Ada beberapa Cara Menolak Tawaran Kerja agar tidak menyinggung perasaan orang lain dan tetap sopan. Terkadang Anda kesulitan ketika harus menolak beberapa tawaran kerja tetapi tidak dengan menyakiti atau menyinggung perasaannya.

Alasan menolak kerja mungkin karena sudah diterima pada pekerjaan lain atau penawaran pekerjaan tidak sesuai dengan ekspektasi.

1. Mengirim Pesan Mengenai Penolakan Sesegera Mungkin

Salah satu Cara Menolak Tawaran Kerja yaitu dengan mengirim pesan mengenai penolakan sesegera mungkin. Anda dapat mengirim pesan melalui email, nomor pribadi atau telepon. Sebelum memutuskan untuk menolak tawaran pekerjaan tersebut, pikirkan dengan matang agar tidak menyesal di lain hari.

Jangan membuat perusahaan atau orang yang merekrut Anda menunggu lama. Hal tersebut akan membuat karyawan perusahaan lebih sulit dalam menyelesaikan pekerjaannya. Selain itu, dengan Anda mengabari sesegera mungkin, pihak perusahaan pun akan mendapatkan kandidat baru dengan lebih cepat.

2. Memberikan Alasan yang Jelas

Melakukan penolakan tentu Anda harus dengan alasan yang jelas. Jangan sampai Anda menolak tawaran kerja tanpa adanya alasan. Jangan biarkan para recruiter bertanya-tanya mengapa Anda menolak tawaran tersebut. Ingat bahwa Anda mendapatkan tawaran kerja tersebut telah melalui proses yang cukup panjang.

Dengan Anda memberikan alasan yang jelas, hal tersebut akan membantu para perekrut sebagai bahan pembelajaran dan memperbaiki kontrak penawaran kerja. Buatlah alasan yang jelas, jujur dan disampaikan dengan sopan.

3. Alasan yang Jelas Tidak Harus Lebay

Ungkapkan alasan Anda menolak dengan jujur dan jelas tetapi tidak lebay. Jika Anda menolak pekerjaan karena gaji yang ditawarkan tidak sesuai ekspektasi, ungkapkan saja. Tetapi Anda juga tidak perlu berlebihan dalam mengungkapkannya. Atau karena Anda merasa potensi yang dimiliki kurang sesuai, Anda juga mengungkapkannya.

4. Mengungkapkan Apa yang Anda Sukai dari Perusahaan

Selain mengungkapkan bahwa Anda menolak tawaran kerja, Anda juga dapat mengungkapkan mengapa Anda tertarik atau menyukai perusahan tersebut.

Sampaikan dengan baik mengapa Anda tertarik untuk bergabung. Anda juga dapat menambahkan mengenai informasi-informasi menarik yang Anda dapatkan selama proses interview.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menjelaskan bahwa Anda memang tertarik pada posisi tersebut dan sangat ingin bergabung (baca: contoh surat lamaran kerja).

Tetapi ada beberapa alasan yang membuat Anda memutuskan untuk menolaknya. Perlihatkan bahwa keputusan yang Anda ambil benar-benar keputusan yang tepat.

5. Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa untuk mengucap terima kasih pada pihak perekrut. Menjadi seorang recruiter atau HR tidak mudah, sehingga tidak ada salahnya Anda menghargai kerja keras mereka. Ucapkan terima kasih baik melalui email balasan, SMS, telepon atau media yang lainya.

Susunlah kalimat yang sopan dan ucapan yang bagus dalam menulis pesan tersebut. Menggunakan bahasa yang baik dan sopan juga membuat para recruiter merasa dihargai. Sehingga mereka akan ingat tentang Anda sebagai mantan calon kandidat dengan pribadi yang baik.

6. Membangun Hubungan Profesional yang Baik

Jalinan hubungan profesional pada diri Anda telah dimulai sejak wawancara kerja pertama Anda. Meskipun Anda menolak pekerjaan tersebut, berusahalah untuk tetap melakukan yang terbaik.

Selain itu, bersikap baik juga akan membangun hubungan profesionalitas Anda dan dapat menguntungkan karir Anda kedepannya (baca: contoh surat pengunduran diri kerja).

Beberapa Cara Menolak Tawaran Kerja tersebut dapat Anda terapkan ketika Anda akan menolak pekerjaan yang sekiranya tidak sesuai dengan potensi.

Meskipun Anda tidak suka dengan perusahaan tersebut, tetap gunakan bahasa yang baik dan sopan. Sehingga tidak ada yang tersakiti dengan penolakan Anda dan tetap menjalin hubungan yang baik.

Cari Artikel di Sini