Cara kerja tepat waktu adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh para manajer di manapun karena salah satu keluhan terbesar manajer di seluruh dunia adalah bahwa karyawan secara konsisten suka terlambat bekerja. Terlambat bekerja bisa mempengaruhi produktivitas perusahaan.

Dalam banyak kasus, jika perilaku terlambat kerja berlangsung untuk jangka waktu yang lama, Anda dapat kehilangan pekerjaan Anda. Namun, ketepatan waktu tidak datang secara alami kepada semua orang. Berita baiknya adalah, seperti semua hal lainnya, itu bisa dipelajari (baca: contoh surat lamaran kerja).

Jika Anda kesulitan mencapai kantor tepat waktu, berikut adalah sembilan kiat untuk membantu Anda mengakhiri keterlambatan Anda dan belajar bagaimana tepat waktu untuk bekerja.

1. Cari tahu berapa lama Anda harus mulai bekerja

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah duduk dan menghitung berapa lama Anda harus bekerja setiap hari. Jika Anda menggunakan transportasi umum, pikirkan jam berapa Anda naik bus atau sepeda motor, dan berapa lama biasanya untuk mencapai tujuan Anda.

Jika Anda mengemudi untuk bekerja, pertimbangkan seberapa besar kemungkinan lalu lintas, berapa banyak lampu lalu lintas yang harus Anda hentikan, dan sebagainya.

2. Beri diri Anda sedikit waktu ekstra

Setelah Anda mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mulai bekerja, pastikan Anda memberi tambahan waktu lima belas menit untuk diri Anda. 15 menit ini menjelaskan kemungkinan kemacetan potensial dan hal-hal lain yang sepenuhnya di luar kendali Anda.

3. Jangan suka melihat handphone ketika hendak pergi

Tips cara kerja tepat waktu mungkin terdengar sederhana dan tidak signifikan, tetapi tidak memeriksa email atau pesan suara di pagi hari akan menghemat banyak waktu. Alasannya adalah selalu melihat smartphone akan memakan waktu lebih lama dari yang Anda harapkan.

Anda mengangkat telepon, hanya akan memakan waktu beberapa menit, tetapi pada saat Anda selesai membaca email Anda, Anda sudah membuang setengah jam dan Anda sudah terlambat. Jika Anda ingin menghindari ini, cobalah untuk tidak memeriksa email Anda sampai Anda mulai bekerja.

4. Atur semua kebutuhan Anda di malam sebelumnya

Jika Anda terus-menerus berjuang untuk bangun di pagi hari  maka cobalah untuk mengatur semua yang Anda butuhkan untuk hari malam sebelumnya.

Jika Anda perlu baju yang disetrika, sepatu yang dipoles, atau bahkan roti untuk makan siang, cobalah melakukannya sebelum tidur. Tidak perlu khawatir tentang semua ini di pagi hari karena segala yang sudah Anda persiapkan di malamnya akan menghemat banyak waktu dan membantu Anda tepat waktu untuk bekerja.

5. Atur alarm sebelumnya

Atur alarm Anda coba atur alarm Anda untuk bisa bangun tidur tepat waktu. Anda juga mengatur alarm 5-10 menit sebelum Anda berniat untuk bangun. Dengan cara ini, Anda masih memiliki waktu sebelum Anda harus bangun dari tempat tidur dan cenderung kurang tidur.

6. Tidur yang cukup

Tidur di waktu seharusnya tidak menjadi alasan, kecuali Anda merasa tidak enak badan. Untuk menghindari tidur berlebihan, pastikan cukup tidur malam sebelumnya. Usahakan untuk selalu tidur 7-8 jam sebelum Anda perlu bangun, jika tidak, Anda akan merasa lelah ketika membuka mata di pagi hari dan mungkin merasa terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur.

7. Hindari jam sibuk

Tergantung pada jam berapa Anda mulai bekerja di pagi hari, menghindari jam sibuk bisa menjadi hal yang cukup sulit bagi banyak orang, tetapi jika Anda bisa, cobalah untuk menghindari jam sibuk (baca: contoh surat pengunduran diri).

Jam sibuk terkenal dengan kemacetan lalu lintas dan transportasi umum yang lambat, dan itu membuat perjalanan untuk bekerja menjadi jauh lebih menegangkan. Jadi jika Anda bisa, cobalah untuk pergi sedikit lebih awal dan Anda akan menghemat banyak waktu.

Dengan tips cara kerja tepat waktu, semoga Anda bisa mengatur waktu Anda dengan cermat agar tidak suka terlambat.

Cari Artikel di Sini