Pengertian Evaporasi Dan Proses Terjadinya

Pengertian evaporasi adalah proses perubahan molekul air menjadi uap air. Jadi evaporasi ini juga dikenal dengan istilah penguapan. Proses evaporasi selalu terjadi setiap harinya. Dari air di sungai, danau, genangan air, tetesan air, air laut dan lainnya.

Ketika terkena sinar matahari, air yang ada di bumi akan menguap dan berkumpul di atmosfer bumi. Proses ini, seperti keringat yang terjadi pada tubuh kita. Ketika cuaca panas, otomatis tubuh kita akan mengeluarkan keringat, jadi ketika bumi panas, maka air yang ada dibumi akan menguap menjadi uap air.

Proses Terjadinya Evaporasi

Dalam proses terjadinya hujan, ada yang namanya proses evaporasi. Jadi evaporasi menjadi siklus alami yang dilakukan oleh bumi. Untuk proses hujan, air yang ada dibumi akan mengalami evaporasi dan mengumpul menjadi awan.

Lalu akan jatuh ke bumi dalam bentuk tetes air. Penguapan atau evaporasi juga dianggap sebagai fase transisi. Fase ini terjadi ketika air akan menguap dan berubah menjadi gas kemudian menjadi uap air lagi. Ketika kita minum air panas di gelas, juga akan terjadi evaporasi. Yang mengakibatkan tetes air menempel pada gelas.

Ketika kita memahami lebih dalam tentang pengertian evaporasi. Dapat menyimpulkan, bahwa evaporasi tidak hanya terjadi di siklus bumi saja. Tapi juga disekitar kita. Ketika menanak nasi,. Memasak air dan lainnya juga akan terjadi penguapan. Terkadang penguapan juga tidak terlihat. Ketika molekul air tidak memiliki perpindahan panas yang cukup. Sehingga proses evaporasinya lebih lambat. Dengan adanya energi panas bumi, air di bumi mengalami titik uap tidak titik beku.walaupun tingkat penguapannya cukup lambat.

Kelembaban udara dibumi, juga dipengaruhi oleh evaporasi yang terjadi di bumi. Semakin tinggi tingkat pengupannya akan semakin tinggi tingkat kelembaban di bumi. Jadi dalam hidup ini, kita tidak bisa terlepaskan dari yang namanya penguapan. Setiap hari pasti terjadi penguapan. Itulah sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang pengertian evaporasi dan proses terjadinya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: