Pengertian Demokasi adalah: Ciri, Prinsip dan Jenis-Jenisnya

Definisi Umum Demokrasi

Pengertian demokrasi adalah sebuah sistem pemeritahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Demokrasi berasal dari dua kata yaitu demos yang artinya rakyat dan kratos yang artinya pemerintahan.

Jadi bisa diartikan kalau demokrasi adalah pemerintahan rakyat. Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi. Terutama setelah peristiwa 1998. Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas semua tentang demokrasi.

Pengertian Demokrasi Menurut Ahli

1. Abraham Lincon

Abraham lincon merupakan seorang presiden dari Negara Amerika Serikat. Dia memerintah Amerika Serikat sejak tanggal 4 Maret 1861.

Pria asal Amerika Serikat ini sangat terkenal didunia dengan pendapatnya mengenai pengertian demokrasi. Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincon adalah suatu sistem pemerintahan yang dibuat dari rakyat, oleh rakyat dan untuk digunakan oleh rakyat.

2. Charles Costello

Pengertian Demokarsi menurut tokoh ahli selanjutnya adalah dari Charles Costello. Charles Costello merupakan seorang tokoh ahli yang mengemukakan pengertian dari demokrasi.

Menurut Charles Costello. Demokrasi adalah suatu sistem politik pemerintahan dengan kekuasaan para pemimpin dibatasi oleh hukum dan keharusan melindungi warga negaranya.

3. Hans Kelsen

Hans Kelsen merupakan seorang pakar hukum murni yang terkenal. Pria yang satu ini lahir pada tanggal 19 April 1973 di Barkeley, California, Amerika. Dia adalah salah satu tokoh yang mengemukakan tentang arti demokrasi.

Menurut Hans Kelsen, Demokrasi merupakan sebuah pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Masih menurut Hans Kelsen, dalam menjalankan pemerintahan sebuah negara demokrasi, rakyat akan memilih wakil-wakil rakyat yang dipercaya menjalankan pemerintahan.

Ciri-Ciri Demokrasi

Berikut ini ciri-ciri sebuah demokrasi :

  1. Adanya jaminan kemerdekaan untuk semua warga negara, baik beroposisi atau berkumpul
  2. Memiliki jaminan HAM
  3. Rakyat mengontrol kekuasaan melalui wakil rakyat
  4. Semua warga negara memiliki kedudukan dan perlakukan yang sama dimata hukum
  5. Memiliki jaminan kekuasaan yang sudah disepakati

Prinsip Dalam Demokrasi

Selain pengertian demokrasi dan ciri-cirinya, demokrasi juga memiliki prinsip yang harus dipatahi:

  1. Semua warga negara memiliki tingkatan yang sama
  2. Dalam membuat keputusan politik melibatkan warga negara
  3. Memiliki sistem perwakilan
  4. Kemerdekaan diakui oleh seluruh warga negara
  5. Konstitusi membatasi kekuasaan pemerintah
  6. Memiliki sistem pemilihan
  7. Semua warga memiliki kedudukan yang sama dimata hukum
  8. Adanya jaminan hak asasi manusia
  9. Adanya kebebasan pers, berpendapat dan berkumpul

Jenis-Jenis Demokrasi

Jenis demokrasi sangat banyak. berdasarkan dengan beberapa hal. Berikut ini penjelasaannya:

  1. Demokrasi berdasarkan cara penyaluran pendapat rakyat ada demokrasi langsung dan demokrasi tak langsung. Demokrasi langsung berarti rakyat memberikan pendapat atau aspirasi secara langsung. Sedangkan demokrasi tak langsung melalui perwakilan.
  2. Demokrasi berdasarkan titik perhatian bisa dibagi menjadi demokrasi material, demokrasi formal dan demokrasi campuran.
  3. Demokrasi berdasarkan prinsip ideologi dibagi menjadi demokrasi rakyat dan demokrasi konstitusional
  4. Demokrasi berdasarkan hubungan antara kelengkapan negara dibagi menjadi demokrasi sistem parlementer dan sistem presidensial.

Kelebihan Sistem Demokrasi

Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang dianut oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan menyimpulkan pengertian demokrasi menurut para ahli, maka sistem demokrasi memiliki berbagai keunggulan.

Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain warga negara dapat menguasai kendali pemerintahan, kebebasan perorangan dibatasi oleh sebuah kepentingan bersama, rakyat dapat memilih wakil mereka secara langsung dan berbagai keunggulan lainnya. oleh karena hal tersebut, maka para pendiri bangsa Indonesia ini memutuskan untuk menggunakan sistem pemerintahan demokrasi tersebut.

Demokrasi berdasarkan ideologi dibagi menjadi demokrasi liberal, demokrasi rakyat dan demokrasi pancasila. Dari penjelasan diatas, kita jadi lebih paham tentang pengertian demokrasi, ciri, prinsip dan jenis dari demokrasi itu sendiri. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: