Definisi Umum Besaran

Pengertian besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, dihitung, dan dinyatakan dalam sebuah bentuk nilai dengan satuan tertentu. Selain itu, besaran juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka (diukur secara kuantitatif). Dalam ilmu fisika, besaran dikenal dalam dua macam, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Jenis-Jenis Besaran

Sebagaimana telah disebutkan dalam paragraf sebelumnya, besaran dalam ilmu fisika menurut satuannnya terbagi menjadi dua macam, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran pokok adalah suatu besaran dimana satuannya telah ditetapkan terlebih dulu. Satuan yang digunakan dalam besaran pokok ini dijadikan dasar dan juga acuan bagi satuan besaran-besaran lainnya (besaran turunan). Contoh besaran pokok diantaranya adalah panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya, dan jumlah molekul.

Sedangkan besaran turunan merupakan macam besaran yang diturunkan dari satu maupun lebih besaran pokok. Satuan dari besaran turunan ditentukan dari penurunan satuan yang dipunyai oleh besaran pokok penyusunnya.

Contoh besaran turunan diantaranya adalah luas, volume, kecepatan, percepatan, gaya, massa jenis, tekanan, usaha, dan juga daya.

Fungsi Besaran

Besaran ada dalam sebuah disiplin ilmu bukan tanpa maksud. Jika dikaji lebih mendalam, besaran dalam sebuah disiplin ilmu tentunya memiliki kegunaan dan juga fungsi yang dominan dalam aspek-aspek tertentu. Fungsi besaran adalah untuk membandingkan sesuatu dengan sesuatu lainnya, dijadikan acuan dalam suatu pengukuran. Sedangkan besaran turunan ada untuk melengkapi besaran pokok yang terdiri dari beberapa macam bentuk.

Manfaat Besaran

1. Dalam bidang ekonomi

Besaran menjadi penting dan menjadi hal utama yang diperhatikan dalam menentukan harga.

2. Dalam bidang biologi

Besaran berperan sebagai pengukur makhluk hidup yang berkaitan dengan suatu penelitian. Misalnya, mengukur panjang suatu makhluk hidup bersel tunggal menggunakan mikroskop. Pengukuran atau besaran juga digunakan dalam pengumpulan data, analisis data, penafsiran, serta menemukan kesimpulan.

3. Dalam bidang psikologi

Besaran dapat digunakan untuk mengukur jiwa seseorang. Meskipun pengukuran fisika hanya sekedar mengukur berat badan, tinggi badan, suhu tubuh, namun hal tersebut dapat dihubungkan dengan keadaan jiwa seseorang. Maka dari itu dalam psikologi tidak ada pendekatan tunggal dalam pengukuran karena semuanya bersifat relatif.

Cari Artikel di Sini