Istilah efektif dan efisien merupakan 2 istilah yang memang sering kali dikaitkan. Namun perlu diketahui bahwa pengertian efektif dan efisien ini memiliki perbedaan. Secara singkat, pengertian efektif bisa dikatakan dengan “dapat mencapai tujuan maksimal seperti yang diharapkan”.

Definisi Efektif

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah efektif berarti memiliki efek (pengaruh, akibat, kesan), mujarab atau manjur (obat), membawa hasil atau berhasil (usaha, tindakan) dan mulai berlaku (peraturan, undang-undang). Jadi pengertian efektif dapat dijabarkan sebagai suatu pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan tepat waktu dan sesuai seperti rencana yang sebelumnya telah ditetapkan.

Definisi Efisien

Sedangkan efisien bisa diartikan secara singkat dengan “hemat biaya, waktu dan tenaga serta memperoleh hasil yang maksimal tanpa harus mengeluarkan banyak”.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata efisien diartikan sebagai sesuai atau tepat untuk menghasilkan sesuatu tanpa membuang biaya, waktu dan tenaga, dapat menjalankan tugas secara cermat dan tepat, bertepat guna, berdaya guna.

Dengan kata lain pengertian efisien ialah segala hal yang diselesaikan dengan berdaya guna. Jadi, bekerja dengan efisien adalah bekerja dan menyelesaikan segala sesuatu dengan cepat, hemat, tepat dan selamat.

Perbedaan Efektif dan Efisien

Kata efektif dan efisien biasanya digunakan dalam satu pernyataan, dan disangka menjadi 2 padanan kata yang sama. Kata ini biasa digunakan untuk mengukur hasil kinerja dari suatu pekerjaan apakah kinerjanya efektif atau efisien. Tetapi, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan dari segi penggunaanya.

Pertama, efektif berarti mengerjakan tugas dan menyelesaikannya untuk mencapai target, sedangkan efisien berarti mengerjakan tugas dengan cara yang optimal, misal bisa dengan yang paling mudah, murah atau cepat. Kedua, efektif dan efisien sama-sama memperhatikan hasil.

Ketiga, Efektif tidak memperhatikan usaha sedangkan efisien memperhatikan. Keempat, efisien tidak memperhatikan proses sedangkan efisien memperhatikan. Kelima, efektif tidak memperhatikan waktu pengerjaan sedangkan efisien memperhatikan.

Contoh Nyata Efektif Dan Efisien

Setelah mengetahui pengertian efektif dan efisien, kita beralih ke contoh nyatanya. Ada banyak sekali contoh aktivitas yang efektif dan efisien dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya adalah aktivitas online shopping. Aktivitas ini bisa dikatakan efektif dan efisien karena pembeli tak perlu membuang waktu, tenaga dan bahkan biaya untuk datang ke mall atau toko untuk membeli barang karena dimanapun ia bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang juga bahkan lebih murah.

Begitu pula dengan penjual, karena ia tak perlu menyewa tempat untuk berjualan sehingga bisa menghemat biaya,waktu dan juga tenaga.

Latihan Bekerja Efektif Dan Efisien

Latihan bekerja efektif dan efisien tentu sangat penting, terutama dalam lingkungan pekerjaan. Nah ada beberapa latihan yang bisa diterapkan seperti Apprentice Training yaitu mengerjakan seluruh tugas dengan baik.

Kemudian juga bisa dilakukan dengan On Job Training atau latihan memangku sebuah jabatan untuk melatih pengembangan efektivitas dan efisiensi. Sekian pengertian efektif dan efisien dan contohnya, semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini