Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragaman mulai dari kebudayaan, bahasa, hingga adat istiadat. Ketika membicarakan mengenai Indonesia, tentu kita pernah mendengar istilah wawasan nusantara, apa itu wawasan nusantara? Simak pengertian wawasan nusantara sebagai berikut!

Pengertian Wawasan Nusantara Secara Umum

Wawasan Nusantara merupakan sebuah cara pandang serta sikap dari bangsa Indonesia kepada diri dan bentuk geografis negara yang didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, yaitu dengan cara menghargai serta menomorsatukan kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Pengertian di atas masih bisa disingkat lagi, definisi wawasan nusantara yaitu cara pandang yang dimiliki bangsa Indonesia terhadap kesatuan kepulauan yang terletak di antara dua benua dan dua samudera. Benua dan samudera yang dimaksud adalah benua Asia-Australia dan Samudera Hindia-Pasifik.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Ahli

Apa arti wawasan nusantara menurutpara ahli? Ada beberapa pandangan pengertian yang dikemukakan. Masing-masing pandangan tersebut memiliki makna yang tentunya hampir sama. Untuk lebih jelasnya, Berikut adalah pembahasan lebih lanjutnya:

1. Dr. Wan Usman

Menurut Prof. Usman, wawasan nusantara memiliki arti sebagai cara pandang bangsa Indonesia terhadap dirinya sendiri serta tanah air yang merupakan negara kepulauan dengan aspek kehidupan yang tentunya sangat bervariasi.

2. Kerja LEMHANAS

LEMHANAS mengatakan bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang dan juga sikap bangsa Indonesia tentang diri dan juga lingkungan yang bervariasi dan bernilai strategi, yang mana lebih mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa, juga wilayah untuk mencapai tujuan nasional. LEMHANAS sendiri memiliki singkatan “Lembaga Pertahanan Nasional”.

3. Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 (GBHN)

Pendapat terakhir adalah dari Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 (GBHN). Di dalamnya mengatakan bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang dan juga sikap bangsa Indonesia mengenai diri juga lingkungan negaranya, dengan mengedepankan kesatuan dan persatuan bangsa dan wilayah untuk menjalankan kehidupan berbangsa sesuai dengan tujuan nasional.

4. Samsul Wahidin

Menurut beliau, wawasan nusantara merupakan cara pandang, memahami, menghayato, bersikap, berpikir, bertindak, dan cara bertingkah laku bagi Bangsa Indonesia, yang merupakan hasil daripada hubungan proses sosiokultural, psikologi secara luas.

5. Munadjat Danusaputro

Apa itu wawasan nusantara menurut tokoh ini? Munadjat Danusaputro berpendapat bahwa wawasan nusantara adalah suatu cara pandang Bangsa Indonesia yang berkaitan dengan diri dan lingkungan dalam eksistensi yang salang berhubungan di tengan lingkungan itu atas asas nusantara atau asas wawasan nusantara.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Etimologi

Lalu, apa pengertian wawasan Nusantara menurut sisi etimologis? Menurut etimologis, kata wawasdalam Bahasa Jawa memiliki arti pandangan, penglihatan indrawi, dan tinjauan. Sedangkan kata tambahan “an” memiliki arti cara melihat atau tinjau. Untuk kata nusantara nya, kata ini juga terpecah menjadi dua yaitu nusa dan antara, yang masing-masing memiliki arti “Kesatuan Kepulauan” dan “Letak antara dua benua dan juga dua samudera)

Jika nusadan antaraitu digabung menjadi nusantara, maka akan muncul pengertian suatu kesatuan kepulauan yang letaknya berada di antara dua benua dan dua samudera. Apa yang dimaksud wawasan nusantara dari segi kata-katanya? Jadi dapat disimpulkan dari ulasan di atas, bahwa, wawasan nusantara merupakan cara pandang sekaligus sikap yang bersifat universal dalam lingkup nusantara untuk menyelesaikan kepentingan bangsa Indonesia.

Fungsi Wawasan Nusantara

Fungsi wawasan nusantara memiliki dua kategori yaitu secara umum dan menurut para ahli. Berikut adalah pemaparannya:

1. Fungsi Umum Wawasan Nusantara

Secara umum, fungsi wawasan nusantara adalah pedoman, motivasi, rambu-rambu dan dorongan yang dimiliki untuk melakukan kebijaksanaan, tindakan, ketentuan untuk menyelenggarakan Negara dan daerah nya, dan serta untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Wawasan ini juga berfungsi untuk membentuk sekaligus membinapersatuan dan kesatuan yang merupakan landasan pembangunan nasional.

2. Fungsi Wawasan Nusantara (Menurut Para Ahli)

Ada beberapa fungsi Wawasan Nusantaramenurut para ahli. Menurut mereka, Wawasan Nusantara berfungsi sebagai konsepsi ketahanan nasional, pembangunan nasional, pertahanan dan keamanan, serta wawasan kewilayahan.

