Pengertian Bioma, Ciri-Ciri dan Jenisnya

Pengertian bioma adalah ekosistem besar dengan daerah huni yang luas yang terdiri dari flora dan fauna yang khas. Bioma merupakan gabungan ekosistem-ekosistem yang terbentuk karena adanya perbedaan letak geografis dan astronomis. Pada dasarnya, suatu bioma terdiri dari produsen, konsumen, dan bakteri pengurai atau dekomposer yang didalamnya berlangsung siklus yang diawali oleh tumbuhan.

CIRI-CIRI BIOMA

Ciri utama bioma adalah didominasi oleh vegetasi tertentu dalam suatu wilayah yang dipengaruhi oleh kondisi iklim regionalnya. Perbedaan antar bioma akan nampak jelas dari jenis vegetasi yang tumbuh didalamnya. Bioma terbagi menjadi beberapa jenis yang ditentukan dari iklmu, curah hujan, letak geografis, dan juga intensitas cahaya matahari.

Selain itu, ciri-ciri bioma yang lainnya adalah :

  1. Terbentuknya interaksi unsur-unsur dari lingkungan baik itu air, iklim, tanah, dan juga organisme yang hidup dalam suatu daerah.
  2. Merupakan sebuah komunitas klimkas (kumpulan berbagai macam populasi) yang menandakan daerah tersebut terdapat bentuk vegetasi utama yang mendominasi wilayah.
  3. Komunitas yang stabil kecuali ada suatu kejadian yang mengganggu kestabilan komunitas.
  4. Dapat dikenali dengan melihat dominasi vegetasinya.
  5. Penamaan bioma pada umumnya didasarkan pada dominasi dari vegetasinya.

MACAM-MACAM BIOMA

Bioma terbagi menjadi tujuh jenis, yaitu :

  1. Bioma Padang Rumput (Stepa), dengan ciri curah hujan sangat rendah, kelembapan udara rendah, proses penguapan atau evaporasi tinggi dan cepat, tingkat deflasi tinggi, tanah pasir tandus dan tidak mengandung air, serta suhu udara di siang hari mencapai 45 derajat celcius dan dimalam hari mencapai 0 derajat celcius.
  2. Bioma Tundra, merupakan bioma yang ada di sekitar kutub, tidak ditemukan pepohonan karena hanya berupa tumbuhan kecil sejenis rumput dan lumut. Lokasinya berada di sekitar lingkar artik, greenland di Kutub Utara.
  3. Bioma Taiga, merupakan hutan yang tersusun dari satu spesies saja misalnya pinus, konifer, dan lain sebagainya. Semak dan tumbuhan basah sangat jarang. Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, seperti Rusia dan Kanada. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari jenis bioma lain di muka bumi.
  4. Bioma Gurun, suatu daerah yang menerima curah hujan kurang dari 250 mm/tahun. Gurun mempunyai kemampuan minimum untuk menyokong kehidupan. Kurang lebih, sepertiga dari wilayah bumi terdiri dari gurun, contohnya Gurun Gobi di Asia dan Gurun Sahara di Afrika.
  5. Bioma Hutan Hujan Tropis, berupa hutan basah dan lembap yang banyak ditemui di wilayah khatulistiwa. Hutan hujan tropis dapat diartikan sebagai hutan yang terletak di daerah tropis yang mendapat curah hujan tinggi.
  6. Bioma Hutan Gugur, merupakan bioma yang terletak di wilayah beriklim sedang. Terdiri dari 4 musim denagn jumlah tumbuhan yang relatif sedikit.
  7. Bioma Sabana, merupakan padang rumput yang diselingi sekelompok semak dan pohon. Sabana dibagi menjadi dua jenis, yaitu sabana murni (satu jenis tumbuhan) dan sabana campuran (terdiri dari beberapa jenis tumbuhan).

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: