Definisi Etimologi Aqidah

Secara etimologi, pengertian aqidah itu berasal dari bahasa Arab yaitu ‘aqada – ya’qidu – ‘aqidatan yang berarti ikatan, simpul, perjanjian, kokoh. ‘aqidah kemudian diartikan sebagai keyakinan di mana keyakinan tersebut tersimpul kokoh dalam hati, sifatnya mengikat dan juga mengandung perjanjian.

Definisi Terminologi Aqidah

Dan secara terminologi, definisi aqidah menurut Hasan al-Banna’ adalah ‘aqaaid (jamak dari aqidah) merupakan beberapa perkara yang kebenarannya wajib diyakini oleh hati dan tidak ada keraguan sedikitpun sehingga mendatangkan ketentraman dalam jiwa.

Definisi Umum Aqidah

Jadi kesimpulannya aqidah adalah kepercayaan pasti yang tanpa keragu-raguan dan mampu mendatangkan ketentraman dalam jiwa. Dalam hal ini adalah kepercayaan dan keyakinan kepada Allah beserta semua hal yang tercakup dalam rukun iman.

Ruang Lingkup Aqidah

Dalam pengertian aqidah, ada sebuah sistematika mengenai ruang lingkup aqidah yang dibuat oleh Hassan al-Banna. Ruang lingkup tersebut antara lain Ilahiyat, Nubuwat, Rukhaniyat dan Sam’iyat. Ilahiyat sendiri merupakan pembahasan mengenai segala hal tentang ilaah/Tuhan (Allah) seperti misalnya wujud Allah, sifat-sifat dan nama-nama Allah dan lain sebagainya.

Kemudian Nubuwat membahas tentang Nabi dan Rasul, termasuk di dalamnya mukjizat, kitab-kitab Allah dan lainnya. Sementara Rukhaniyat membahas tentang alam metafisik seperti jin, iblis dan lainnya, sedangkan Sam’iyat membahas tentang hal-hal yang hanya dapat diketahui melalui sam’i yaitu dalil naqli yang berupa al Quran dan al Hadits seperti tanda-tanda kiamat, surga, neraka dan lain sebagainya.

Tujuan Mempelajari Aqidah Islam

Seperti yang telah dijelaskan bahwa pengertian aqidah islam adalah keyakinan terhadap Allah dan yakin tentang rukun iman. Hal ini Sangat penting untuk diketahui dan dipelajari dengan tujuan untuk mendapatkan petunjuk hidup yang benar serta bisa membedakan antara yang benar dan salah. Kemudian hal ini juga bertujuan untuk dapat menghindarkan diri dari segala pengaruh sesat.

Selain itu, tujuan lain mempelajari aqidah islam adalah untuk bisa meningkatkan ibadah pada Allah, membersihkan akal, mengikuti tujuan dan perbuatan para rasul, beramal baik semata karena Allah SWT, dapat ikhlas dan berharap akan kebahagiaan dunia dan juga akhirat. Sekian pengertian aqidah dalam Islam. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini