Pengertian argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam sebuah penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk memberikan keyakinan atau membujuk pembacanya. Dalam penulisan argumentasi isi dapat berupa sebuah penjelasan, pembuktian, alasan, maupun sebuah ulasan obyektif yang disertai contoh, analogi, dan juga sebab akibat. Paragraf argumentasi disusun agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, dan pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.

STRUKTUR PARAGRAF ARGUMENTASI

Dilihat dari struktur informasinya, paragraf argumentasi berisikan 3 struktur yang harus ada, yaitu :

  1. Pendahuluan, bertujuan untuk menarik perhatian para pembaca, memusatkan perhatian pembaca pada sebuah argumen yang akan disampaikan, atau menunjukkan dasar-dasar mengapa sebuah argumentasi dikemukakan oleh penulis.
  2. Tubuh argumen, bertujuan membuktikan kebenaran yang akan disampaikan dalam paragraf sehingga kesimpulan yang dicapai adalah benar.
  3. Kesimpulan atau ringkasan, bertujuan untuk membuktikan pada para pembaca bahwa kebenaran yang ingin disampaikan melalui proses penalaran memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.

CIRI-CIRI PARAGRAF ARGUMENTASI

Suatu paragraf argumentasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Berisikan pendapat, pandangan, ataupun keyainan penulis akan suatu permasalahan.
  • Mempunyai data-data faktual yang dipakai untuk meyakinkan pembacanya.
  • Menjabarkan permasalahan dengan menganalisa dan menganalogikan.
  • Diakhiri dengan kesimpulan berupa sebuah pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali dari topik utama yang diangkat.

JENIS-JENIS PARAGRAF ARGUMENTASI

Berdasarkan cara pengembangan topik utamanya, paragraf argumentasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu paragraf argumentasi sebab akibat dan paragraf argumentasi akibat sebab.

Paragraf argumentasi sebab akibat.

Paragraf ini senantiasa diawali dengan adanya pendapat-pendapat yang berupa sebab akibat adanya suatu permasalahan tertentu yang berakhir pada diarahkannya suatu kesimpulan umum atau disebut juga sebagai akibat dari sebab-sebab yang telah dikemukakan.

Paragraf argumentasi akibat sebab.

Paragraf ini diawali dengan adanya pendapat-pendapat yang berupa akibat dari sebuah permasalahan tertentu dan nantinya pada akhir paragraf akan diberikan kesimpulan mengenai apa yang menjadi penyebab dari akibat-akibat yang telah dikemukakan sebelumnya tersebut.

Cari Artikel di Sini