Cara mencegah stress kerja harus diketahui oleh seorang karyawan saat mulai merasa lelah dan jenuh dengan tumpukan tugas. Stress yang terjadi dapat mengganggu kondisi emosional dan kejiwaan. Seseorang akan gampang marah, tersinggung, dan terpancing emosinya.

Bahkan penyakit medis seperti sakit kepala, gangguan metabolisme, dan keluhan lainnya dapat terjadi manakala gangguan stress berlangsung secara intens. Gejala stress yang melanda harus segera diatasi agar badan dan pikiran kembali fresh.

Cara mencegah stress kerja bisa menjadi alternatif dan langkah awal untuk mengatasi rasa penat. Penurunan kinerja sangat mungkin terjadi manakala konsentrasi menurun akibat stress (baca: contoh surat lamaran kerja).

Perusahaan tentu akan dirugikan jika tugas-tugas dikerjakan setengah hati atau justru terbengkalai. Karier Anda juga akan dipertaruhkan di kantor. Langkah awal, penting untuk mempelajari tips atau tata cara untuk mengantisipasi stress yang datang.

Ulasan mengenai 7 cara mencegah rasa stress kerja antara lain:

1. Setting tempat kerja senyaman mungkin

Kondisi ruang kerja yang kondusif sangat berpengaruh dalam peningkatan kinerja. Mood Anda akan senantiasa baik manakala ruang meja kerja tertata dengan rapih. Gunakan box organizer agar perlengkapan kantor tidak berantakan. Jangan meninggalkan sampah kertas atau sisa makanan di atas meja.

2. Mendengarkan musik sejenak

Rasa stress juga bisa dicegah dengan mendengarkan musik-musik klasik atau religi yang dapat memotivasi. Musik dapat memberikan sensasi relaksasi sehingga suasana hati akan kembali baik. Jangan lupa untuk menggunakan headphone agar tidak mengganggu karyawan yang lain.

3. Senam kecil di ruang kerja

Melakukan senam kecil juga merupakan cara mencegah stress kerja. Meregangkan otot dan pikiran yang tegang. Peredaran darah juga menjadi lebih lancar sehingga dapat menghindari keluhan akibat rasa stress.

Gerakan sederhana tersebut meliputi stretching atau peregangan di bagian tangan, kaki, dan punggung. Berjalan kaki sejenak juga dapat menghilangkan rasa jenuh.

4. Tarik nafas dalam-dalam

Meski terlihat simpel, cara ini dianggap ampuh untuk mencegah gejala stress. Hiruplah nafas dalam-dalam melalui hidung. Tahan sejenak kurang lebih 3-5 detik sambil memejamkan mata.

Selanjutnya, hembuskan perlahan lewat mulut sambil membuka mata. Aktivitas ini diklaim dapat meringankan syaraf di otak yang tegang akibat rasa lelah.

5. Manfaatkan waktu istirahat

Waktu istirahat kantor sebaiknya dimanfaatkan penuh untuk rileks di luar ruang kerja. Anda dapat melewati waktu tersebut dengan makan di kantin dengan rekan kerja. Berbincang-bincang sambil bercanda juga menjadi cara efektif untuk mencegah stress.

6. Jangan lupa bersyukur

Secara psikologi, seseorang yang selalu bersyukur akan memiliki tingkat kekebalan yang tinggi manakala ujian datang. Mereka selalu berfikir positif ke depan. Oleh karena itu, tanamkan rasa syukur selalu di hati atas anugerah Tuhan yang salah satunya adalah pekerjaan yang sedang dijalani.

7. Hindari menunda pekerjaan

Rasa stress sering dipicu karena selalu menunda pekerjaan. Hingga tiba saatnya, baru disadari jika setumpuk dokumen sudah menanti di atas meja. Lakukan pekerjaan dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. Bila perlu, buatlah catatan khusus di paper note yang ditempel.

Cara mencegah stress kerja bisa jadi metode efektif dalam peningkatan produktivitas. Sebaiknya segera lakukan tindakan pencegahan sebelum perasaan stress itu melumpuhkan semangat kerja Anda.

Jangan sampai kesehatan dipertaruhkan hanya karena tidak mampu memanage perasaan stress tersebut. Tapi, jika memang sudah tidak ada solusi lain Anda memang harus mengajukan surat pengunduran diri.

Cari Artikel di Sini