuhkan dalam hal pelaksanaan dan pengevaluasian kegiatan ekonomi secara efektif dan efisien. Definisi tersebut merupakan pengertian akuntansi dari sudut pemakai. Adapun akuntansi dari sudut proses kegiatan adalah suatu proses pencatatan, penggolongan dan pengklasifikasian, serta pelaporan dan penganalisisan data keuangan sebuah organisasi maupun entitas.

Dari pengertian akuntansi tersebut, dapat disimpulkan bahwa setidaknya terdapat tiga aktivitas utama dalam sistem akuntansi, yaitu aktivitas mengidentifikasi, aktivitas mencatat, dan juga aktivitas komunikasi.

FUNGSI UTAMA AKUNTANSI

Fungsi utama dari akuntansi adalah sebagai bahan menyampaikan informasi keuangan sebuah organisasi maupun entitas. Sebab, dengan adanya akuntansi, kita dapat melihat seperti apa kualitas dan perubahan yang ada dalam sebuah organisasi melalui laporan akuntansinya. Informasi tersebut tentunya diberikan dengan bentuk data kuantitatif dengan satuan ukur berupa uang.

Selain itu, akuntansi juga dapat digunakan sebagai alat untuk membahasakan apa yang terjadi dalam sebuah organisasi atau entitas. Informasi tersebut berkaitan dengan nilai perusahaan dan untung rugi sebuah perusahaan atau entitas. Informasi dari akuntansi juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut kelanjutan hidup suatu organisasi, perusahaan, maupun entitas.

MANFAAT AKUNTANSI

Akuntansi mempunyai manfaat untuk :

  1. Mengetahui besaran modal yang dimiliki sebuah perusahaan.
  2. Mengetahui perkembangan maju atau mundurnya perusahaan.
  3. Pondasi dalam menghitung pajak.
  4. Menjelaskan kondisi perusahaan saat membutuhkan kredit dari bank atau lembaga keuangan lainnya.
  5. Patokan memutuskan kebijakan yang akan dilaksanakan kelak.
  6. Menarik minat investor saham apabila perusahaan telah menjadi sebuah perseroan terbatas.

BIDANG-BIDANG AKUNTANSI

Akuntansi sebagai suatu sistem dan juga ilmu pengetahuan mencakup beberapa bidang yang dipelajari secara menyeluruh dan berkesinambungan antara satu bidang dengan bidang yang lainnya. Adapun bidang-bidang dalam ilmu akuntansi adalah :

  1. Akuntansi keuangan.
  2. Pemeriksaan akuntansi atau disebut sebagai auditing.
  3. Akuntansi manajemen.
  4. Akuntansi perpajakan.
  5. Akuntansi budgeter.
  6. Akuntansi untuk organisasi nirlaba.
  7. Akuntansi biaya.
  8. Sistem akuntansi, dan
  9. Akuntansi sosial.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: