Definisi Umum Birama

Pengertian birama adalah sebuah tanda yang menunjukkan jumlah ketukan dalam satu ruas birama. Satu ruas birama biasanya ditunjukkan oleh batas-batas garis vertikal yang dikenal dengan sebutan garis birama. Hal ini dapat terlihat jelas dalam jenis musik diatonis. Meskipun begitu, dalam musik pentatonis, penggunaan garis birama jarang ditemui.

Dalam tangga nada diatonis, petak-petak yang dibatasi oleh sebuah garis birama disebut sebagai ruas birama. Tiap birama dalam musik tentunya mempunyai tekanan suara yang teratur yang biasa disebut sebagai aksen atau arsis. Arsis merupakan birama yang ringan sedangkan aksen adalah birama yang kuat.

Jenis-Jenis Birama

Birama terdiri dari beraneka macam jenis, diantaranya adalah :

1. Birama 2/4

Birama 2/4 maksudnya adalah tiap birama terdiri atas dua ketukan birama. Contoh lagu nusantara yang menggunakan birama 2/4 adalah hari merdeka, cik-cik periok dari Kalimantan Barat, Ampar-ampar pisang dari Kalimantan Selatan, dan Manuk Dadali dari Jawa Barat.

2. Birama 3/4

Birama 3/4 maksudnya adalah tiap birama terdiri atas tiga ketukan. Contoh lagu nusantara yang mengugnakan birama 3/4 adalah Burung Tantina dari Maluku, Burung Kakatua dari Maluku, Tumpi Wahyu dari Kalimantang Tengah, dan Lisoi dari Tapanuli.

3. Birama 4/4

Birama 4/4 maksudnya adalah tiap birama terdiri atas empat ketukan. Contoh lagu nusantara yang menggunakan birama 4/4 adalah Bungong Jeumpa dari Aceh, Butet dari Tapanuli, Injit Injit Semut dari Sumatera Timur, Ayam den Lapeh dari Sumatera Barat, dan Jali-Jali dari Jakarta.

4. Birama 6/8

Birama 6/8 maksudnya adalah tiap birama terdiri atas enam ketukan. Contoh lagu nusantara yang menggunakan birama 6/8 adalah Naik-naik ke puncak gunung dari Maluku.

Fungsi Birama

Birama mempunyai fungsi sebagai berikut :

1. Fungsi musikal

Digunakan untuk membangun irama dimana satuan unit-unit birama yang berulama iramanya terdiri dari warna bunyi yang berat (rendah) dan juga ringan (tinggi).

2. Fungsi simbol

Digunakan untuk simbol musikal dimana birama memberikan pengertian mengenai hitungan dasar irama dalam sebuah musik. Birama biasanya disimbolkan dalam sebuah pecahan seperti 2/2, 2/4, 3/4, 4/4, dan 6/8.

Unsur-Unsur Birama

Dalam sebuah birama terdapat beberapa unsur yang menyusun, yaitu :

  1. Unsur waktu yang ditandai dengan nilai hitungan.
  2. Unsur jalinan bunyi bertekanan berat dan ringan, serta
  3. Unsur ruang kosong tanpa bunyi namun tetap dihitung dalam waktu hitungan (ketukan).

Cari Artikel di Sini