10 Tips dan Cara Mendapatkan Modal Usaha

Saat seseorang ingin membuka usaha sendiri, pasti hal pertama yang akan terlintas dalam benak anda adalah perihal modal. Modal merupakan salah satu faktor penting dalam memulai sebuah usaha. Tanpa adanya modal, tentu saja usaha anda akan lebih sulit tercapai. Besar atau tidaknya modal tersebut bergantung dari usaha yang anda bangun.

Jika usaha yang akan anda bangun berupa toko kelontong, tentu saja membutuhkan modal yang lebih besar jika dibandingkan dengan membuka usaha di bidang penjualan pulsa elektrik. Mencari modal pada dasarnya tidaklah sulit di masa sekarang. Saat ini sudah sangat banyak cara memperoleh modal usaha selain meminjam di bank yang dapat anda praktikkan. Penasaran? Berikut penjelasannya.

1. MEMINJAM DARI BANK DENGAN JAMINAN

Bank merupakan salah satu institusi yang berkaitan erat dengan perihal pembiayaan. Banyak orang mengandalkan peminjaman uang dari bank untuk memulai sebuah usaha. Terdapat salah satu produk dari perbankan berupa Kredit Multi Guna dimana untuk dapat memperoleh pinjaman, anda dapat menjaminkan aset yang anda punya pada bank yang bersangkutan. Bunga yang ditawarkan pun cukup kompetitif dengan tenor yang panjang.

2. MEMINJAM DARI BANK TANPA AGUNAN

Anda juga dapat memakai fasilitas Kredit Tanpa Agunan dari sebuah bank. Jenis produk pinjaman ini merupakan hal yang disukai masyarakat karena tidak memerlukan jaminan apapun. Bunganya memang lebih besar, maka dari itu sesuaikan dengan kebutuhan anda.

3. MENGGUNAKAN TABUNGAN

Jika memang anda tidak suka berhutang di bank, maka anda dapat memanfaatkan tabungan yang anda miliki sebagai modal. Cara ini terbilang jauh lebih aman dan lebih tidak berisiko jika dibandingkan dengan meminjam di bank. Hanya saja mungkin jumlahnya masih belum cukup nuntuk memenuhi kebutuhan modal usaha yang akan anda bangun.

4. MELAKUKAN PENJUALAN ASET

Nah, apabila anda mempunyai aset baik itu properti, logam mulai, ataupun jenis investasi lain yang bernilai tinggi, maka anda dapat menjualnya untuk dijadikan sebagai modal usaha. Saat nanti usaha anda dapat berhasil dan berkembang, maka anda dapat membeli kembali aset yang pernah anda jual dengan yang lebih baru dan lebih banyak jumlahnya.

5. MELAKUKAN PENGGADAIAN ASET

Apabila anda merasa sangat sayang untuk menjual aset yang dipunyai, gadaikan saja ke institusi yang menerima sistem gadai. Metode ini terbilang cukup menguntungkan karena disamping anda tetap mendapatkan modal usaha yang cukup, aset yang anda miliki pun dapat ditebus kembali di kemudian hari setelah jatuh tempo.

6. MEMINJAM DARI SAUDARA ATAUPUN TEMAN

Ada cara lain yang dapat anda lakukan, yaitu dengan mengajukan pinjaman pada orang orang terdekat anda dan menaruh kepercayaan pada anda. Mungkin saja pinjaman dari saudara, teman dekat, atau orang tua anda tidaklah besar, namun tetap saja bisa anda jadikan tambahan untuk modal usaha dan tentu tidak memerlukan bunga yang besar layaknya bank.

7. MENGIKUTI PELATIHAN

Alternatif lain adalah dengan mengikuti training atau pelatihan dari lembaga lembaga pemberdayaan ekonomi. Dari sini anda akan memperoleh banyak informasi mengenai akses memperoleh modal yang lebih luas sekaligus menambah mitra dalam memulai bisnis anda.

8. JOINT VENTURE

Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan mengajak teman ataupun saudara untuk patungan modal. Joint venture atau patungan modal ini akan terasa lebih menguntungkan dikarenakan modal dan pekerjaan akan dibagi sama rata antara para pihak, begitu juga dengan keuntungan yang diperoleh. Agar lebih memberikan kepastian hukum, jangan lupa buat perjanjian tertulis guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

9. MENDAPATKAN MODAL DARI KONSUMEN

Jika anda memandang cara ini cukup unik, memang! Saat anda memulai sebuah usaha, anda dapat mematok down payment atau uang muka terlebih dulu sebelum hasil dari usaha anda diserahkan kepada konsumen. Cara ini biasanya dipakai dalam usaha katering ataupun sablon baju.

10. MENCARI SPONSOR DARI WEBSITE

Cara terakhir ini memang sedang populer di kalangan para pelaku usaha. Mencari modal usaha atau sponsorship melalui website perlu dukungan jaringan internet yang mumpuni. Nama lain dari hal ini adalah crowfunding. Meskipun tergolong baru di Indonesia, namun program ini mampu menambah pundi pundi modal usaha beberapa pelaku usaha di Indonesia. Beberapa situs penyedia layanan ini diantaranya adalah wujudkan, AyoPeduli, atau KitaBisa.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: