Paspor adalah salah satu dokumen yang sangat penting yang harus anda bawa saat sedang melakukan perjalanan ke luar negeri atau luar Indonesia. Terdapat dua jenis paspor yang dapat dibedakan berdasarkan jumlah halaman yang disediakan, yaitu paspor berisi 24 halaman dan paspor berisi 48 halaman.

Kedua jenis paspor tersebut mempunyai masa berlaku sama, maksimal lima tahun. Mungkin bagi sebagian orang yang jarang berurusan dengan pihak keimigrasian akan sangat awam dan kurang informasi berkaitan dengan pembuatan paspor ini.

bahkan tidak jarang ada saja orang yang tidak mengetahui prosedur dan persyaratan memperpanjang masa berlaku paspor. Hal ini mendukung banyaknya orang yang menggunakan jasa calo paspor untuk memperpanjang paspor.

INFORMASI BERKAITAN DENGAN PERPANJANGAN PASPOR

Terdapat beberapa pembaharuan dan kemajuan dalam bidang perpanjangan paspor di Indonesia. Kemajuan dan pembaharuan itu membuat pengurusan perpanjangan paspor menjadi semakin mudah dan semakin cepat.

Anda tetap dapat mengurus paspor sendiri tanpa menggunakan jasa calo guna mengurangi citra imigrasi yang buruk akibat banyaknya pungutan dari calo. Terdapat beberapa informasi penting yang perlu anda ketahui bahwa :

  1. Paspor ini hanya dapat diperpanjang jika sudah memasuki masa kurang dari 6 bulan sebelum jangka waktunya berakhir, kecuali jika anda ingin mengganti paspor biasa menjadi e-paspor.
  2. Biaya penggantian paspor biasa sebesar 355.000, sedangkan untuk e-passpor sebesar 655.000.
  3. Berkas berkas yang dibutuhkan adalah akta kelahiran asli dan fotokopinya, KK asli dan fotokopinya, E-KTP asli dan fotokopinya, paspor lama asli dan fotokopi bagian paspor paling depan dan juga belakang.

PERPANJANGAN PASPOR MANUAL

Anda dapat memperpanjang paspor dengan cara datang langsung ke Kantor Imigrasi (manual) maupun melalui online. Untuk perpanjangan paspor secara manual anda harus datang langsung ke Kantor Imigrasi ditempat anda berdomisili. Jangan lupa perhatikan dan taati tata tertib dan etika memasuki kantor imigrasi. Pakailah pakaian formal, kemudian antrilah untuk mendapatkan nomor kuota. Biasanya nomor antrian akan segera dibagikan begitu jam menunjukkan pukul 7 pagi.

Setelah menunjukkan nomor kuota anda akan memperoleh nomor antrian dan majulah sesuai antrian untuk mengumpulkan berkas yang sudah disiapkan tadi. Jika dokumen sudah lengkap dan sesuai, petugas akan memberikan map berisikan formulir yang harus diisi dan anda dapat menunggu antrian pemanggilan wawancara. Saat wawancara akan diberikan pertanyaan terkait alasan anda membuat paspor dan negara mana yang akan dituju nantinya.

Tidak lupa petugas akan mengambil sidik jari dan foto lalu memberikan lembar pembayaran biaya paspor. Setelah itu anda dapat melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk dilengkapi dengan lembar pembayaran biaya paspor dari petugas imigrasi. Setelah membayar, simpan bukti pembayarannya untuk mengambil paspor dalam jangka waktu kurang lebih 3 hari dari pembayaran.

PERPANJANGAN PASPOR ONLINE

Selain manual, anda juga dapat melakukan perpanjangan paspor secara online dengan membuka website resmi dari imigrasi yaitu http://imigrasi.go.id/ setelah itu pilih menu layanan publik lalu klik menu layanan online dan klik layanan paspor online. Anda dapat memilih jenis paspor mana yang akan diperpanjang.

Setelah itu isilah form pembayaran dan lembar pembayaran akan dikirimkan pada email anda. Langkah selanjutnya adalah anda melakukan pembayaran dan mengisi halaman permohonan jadwal untuk melakukan wawancara. Setelah itu cetak formulir dan siapkan dokumen yang diperlukan. Pada hari yang telah ditentukan, anda datang ke Kantor Imigrasi untuk wawancara dan pengambilan foto paspor. Untuk pengambilan paspor yang baru saja diperpanjang, jangka waktunya sama dengan pengambilan paspor yang diperpanjang secara manual.

Cari Artikel di Sini