Salah satu pembahasan utama yang ada di blog rocket manajemen ini adalah mengenai akuntansi. Ya, selain membahas tentang manajemen dan bisnis kami juga banyak membahas tentang bidang ini.

Mengapa kami membahas topik tentang akuntansi? Karena akuntansi itu sangat penting dalam sebuah bisnis dan usaha. Karena itulah, kami kira keterkaitan antara akuntansi dengan manajemen dan bisnis itu sangat erat sekali.

Definisi Umum Akuntansi

Apa itu Akuntansi? Sebelum membahas lebih lanjut kita harus mengetahui dulu tentang konsep akuntansi. Pengertian Akuntansi adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang seni dan teknik untuk mengukur, menjabarkan serta memberikan sebuah kepastian dari beberapa informasi akuntansi yang berguna untuk menjadi landasan utama bagi para pengguna akuntansi seperti manajer, akuntan, auditor untuk menghasilkan sebuah kepastian.

Definisi Akuntansi Kamus Bisnis

Gambar definisi akuntansi menurut business directory

Dari definisi diatas sudah terlihat bukan? Bahwa akuntansi itu sama seperti manajemen (baca : pengertian manajemen) yaitu ada kata “seni” disana. Mengapa saya sebut itu sebuah seni? Karena menurut saya pribadi, dalam manajemen dan akuntansi itu kita harus merapikan informasi-informasi yang berceceran sehingga menjadi lebih teratur.

Nah membuat yang tidak teratur menjadi teratur itulah yang saya sebut seni. Mengapa hal ini menjadi sangat penting? Karena, tanpa adanya sebuah data dan informasi yang rapih dan teratur maka pihak-pihak yang berkepentingan akan sangat sulit membuat sebuah keputusan.

Misalkan seperti ini, seorang manajer keuangan tentu tidak akan bisa membuat sebuah kebijakan ataupun keputusan yang tepat tentang arah keuangan perusahaan apabila dia tidak memiliki data yang jelas tentang kesehatan keuangan perusahaan. Nah, disinilah pentingnya akuntansi.

Dengan adanya ilmu akuntansi maka perusahaan dalam hal ini divisi keuangan mampu membuat laporan keuangan yang detail serta bisa diandalkan. Hal ini penting dilakukan karena laporan keuangan tersebut diolah dan dianlisis dengan standard akuntansi yang ada, dan hasil dari data tersebut menjadi pertimbangan penting untuk pengambilan keputusan.

Karena, masalah keuangan adalah pertimbangan yang sangat penting bagi perusahaan untuk mengambil sebuah kebijakan. Untuk itulah ada banyak sekali bidang-bidang akuntansi, seperti:

  1. Akuntansi biaya
  2. Akuntansi pajak
  3. Akuntansi keuangan
  4. Akuntansi manajemen
  5. Akuntansi audit / pemeriksaan
  6. Sistem akuntansi, dll

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Ahli

15 pengertian akuntansi menurut pakarnya (dadassociatesinc.com)

Itu tadi adalah arti akuntansi secara umum, lalu bagaimana definisi akuntansi menurut para ahli? Ahli disini adalah para akuntan atau para akademisi yang menekuni ilmu akuntansi. Definisi dibawah tidak 100% seperti yang disampaikan ahli, tetapi sudah dilakukan perubahan tanpa mengubah artinya.

Berikut ini adalah 15 pengertian akuntansi menurut ahli:

1. Henry Simamora

Pengertian akuntansi menurut henry simamora (2005) ialah sebuah proses untuk mengukur suatu entitas dalam ekonomi dengan satuan uang kemudian menyerahkan hasilnya kepada pihak yang membutuhkan informasi tersebut.

2. Mulyadi

Menurut mulyadi, pengertian akuntansi ialah sebuah alat yang berfungsi untuk mencatat dan membuat laporan keuangan dengan tujuan mempermudah manajemen untuk mengelola perusahaan.

3. Financial Accounting Standars Board (FASB)

Menurut FASB, definisi akuntansi ialah bentuk dari aktivitas di bidang jasa dengan tujuan untuk menyediakan informasi yang bersifat kuantitatif (data terukur) sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan / kebijakan di sektor ekonomi.

4. Accounting Principles Board (ACP)

Pengertian akuntansi menurut ACP ialah aktivitas yang bertujuan untuk menyediakan informasi keuangan yang bersifat kuantitatif sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan di bidang ekonomi.

5. Rudianto

Pengertian akuntansi menurut rudianto ialah sebuah sistem informasi dengan output sebuah financial report atau laporan keuangan yang diberikan kepada pihak-pihak yang membutuhkannya dalam suatu kegiatan ekonomi atau pada sebuah divisi pada perusahaan tertentu.

6. American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

Pengertian akuntansi menurut AICPA ialah sebuah seni untuk mencatat, mengelompokkan, dan mengintisarikan dengan metode tertentu dalam skala moneter (keuangan), peristiwa dan transaksi yang bersifat keuangan, kemudian disusun dalam bentuk laporan keuangan.

7. Arnold

Pengertian akuntansi menurut Arnold ialah sebuah sistem yang menyediakan informasi di bidang keuangan untuk pihak-pihak yang membutuhkan informasi tersebut untuk bahan pertimbangan pembuat keputusan dan mengendalikannya.

8. Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Pengertian akuntansi menurut Fredrerich dan Gerharad ialah proses untuk mengidentifikasi, mengukur, dan mengkomunikasikan informasi ekonomi kepada pihak yang membutuhkannya untuk bahan perimbangan pengambilan kebijakan.

9. ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen

Pengertian akuntansi menurut ABP Statement ialah aktivitas yang berbentuk jasa untuk memberikan informasi yang bersifat kuantitatif untuk sebagai bahan pertimbangan penentu kebijakan ekonomi dalam memberikan solusi pilihan yang logis diantara pilihan solusi alternatif lainnya.

10. Littleton

Pengertian akuntansi menurut littleton ialah proses menghitung membandingkan tiap biaya yang terjadi pada sebuah perusahaan sebagai sebuah hasil pencapaian yang dilakukan atau prestasi dari perusahaan tersebut.

11. Wibowo

Pengertian akuntansi menurut wibowo ialah prosedur aktivitas untuk mengakui, mencatat dan merespondensi masalah keuangan dari suatu organisasi / perusahaan. Atau sebuah sistem informasi untuk mencatat arus keuangan dan disampaikan dalam bentuk laporan keuangan.

12. Kohler’s Dictionary

Pengertian akuntansi menurut kohler’s ialah seni mencatat dari suatu proses transaksi keuangan.

13. Asosiasi Akuntan Amerika

Pengertian akuntansi menurut American Accounting Association adalah suatu proses untuk mengidentifikasi, mencatat, mengukur serta melaporkan transaksi keuangan dalam suatu organisasi untuk dijadikan sebuah informasi utama dalam pengambilan keputusan yang bersifat ekonomi oleh pihak yang berwenang.

14. Soemarsono S.R

Pengertian akuntansi menurut Soemarsono S.R ialah proses identifikasi, mengukur dan menyampaikan informasi ekonomi untuk menilai dan memberi keputusan yang tegas dan jelas bagi yang membutuhkan dan menggunakan informasi ekonomi tersebut.

15. Zaki Baridwan

Pengertian akuntansi menurut Zaki Baridwan ialah kegiatan yang bersifat jasa dan berfungsi untuk memberikan data terukur yang bersifat keuangan dari setiap kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk sebagai dasar pembuatan keputusan ekonomi sebagai alterantif solusi pada suatu keadaan.

Pengertian Akuntansi dari Sudut Pandang Pemakai

Akuntansi adalah sebuah disiplin ilmu yang digunakan untuk menyajikan sebuah informasi yang berkaitan dengan kegiatan/aktivitas ekonomi secara tepat dan efisien. Informasi-informasi yang dihasilkan pada umumnya adalah sebagai berikut :

  1. Pembuatan sebuah pengawasan, perencanaan yang efektif dalam pengambilan sebuah kebijakan ekonomi oleh pihak manajemen.
  2. Pertanggung-jawaban bagian manajemen kepada pihak-pihak terkait seperti pemilik/founder perusahaan, investor, kreditor, ataupun pemerintahan (pihak pajak) dan pihak-pihak yang membutuhkan.

Dari pengertian akuntansi keuangan diatas kita bisa menarik kesimpulan sebagai berikut :

  1. Akuntansi keuangan diterapkan didalam sebuah entitas (perusahaan/organisasi).
  2. Informasi yang dihasilkan berupa informasi (keuangan/manajemen/hal-hal yang berkaitan) tentang entitas perusahaan/organisasi tersebut.
  3. Informasi akuntansi digunakan dalam pengambilan kebijakan entitas baik internal (manajemen/direksi) maupun eksternal (investor, kreditor, dll).

