Pengertian Ergonomi adalah: Penjelasan dan Pendekatan

Definisi Umum Ergonomi

Pengertian ergonomi yang bisa dijelaskan secara harfiah ialah cabang ilmu yang focus mempelajari ilmu mengenai hubungan antara manusia dan juga pekerjaannya.

Selain hal tersebut, cabang ilmu ini kemudian bisa dijabarkan lagi menjadi beberapa sub-bagian yang diantaranya ialah focus, tujuan, dan juga pendekatan mengenai definisi ergonomi yang disampaikan oleh Mc Coinick. Dengan demikian, pengertian ergonomic tersebut memang bisa lebih dijelaskan lagi dengan lebih detail lagi.

Pendekatan Ergonomi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pengertian ergonomi bisa dijabarkan lebih detail lagi dengan beberapa pendekatan. Pendekatan pertama yang bisa diketahui ialah secara focus.

Kajian ergonomic sendiri memfokuskan pendekatannya kepada diri manusia dan juga interaksinya dengan peralatan , prosedur, lingkungan dan juga peralatan yang mana kita temukan dan sering bersinggungan dimana manusia itu bekerja. Dengan kata lain, pendekatan secara focus ini difokuskan pada hal-hal yang mempunyai keterkaitan ketika manusia itu bekerja.

Selain pendekatan secara tujuan, kajian ergonomi ini juga mempunyai jenis pendekatan diantaranya ialah pendekatan secara tujuan. Secara tujuan kajian ergonomi ada dua hal yang bisa digarisbawahi dan diantaranya ialah peningkatan efektifitas dan juga efisiensi kerja.

Selain itu, tujuan yang lain ialah untuk meningkatkan nilai kemanusiaan dalam kaitannya hubungan antara manusia dengan pekerjaannya. Nilai-nilai kemanusiaan yang bisa anda ambil dalam kajian ergonomi ini ialah pengurangan rasa lelah dan juga capek, peningkatan dalam kaitannya dengan keselamatan kerja dan masih banyak lagi.

Selain tujuan, hal lain yang bisa dijabarkan dalam kaitannya dengan pengertian ergonomi ialah secara pendekatan. Dalam hal ini, cabang ilmu ergonomi merupakan jenis aplikasi atau program informasi kaitannya dengan keterbatasan yang dimiliki oleh manusia.

Selain itu juga masalah karakteristik tingkah laku, kemampuan, dan motivasi untuk merancang lingkungan dan prosedur dalam lingkungan manusia beraktivitas. Itulah hal yang bisa anda dapatkan mengenai definisi dari ergonomic tersebut. Sekarang bagi anda yang masih bingung dengan pengertian ini bisa memahami pengertian dari istilah ergonomic tersebut.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: