Definisi dan Jenis-Jenis Hotel

Keberadaan hotel sangat penting di kalangan masyarakat. Hotel bukan hanya sekedar tempat untuk beristirahat bagi orang orang yang sedang melakukan perjalanan jauh dari rumah dan tempat tinggalnya. Lebih lanjut lagi, hotel juga bisa dijadikan tempat untuk menyelenggarakan suatu kegiatan yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas.

Hotel akan selalu menjadi tempat yang tepat bagi perusahaan perusahaan ataupun perkantoran yang ingin menyelenggarakan konferensi atau acara acara tertentu. selain itu, hotel juga bisa menjadi tempat untuk anda yang ingin melangsungkan pernikahan dengan lebih menawan bak putri raja.

Berbicara tentang hotel, pada artikel pengertian kali ini kami akan mencoba membahas tentang pengertian hotel dan jenis jenis hotel yang dikenal oleh masyarakat. Tanpa perlu berbasa basi lagi, langsung saja simak uraian singkatnya dibawah ini.

Sebelum membahas tentang jenis jenis hotel yang dikenal masyarakat, ada baiknya anda mengetahui pengertian dari hotel terlebih dulu. Hotel merupakan sebuah bangunan yang didirikan oleh perusahaan tertentu atau entitas bisnis tertentu dimana bangunan tersebut dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas dan layanan dengan fokus utama menyediakan layanan jasa menginap.

Selain itu, dalam sebuah hotel biasanya juga disediakan layanan untuk makanan, minuman, laundry, gym, swimming pool, dan layanan lainnya khusus untuk tamunya yang datang untuk menginap. Keseluruhan fasilitas tersebut tentunya harus anda bayar dengan sejumlah harga tertentu yang telah ditetapkan.

JENIS JENIS HOTEL

Jenis hotel yang populer di masyarakat sangatlah banyak. Anda dapat membedakan jenis hotel berdasarkan suatu kriteria tertentu seperti berdasarkan lokasi, sistem tarif atau room rate, tipe tamu yang datang, lama tamu dalam menginap, dan berdasarkan desain atau konsep hotel yang bersangkutan. Jika dibedakan menurut lokasinya, sebuah hotel dapat dibedakan menjadi :

  1. Hotel kota yang lokasinya berada di perkotaan dan ditujuan untuk orang orang yang tinggal sementara dalam jangka waktu yang pendek. City hotel atau hotel kita biasanya disebut sebagai tempat transit atau hotel transit karena banyak dipakai oleh para pelaku di bidang bisnis.
  2. Residential hotel yang lokasinya ada di pinggiran kota dan jauh dari keramaian namun dekat dengan lokasi usaha.
  3. Resort hotel yang lokasinya ada di pegunungan, pinggir pantai, ataupun tempat tempat eksotis lainnya. Hotel ini memang sengaja menawarkan paket pariwisata dan relaksasi bagi setiap tamunya.
  4. Motor hotel atau motel lokasinya ada di pinggir jalan raya. Biasanya ada di perbatasan antar kota atau antar wilayah.
  5. Beach hotel berlokasi di dekat pantai.
  6. Mountain hotel berlokasi di dekat atau di daerah pegunungan.
  7. Bandara hotel berlokasi di dekat bandara.

Berdasarkan sistem tarif atau room rate yang ditetapkan, hotel dapat dibedakan menjadi :

  1. Full american plan dimana harga kamar dihitung dengan 3 kali makan.
  2. Modified american plan dimana harga kamar dihitung dengan 2 kali makan.
  3. European plan dimana harga kamar tidak termasuk fasilitas pemberian makanan.
  4. Continental plan dimana harga kamar sudah termasuk fasilitas sarapan.

Berdasarkan tipe tamu yang datang, hotel dapat dibedakan menjadi :

  1. Family hotel dimana tamu yang datang adalah keluarga.
  2. Business hotel dimana tamu yang datang adalah para pelaku usaha.
  3. Transit hotel dimana tamu yang datang hanya berniat untuk transit.
  4. Tourist hotel dimana tamu yang datang adalah para wisatawan.
  5. Cure hotel dimana tamu yang datang memang khusus sedang menjalani pengobatan.

Jika dibedakan atas lamanya tamu dalam menginap, hotel dapat dibedakan menjadi :

  1. Transient hotel, tamu hanya menginap antara 1 sampai 2 malam.
  2. Residential hotel, tamu menginap dalam jangka waktu yang cukup lama misalnya 1 minggu.
  3. Semi residential hotel, tamu yang menginap lebih dari 1 minggu atau beberapa hari.

Didasarkan atas desain dan konsepnya, hotel dapat dibedakan menjadi :

  1. Conventional hotel yang menjulang tinggi dan bertingkat tingkat.
  2. Bungalow hotel dengan lokasi yang menyebar antar satu kamar dengan kamar yang lainnya.
  3. Motor hotel dimana masing masing kamar diberi fasilitas garasi.

Adapun jika dibedakan berdasarkan tarifnya, sebuah hotel dapat dibedakan menjadi economy hotel untuk hotel bertarif murah, first class hotel untuk hotel bertarif sedang, dan deluxe hotel untuk hotel bertarif mahal. Terkahir, jika dibedakan berdasarkan jangka operasionalnya, hotel dapat dibedakan menjadi seasonal hotel yang buka dalam waktu waktu tertentu saja dan year round hotel dimana hotel ini akan selalu buka sepanjang hari selama beberapa tahun.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: