Pengertian Flowchart Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian flowchart dan juga jenis-jenisnya yang bisa anda ketahui. Flowchart merupakan salah satu bagan yang ada symbol-simbol khusus yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau informasi singkat mengenai urutan suatu proses yang dijabarkan secara mendetail dan mempunyai hubungan satu dengan yang lain dalam proses tersebut yang berada dalam suatu program.

Jika kita bicara mengenai flowchart ini, jenis bagan ini juga sering dengan sebutan diagram alur. Untuk jenis flowchart sendiri, ada beberapa macam dan diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut.

Flowchart Sistem

Contoh Flowchart Sistem (Gambar : www.keywordsking.com)

Flowchart pertama yang bisa anda ketahui dalam pembahasan pengertian flowchart ini ialah flowchart system. Jenis flowchart ini merupakan flowchart yang memberikan bagan kaitannya dengan alur kerja atau bisa juga dikatakan suatu yang sedang dikerjakan dalam sebuah system yang dilakukan secara keseluruhan.

Selain itu, flowchart jenis ini juga mempunyai tujuan untuk menjelaskan urutan proses dari prosedur tersebut. Flowchart jenis ini juga berisikan dari data yang mengalir dalam system dan juga proses yang bisa mengolah data tersebut. Kaitannya dengan data dan juga proses bisa diinformasikan dalam bentuk offline dan juga online.

Flowchart Dokumen

Contoh Flowchart Dokumen (sumber : kajianinformasi.blogspot.com)

Flowchat selanjutnya yang bisa anda ketahui ialah flowchart dokumen. Jenis flowchart ini disebut juga sebagai bagan alir formulir atau paperwork flowchart. Jenis bagan ini merupakan bagan alir yang bisa digunakan untuk menunjukkan arus baik dari formulir dan juga laporan termasuk juga tembusan-tembusannya.

Sedangkan untuk jenis-jenis symbol yang digunakan, jenis flowchart ini menggunakan symbol yang hampir sama dengan flowchart system.

Flowchart Skematik

Jenis flowchart terakhir namun bukan yang paling akhir dalam pembahasan pengertian flowchart ini ialah flowchart skematik.

Jenis flowchart ini hampir sama dengan flowchart system dan adapun kesamaan yang bisa dilihat dari kedua flowchart tersebut ialah sama-sama memberikan informasi suatu prosedur yang ditemukan dalam system. Itulah pembahasan mengenai flowchart yang bisa anda ketahui. Istilah ini akan sering anda temukan ketika anda mempelajari alur business dan yang lain sebagainya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: