Hidup tentu tidak pernah bisa dilepaskan dari budaya dan adat istiadat. Adanya budaya menjadi bentuk identitas dan ciri khas dari masyarakat atau warga tersebut. Oleh karena itu, keberadaan budaya menjadi bagian penting pada suatu wilayah atau negara. Tidak heran jika setiap kelompok maupun golongan masyarakat memiliki budaya yang berbeda-beda

Pengertian Budaya Secara Umum

Pengertian Budaya sendiri dapat beraneka ragam. Namun pada intinya, pengertian budaya tersebut akan berakhir dengan inti yang sama yaitu cara hidup yang dimiliki oleh kelompok masyarakat tertentu. Apa Itu Budaya? Budaya menjadi identitas titas unik dan khas bagi suatu daerah.

Pengertian Budaya Secara Umum adalah cara hidup yang mengatur agar setiap manusia memahami dan mengerti apa yang harus dilakukan. Tidak hanya itu, budaya juga berguna untuk menunjang perilaku dan hubungan antar manusia.

Pengertian Budaya Menurut Etimologi

Selain pengertian budaya secara umum, alangkah baiknya jika anda juga mengetahui Pengertian Budaya Menurut Etimologi. Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “Bodhya” yang artinya akal budi. Persamaannya adalah kultur yang berasal dari bahasa Belanda.

Arti Budaya juga diambil dari Bahasa Inggris yaitu Culture. Kata Culture sendiri berasal dari bahasa latin Colere. Colere dengan akar kata Calo ini berarti mengerjakan tanah meliputi mengolah dan memelihara ladang serta hewan ternak.

Secara etimologi, budaya adalah hasil dari budi dan atau daya, karya, cipta, karsa, pikiran dan adat istiadat secara sadar maupun tidak sadar. Budaya juga dapat diterima sebagai suatu perilaku yang beradab. Pengertian lain dari budaya menurut etimologi yaitu hal yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan meliputi gagasan. Sehingga kebudayaan akan bersifat abstrak dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Budaya Menurut Ahli

Anda dapat mengetahui lebih detail mengenai Budaya yaitu dengan penjelasan atau pemaparan dari beberapa hal. Berikut ini beberapa Pengertian Budaya Menurut Ahli :

1. Ki Hajar Dewantara

Budaya Adalah buah dari budi manisa yaitu hasil dari dua pengaruh besar alam dan kodrat masyarakat. Adanya budaya juga menjadi bukti kejayaan kehidupan manusia untuk mengatasi segala kesulitan hidupnya agar mampu meraih keselamatan dan kebahagiaan. Budaya pada akhirnya menjadi sifat yang tertib dan damai.

2. Kentjaraningrat

Apa Yang Dimaksud Budaya? Budaya menurut kentjaraningrat adalah seluruh perilaku manusia dimana hasil yang diperoleh melalui proses belajar dan tersusun dalam kehidupan masyarakat.

3. Parsudi Suparlan

Menurut Parsudi, Definisi Budaya adalah seluruh pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk dapat memahami lingkungan dan pengalamannya. Selain itu, budaya juga digunakan sebagai wujud interprestasi dan landasan dalam bertingkah laku.

Unsur Kebudayaan

Berikut ini beberapa Unsur Kebudayaan:

1. Ilmu Pengetahuan

Unsur budaya yang pertama yaitu ilmu pengetahuan mengenai keadaan lingkungan manusia dan berbagai peralatan yang digunakan. Ilmu pengetahuan tersebut sangat luas, mencakup tumbuhan, binatang, ruang waktu, perilakuan, ruang pengetahuan tentang alam, sifat manusia, dan lain-lain.

2. Peralatan teknologi Hidup

Unsur dari budaya yang selanjutnya yaitu peralatan teknologi hidup. Seluruh teknik yang dilakukan tentu tergantung dari manusia itu sendiri. Semua sifat, tindakan dan manusia menjadi bekal dalam peralatan teknologi untuk berjuang hidup. Hal tersebut berhubungan mulai dari proses bahan baku mentah hingga pengumpulan untuk kebutuhan manusia.

3. Bahasa

Bahasa menjadi alat komunikasi utama antar manusia. Unsur kebudayaan yaitu bahasa merupakan suatu pengucapan indah untuk bidang kebudayaan. Bahasa menjadi media perantara paling utama untuk melanjutkan kebudayaan dan mempraktikan budaya tersebut.

4. Kemasyarakatan

Kemasyarakatan mencakup kesatuan hidup, perkumpulan, kenegaraan organisasi dan sebagainya. Ketika masyarakat berkumpul menjadi satu, mereka akan saling berempati.

5. Religi

Religi atau agama juga menjadi bagian unsur dari kebudayaan. Sistem keyakinan dan keagamaan yang saling padu akan sangat bermanfaat untuk manusia. Agama sangat erat kaitanya dengan hal-hal suci yang tidak dapat dilogika oleh akal pikiran manusia. Agama meliputi pandangan hidup, keyakinan, komunikasi agama, upacara keagamaan dan beberapa kegiatan lain yang berhubungan dengan agama.

6. Mata Pencaharian

Segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia selalu bertujuan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari. Mata pencaharian tersebut meliputi berburu, ekonomi, perkebunan, perdagangan dan masih banyak lagi.

7. Kesenian

Banyak hal yang berhubungan dengan nafsu, hasrat ataupun keinginan manusia terhadap keindahan. Kesenian menjadi salah satu bentuk dari keindahan tersebut. Bentuk kesenian dapat berupa seni suara, seni rupa, seni tari dan sebagainya.

Wujud Budaya

Budaya terdiri dari tiga Wujud Budaya yaitu gagasan, aktivitas, dan hasil budaya. Berikut ini penjelasan ketiga wujud budaya tersebut secara lebih detail.

1. Gagasan

Gagasan adalah pola atau cara pikir yang terbentuk dari ide dan gagasan yang bersifat abstrak. Gagasan atau ide pokok ini terletak dalam alam sadar atau pikiran manusia. Ekspektasi masyarakat pada hal yang mereka lihat, amati dan dijalani dalam kehidupan sehari-hari.

2. Aktivitas

Aktivitas dalam wujud budaya yaitu tindakan atau kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Hal tersebut dapat terbentuk dalam sistem sosial, sehingga antar manusia dapat saling berhubungan, berinteraksi dan bekerja sama. Kerjasama yang dilakukan yaitu melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan manusia yang lainnya.

3. Hasil Budaya

Hasil budaya yaitu hasil karya yang dibuat oleh aktivitas manusia dalam bentuk fisik maupun benda. Hasil budaya didapatkan karena adanya gagasan yang diterapkan dalam aktivitas manusia yang dapat dilihat, diamati dan didokumentasi.

Fungsi Budaya

Hadirnya sebuah budaya tentu memiliki fungsi dan manfaatnya. Fungsi Budaya yang paling utama yaitu Anda dapat mempelajari warisan yang berasal dari nenek moyang. Budaya dengan unsurnya memiliki ikatan dengan waktu.

Budaya juga dapat menjadi faktor pendorong perubahan untuk menjadi lebih baik. Adanya budaya akan menimbulkan rasa toleransi dan empati kepada sesama manusia atau antar masyarakat. Budaya juga akan membantu meningkatkan rasa nasionalisme.

Masyarakat akan menjadi lebih saling toleransi dan menjadikan budaya sebagai sarana untuk menjalin sosialisasi. Budaya juga menjadi wadah untuk media belajar mengenai warisan yang berasal dari nenek moyang.

Budaya Indonesia yang Mendunia

Sebagai warga Indonesia tentu kita wajib bangga dengan apa yang telah dimiliki oleh negara. Beberapa Budaya Indonesia kini telah mendunia, sehingga mengharumkan nama bangsa. Sudah selayaknya kita mewarisi budaya dengan cara mempelajarinya. Berikut ini beberapa budaya Indonesia yang menarik untuk Anda pelajari.

1. Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat. Angklung bernada ganda yang memainkannya dengan cara digoyangkan. Alat musik ini telah mendapatkan pengakuan resmi sebagai bagian dari World Heitage oleh UNESCO pada 19 Januari 2011. Angklung menjadi bagian alat musik yang sangat digemari di dalam dan luar negeri. Misalnya korea, malaysia, dan jepang yang telah mengenalkan angklung pada anak-anak usia sekolah/

2. Wayang

Wayang adalah seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang. Wayang juga diiringi dengan musik gamelan dan suara merdu dari seorang sinden. Wayang juga telah diakui oleh UNESCO pada tahun 2003 sebagai warisan budaya dari bangsa Indonesia. Kini keberadaan wayang cukup luas hingga dikenal oleh masyarakat luar negeri.

3. Keris

Keris merupakan senjata tradisional yang diyakini mengandung supranatural atau kekuatan magis. Para anggota kerajaan biasanya memiliki keris sebagai senjata pusaka yang dituakan. Gagang alat tradisional ini terbuat dari tulang belulang, kayu maupun tanduk binatang. Keris memperoleh Masterpiece of the Oral dan Intangible Heritage of Humanity dari UNESCO pada 25 November 2005.

Cara Melestarikan Budaya

Salah satu Cara Melestarikan Budaya yaitu memasukan kebudayaan lokal ke dalam mata pelajaran di Sekolah. Hal tersebut untuk mengenalkan putra bangsa dengan budayanya. Anda juga dapat mengenalkan budaya kepada generasi dengan inovasi baru. Misalnya memperkenalkan budaya dengan nuansa yang dinamis.

Kegiatan festival kebudayaan secara konsisten juga membuat masyarakat lebih tahu menahu mengenai kebudayaan. Cara selanjutnya yaitu merangkai kebudayaan dalam bentuk film dokumenter. Menanamkan rasa memilik, menghargai dan bangka terhadp suatu budaya akan membuat masyarakat akan melestarikan dan menjaganya sendiri.

Pengertian budaya menjadi pengetahuan yang sebaiknya Anda ketahui dan pelajari. Budaya yang merupakan warisan dari nenek moyang tentu harus dilestarikan. Budaya Indonesia yang sangat beraneka ragam dengan segala keunikannya perlu bersama-sama dilestarikan. Budaya menjadi salah satu bagian kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia.

Cari Artikel di Sini