Implementasi Wawasan Nusantara

1. Kehidupan politik

Beberapa implementasi dari Wawasan Nusantara di antaranya:

  • Kehidupan politik yang telah diatur di dalam undang-undang. Contohnya yaitu UU Partai Politik, UU Pemilihan Umum, serta UU Pemilihan Presiden.
  • Kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara yang terjadi di Indonesia haruslah didasarkan pada hukum yang telah berlaku.
  • Adanya pengembangan sikap HAM (hak asasi manusia) dan juga sikap pluralisme dalam persatuan berbagai keanekaragaman suku, agama, dan bahasa, sehingga dapat timbul sikap toleransi.
  • Memperkuat komitmen politik terhadap partai politik dan lembaga pemerintahan untuk meningkatkan semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan.
  • Meningkatkan peran Negara Indonesia terhadap negara-negara lain atau lingkup internasional dan memperkuat korps diplomatik untuk menjaga wilayah Indonesia khususnya pulau terluar Indonesia serta pulau kosong.

2. Dalam Kehidupan ekonomi

  • Nusantara memiliki potensi yang tinggi pad wilayahnya. Potensi tersebut diantaranya wilayah laut yang luas, posisi khatulistiwa, hasil tambang maupun minyak yang besar, hutan tropis yang besar hingga penduduk dengan jumlah yang besar pula.
  • Dalam membangun ekonomi, negara harus mempertimbangkan keadilan serta keseimbangan antara satu daerah dengan daerah lain.
  • Negara harus melibatkan rakyat dalam pembangunan ekonomi.

3. Dalam Kehidupan sosial dan Budaya

  • Mengembangkan kehidupan di negara secara seimbang dan serasi antara masyarakat satu dengan lainnya baik dari aspek budaya, sosial, maupun daerah. Seperti misalnya adanya pemerataan pendidikan di seluruh daerah khususnya bagi daerah yang tertinggal diwajibkan mengikuti program belajar.
  • Dalam bidang budaya, bisa diadakan kegiatan seperti pariwisata yang dapat menambah penghasilan nasional maupun daerah, misalnya cagar budaya, museum, dan lainnya.

Aspek Wawasan Nusantara

1. Falsafah Pancasila

Seperti yang diketahui, pancasila merupakan dasar negara dari Indonesia. Di dalamnya ada beberapa nilai yang dijadikan pacuan dalam wawasan nusantara:

  • Adanya HAM (Hak Asasi Manusia) yang merupakan sebuah kebebasan (freedom) bagi masyarakat untuk memeluk maupun melakukan ibadah sesuai kepercayaan.
  • Lebih mementingkan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi maupun kelompok.
  • Mengadakan musyawarah dalam mencapai mufakat.
  • Kewilayahan Nusantara
  • Letak geografis Indonesia memiliki keterkaitan yang erat dengan kekayaan SDA atau sumber daya alam, keragaman budaya, dan suku bangsa di Indonesia.

2. Sejarah Indonesia

Indonesia sudah merdeka sejak lama. Untuk mendapatkan kemerdekaan tersebut pun, Indonesia harus berjuang dalam tempo yang panjang. Tentu, rakyat Indonesia tidak menginginkan lagi pengalaman sejarah yang penuh dengan tumpah darah itu. Untuk mempertahankan kemerdekaan, rakyat harus bersatu menjaga wilayahnya.

3. Sosial Budaya

Ada ratusan suku bangsa yang ada di Indonesia dengan keragaman bahasa, budaya, agama, dan adat istiadat. Dengan perbedaan ini sangat memungkinkan adanya konflik dalam hubungan bermasyarakat.

Kedudukan Wawasan Nusantara

Mewujudkan tujuan nasional Bangsa Indonesia merupakan tujuan dari pada wawasan nusantara. Tujuan tersebut tertuang di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tepatnya di alenia keempat, yaitu

  • Membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Memajukan kesejahteraan umum.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Hakikat Wawasan Nusantara

Setiap hal memiliki suatu hakikat, sama halnya dengan wawasan nusantara. Hakikat dari istilah ini adalah suatu cara pandang yang sifatnya menyeluruh dalam lingkup nusantara yang  bertujuan untuk mewujudkan kepentingan bangsa dan juga negara.

Semua rakyat Indonesia mulai dari pejabat maupun warga biasa seharusnya berpikir, bertindak, dan bersikap untuk kepentingan negara. Semua hasil yang diproduksi oleh lembaga negara berada di dalam lingkup dan juga kepentingan negara, namun tidak menomorduakan suatu golongan, individu, dan wilayah.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa hakikat dari wawasan nusantara yaitu keutuhan serta kesatuan wilayah nasional atau bisa disebut juga dengan persatuan bangsa dan wilayah.

Menurut butir-butir dalam GBHN atau Garis Besar Haluan Negara dikatakan bahwa hakikat wawasan nusantara ditunjukkan dengan adanya pernyataan “Kepulauan nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi, sosial budaya, politik, dan juga pertahanan keamanan”.

Itulah tadi pembahasan mengenai pengertian wawasan nusantara beserta aspek-aspek di dalamnya. Indonesia adalah negara kesatuan sehingga kita sebagai bangsanya seharusnya ikut serta mempertahankan kesatuan dan persatuan negara, agar bangsa ini tidak terpecah belah. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

Cari Artikel di Sini