Pengertian Akuntansi Menurut Sudut Proses Kegiatan

Akuntansi adalah proses pencatatan, pembukuan, penggolongan serta pelaporan yang dianalisis data/informasinya (keuangan) dalam suatu entitas baik perusahaan ataupun organisasi.

Dari definis tersebut kita bisa lihat bahwa akuntansi memiliki tugas yang ribet/kompleks karena meliputi segalam macam aktivitas. Pada dasarnya tugas akuntansi adalah :

  1. Pengidetinfikasian informasi dalam bentuk data yang memiliki fungsi/berperan dalam pengambil keputusan.
  2. Memproses serta menganalisa data yang relevan.
  3. Mengolah data menjadi informasi yang handal.

Fungsi Akuntansi

Fungsi Akuntansi

2 Klasifikasi fungsi akuntansi (iEduNote.com)

Dari penjelasan diatas maka kita bisa mengetahui bahwa akuntansi memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan perusahaan. Untuk lebih detailnya berikut ini adalah fungsi-fungsi akuntansi dalam bisnis:

1. Menjaga Sumber Daya Perusahaan

Fungsi akuntansi pertama adalah menjaga sumber daya yang telah dimiliki perusahaan, dalam hal ini bisa berupa aset dan properti perusahaan. Dengan akuntansi maka kita bisa mengetahui jumlah nilai penyusutan aset dengan memakai metode yang tepat.

Dengan mengetahui nilai penyusutan ini maka perusahaan mampu membuat sebuah perencanaan yang matang dalam melindungi nilai aset yang telah dimiliki.

2. Pencatatan Laporan (recording report)

Fungsi kedua akuntansi ialah merekam dan mencatatat setiap transaksi yang terjadi di perusahaan dengan sistematis serta sesuai kronologisnya. Dengan pencatatan yang detail maka akan dibuatlah sebuah laporan buku besar untuk mengetahui apakah perusahaan mengalami profit atau loss pada suatu periode akuntansi tertentu.

3. Membuat Analisis

Fungsi ketiga akuntansi ialah membuat analisis dan menafsirkannya dalam bentuk data keuangan perusahaan. Data yang sudah dilakukan analisis kemudian disampaikan dan didetailkan dengan cara yang lebih mudah untuk dimengerti oleh tim manajerial sehingga tim tersebut mampu mengetahui kondisi kesehatan keuangan perusahaannya.

Hal ini menjadi dasar tim manajerial dalam membuat keputusan atau strategi untuk perusahaan di kemudian hari.

4. Membuat Klasifikasi (Pengelompokkan / Mengklasifikasikan)

Selanjutnya fungsi akuntansi yang keempat adalah membuat klasifikasi atau pengelompokan yang berkaitan dengan analisis keuangan yang tercatat dengan sistematis. Dengan pengelompokkan ini maka diharapkan akan lebih mudah dalam memahami informasi yang disampaikan. Pengelompokkan ini biasa disebut dengan ledger.

5. Meeting Legal

Fungsi akuntansi yang selanjutnya adalah berhubungan dengan pengembangan dan perancangan sebuah sistem. Conothnya sebuah sistem yang digunakan untuk memastikan laporan dan catatan keuangan tertentu yang memenuhi syarat hukum. Hal ini sebagai acuan untuk melakukan pembayaran pajak, dll.

Aktivitas  Akuntansi

Aktivitas Akuntansi

Illustrasi 3 aktivitas dalam akuntansi (slideplayer.com/slide/6093883)

Pengertian aktivitas akuntansi adalah kegiatan atau aktivitas yang biasa dilakukan dalam proses akuntansi. Ada 3 aktivitas yang ada dalam akuntansi, yaitu :

1. Identification

Aktivitas Identifikasi (Identification), aktivitas untuk mengidentifikasikan transaksi-transaksi ataupun arus keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Identifikasi ini penting untuk bisa menghasilkan data yang komprehensif. Dalam aktivitas ini diidentifikasi arus keuangan dalam suatu perusahaan, baik uang masuk maupun keluar.

Jika proses identifikasi tidak dilakukan dengan baik dan teliti, maka akan terjadi ketidaksingkronan data yang ada pada catatan keuangan dengan keadaan di saldo rekening perusahaan, bisa di saldo lebih sedikit dari yang ada dicatatan. Hal ini tentu akan berdampak serius bagi keberlangsungan perusahaan.

2. Recording

Pengertian aktivitas recording atau pencatatan adalah aktivitas untuk mencatatat setiap kegiatan dalam proses identifikasi sebelumnya. Jadi, dalam proses identifikasi tentu ada bukti-bukti transaksi yang ada, bisa berupa struk, kwitansi, maupun surat-surat berharga lain.

Semua data transaksi tersebut harus dicatat dengan baik, sistematis dan detail. Hal ini mutlak dilakukan supaya mudah dalam mengelolanya. Jika tidak dicatat dengan rapi tentunya akan menyulitkan bagi pengguna informasi akuntansi tersebut untuk menggunakan data. Biasanya pencatatan ini dibuat dalam bentuk sebuah laporan keuangan.

3. Communication

Pengertian aktivitas komunikasi (Communication) adalah kegiatan untuk mengkomunikasikan hasil catatan tadi kepada pihak-pihak yang membutuhkan laporan informasi komunikasi, baik dari pihak internal ataupun eksternal perusahaan.

Dengan data yang diberikan tersebut, maka pihak-pihak yang berwenang mampu memberikan keputusan atau kebijakan yang berkaitan dengan ekonomi sebaik dan seefektif mungkin.

Manfaat dan Peran Akuntansi di Bisnis

Manfaat akuntansi dalam bisnis banyak sekali, tidak hanya melakukan teknik pembukuan pencatatan transaksi keuangan saja. Peran akuntansi dalam bisnis berdampak cukup signifikan untuk kelangsungan perkembangan usaha tersebut.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat akuntansi dalam bisnis :

  1. Alat ukur untuk evaluasi perusahaan,
  2. Menyajikan laporan keuangan sebagai dasar pembuatan keputusan,
  3. Memberikan informasi kepada pihak eksternal,
  4. Alat kontrol keuangan perusahaan,
  5. Dasar alokasi sumber daya

Tujuan Akuntansi dalam Perusahaan

Tujuan Akuntansi Perusahaan

3 Tujuan akuntansi dalam perusahaan (gulfcoast.edu)

Setelah mengetahui definisi dan manfaat yang akan diperoleh perusahaan jika menerapkan ilmu akuntansi, maka selanjutnya adalah apa tujuan akuntansi itu?

Secara sederhana tujuan akuntansi adalah untuk mengumpulkan serta menggabungkan transaksi-transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan dan membuat laporannya untuk dijadikan sebagai dasar pembuatan kebijakan yang menyangkut ekonomi atau keuangan perusahaan. Secara detail ada 3 kategori tujuan akuntansi yaitu :

  1. Tujuan Dasar Akuntansi
  2. Tujuan Spesifik Akuntansi
  3. Tujuan Umum Akuntansi

Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan 3 tujuan akuntansi dalam bisnis:

1. Tujuan Dasar Akuntansi

Pada dasarnya akuntansi memiliki tujuan dasar atau basic yaitu sebagai berikut:

  1. Memberikan laporan detail mengenai informasi keuangan perusahaan,
  2. Memberikan laporan detail mengenai perubahan sumber daya pada perusahaan (aset, hutang, modal, karyawan, dll),
  3. Memberikan informasi mengenai perkembangan sumber keuangan perusahaan,
  4. Melaporkan informasi lainnya yang berhubungan dengan laporan keungan supaya bisa digunakan untuk membantu pengguna dari informasi tersebut,
  5. Menyusun keuangan masuk dan keluar, termasuk di dalamnya gaji karyawan

2. Tujuan Spesifik Akuntansi

Tujuan akuntansi secara spesifik ialah memberikan informasi dalam bentuk laporan keuangan yang berisikan mengenai posisi keuangan perusahaan, hasil penjualan maupun perubahan posisi keuangan lain yang masih bersifat wajar berdasar pada Generally Accepted Accounting Principles (GAAP) atau dalam bahasa indonesia adalah Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU).

Berdasarkan staandard dari pelaporan keuangan internasional, ada 4 laporan akuntansi yang wajib dibuat yaitu :

  1. Laporan saldo keuntungan (laba)
  2. Laporan laba rugi
  3. Neraca keuangan
  4. Laporan arus kas

3. Tujuan Umum Akuntansi (Kualitatif)

Secara umum akuntansi memiliki tujuan antara lain:

  1. Menyampaikan laporan kepada semua pihak yang membutuhkan
  2. Memberikan informasi laporan relevan
  3. Informasi yang disampaikan kredibel dan sudah divaliditas
  4. Memberikan informasi transaksi secepat mungkin
  5. Informasi yang dilaporkan menggunakan standard yang telah disepakati

Jenis-Jenis atau Bidang-Bidang Akuntansi

Setelah Mengetahui definisi akuntansi dan aktivitasnya, sekarang kita akan membahas jenis-jenis akuntansi yang ada. Sama seperti manajemen akuntansipun juga memiliki bidang-bidang spesialisasinya, antara lain :

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan adalah bidang akuntansi yang secara khusus mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan seperti hutang (kewajiban), modal (ekuitas) ataupun perubahan aset perusahaan.

Dalam akuntansi keuangan ada prinsip persamaan utama yang digunakan yaitu Aset = Liabilitas + Ekuitas. Dalam akuntansi keuangan memiliki hubungan yang erat dengan kegiatan pencatatan dari semua transaksi yang terjadi dalam perusahaan dan memberikan laporannya sesuai dengan periode yang telah ditentukan.

2. Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen Tingkat Tinggi

Struktur Akuntansi Manajemen Tingkat Tinggi (Wikipedia)

Akuntansi Manajemen adalah bidang akuntansi yang memberikan data real kepada pihak internal perusahaan (manajemen) sehingga diperlukan untuk menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya. Dalam kata lain, akuntansi manajemen tersebut menggunakan fungsi dari akuntansi itu sendiri.

3. Akuntansi Biaya

Akuntansi Biaya adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengefisensi biaya produksi ataupun biaya-biaya yang lain. Dengan adanya akuntansi biaya, maka perusahaan bisa memaksimalkan potensi sumber daya yang ada tanpa mengurangi kualitas produksi.

4. Akuntansi Pajak

Akuntansi Pajak adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengurusi perpajakan. Dalam hal ini untuk meminimalisir pajak yang harus dibayarkan perusahaan tanpa menyalahi aturan yang berlaku. Dengan menggunakan ilmu akuntansi pajak ini, maka perusahaan bisa berhemat dalam hal membayar pajak sehingga dana yang ada bisa digunakan untuk melakukan kegiatan yang lainnya.

5. Akuntansi Audit / Pemeriksaan

Akuntansi Pemeriksaan adalah bidang akuntansi yang berupa pemeriksaan atas laporan pencatatan akuntansi / laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan independen tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Akuntansi pemeriksaan ini biasa disebut dengan audit, dan orang yang mengaudit disebut auditor.

Audit ini biasa digunakan pada perusahaan atau instansi pemerintahan dengan menggunakan jasa perusahaan audit yang kredibel. Hal ini digunakan untuk menjaga dan mengontrol kesehatan instansi tersebut.

6. Akuntansi Anggaran

Contoh Akuntansi Anggaran

Contoh rumus excel dalam akuntansi anggaran (resourcesaver.org)

Akuntansi Anggaran adalah bidang akuntansi yang mempelajari penyusunan budgeting atau pengeluaran dari sebuah perusahaan kemudian membandingkannya dengan pengeluaran yang aktual.

7. Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi Pemerintahan adalah bidang akuntansi yang mempelajari tentang penyajian data laporan keuangan atau financial statement yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan, baik lembaga daerah atau pusat.

8. Akuntansi Pendidikan

Akuntansi Pendidikan adalah bidang akuntansi yang outputnya diarahkan khusus di bidang pendidikan, misalkan untuk menjadi pengajar akuntansi, peneliti atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan edukasi akuntansi.

9. Sistem Akuntansi

Sistem Akuntansi adalah bidang bidang akuntani yang berhubungan dengan proses pembuatan prosedur akuntansi / alat-alat pendukungnya. Serta diikuti oleh penentuan langkah-langkah yang akan diambil kedepannya.

10. Akuntansi Internasional

Akuntansi Internasional adalah bidang akuntansi yang mempelajari masalah-masalah internasional seperti pedagangan internasional yang umum terjadi di perusahaan multi nasional/internasional.

Nah itu tadi adalah pembahasan singkat tentang pengertian akuntansi dan macam-macamnya. Semoga artikel ini membahas wawasan Anda tentang akuntansi.

Cari Artikel di Sini