Cara dapat kerja di job fair adalah tips yang paling banyak dicari oleh para pencari kerja. Job  fair merupakan cara yang paling jelas untuk mendapatkan beberapa peluang kerja. Anda yang sedang mencari pekerjaan di job fair, maka perhatikan beberapa tips di bawah ini agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda harapkan.

Di job fair, Anda akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pengusaha yang mungkin tidak dapat Anda akses dengan cara lain, ditambah pameran pekerjaan dan pameran karier sering menawarkan program jaringan, ulasan resume, dan lokakarya untuk pencari kerja.

Kiat-kiat ini akan membantu Anda bersiap-siap untuk menghadiri dan memaksimalkan peluang Anda saat Anda berada di bursa kerja.

1. Berpakaian rapi

Hadiri pameran pekerjaan dengan pakaian  profesional terbaik Anda. Bawa portofolio, bukan ransel. Pakaian Anda harus memiliki setelan warna yang rapi, dan pastikan minim aksesori dan makeup. Pastikan semua tato tertutup dan pakailah sepatu yang nyaman, karena Anda bisa jadi akan mengantri.

2. Berlatihlah untuk menjadi tangkas

Anda tidak akan mendapatkan banyak waktu untuk melayani satu orang, sehingga Anda harus membuat kesan yang baik dengan bisa bergerak cepat. Berlatihlah bicara dengan cepat untuk merangkum keterampilan dan pengalaman Anda sehingga Anda siap untuk mempromosikan data diri Anda kepada calon pemberi kerja.

Dengan berbicara cepat orang akan antusias mendengar Anda bagaimana menjelaskan siapa Anda, apa keterampilan Anda, dan menggambarkan tujuan karier Anda tanpa membuang-buang waktu.

Jadi, bersiaplah untuk latihlah berulang-ulang. Semakin banyak Anda mempraktikkan bicara cepat dan jelas sebelumnya, semakin percaya diri Anda akan merasa menyampaikannya di job fair.

3. Bawa perlengkapan

Bawalah salinan tambahan resume dan surat lamaran kerja Anda, beberapa pena, notepad, dan banyak kartu nama yang mencakup nama Anda, alamat email Anda, dan nomor ponsel. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk membawa kartu “resume kecil” sebagai cara yang efisien untuk menuliskan perusahaan mana saja yang Anda masukkan lamaran.

4. Teliti perusahaan yang Anda lamar

Banyak pameran pekerjaan dan pameran karier memiliki informasi tentang perusahaan. Persiapkan diri Anda untuk berbicara kepada HRD atau  manajer perusahaan dengan mengetahui profil perusahaann. Cari tahu informasi dnegan memeriksa situs web perusahaan, misi, posisi apa saja yang dibutuhkan, dan informasi umum.

Jika Anda menunjukkan pengetahuan tentang masing-masing perusahaan atau manajer yang Anda ajak bicara, Anda pasti akan menonjol dari kerumunan pelamar lain. Anda juga dapat mengajukan beberapa pertanyaan untuk ditanyakan kepada manajer perekrutan, yang juga membuat kesan yang menguntungkan.

5. Datanglah lebih awak

Ingatlah bahwa antrean bisa panjang, jadi datanglah lebih awal, sebelum pameran dibuka secara resmi. Anda lebih baik berdiri dalam antrean di luar sehingga Anda bisa segera masuk daripada tiba nanti dan berjalan tepat di pintu tetapi terjebak dengan garis panjang di setiap meja.

6. Hadiri Workshop

Cara dapat kerja di job fair adalah hadiri workshop. Jika job fair memiliki lokakarya atau seminar, hadiri seminar tersebut. Selain mendapatkan saran pencarian kerja, Anda akan memiliki lebih banyak peluang  jaringan. Bersiaplah untuk mengobrol dengan orang-orang yang Anda temui dan membagikan kartu nama Anda.

7. Cari jaringan

Saat Anda mengantri, cobalah berbicara dengan orang lain dan berkenalan satu sama lain. Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin bisa membantu mencarikan pekerjaan untuk Anda.

Sejalan dengan itu, ingatlah untuk tetap sopan dan profesional. Bahkan jika Anda merasa berkecil hati dalam pencarian pekerjaan Anda, jangan curahkan kesedihan Anda dalam mencari kerja kepada perusahaan tertentu.

Cara dapat kerja di job fair sangatlah mudah selama Anda mau bersikap positif dan memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya. Hal ini juga bisa dilakukan bagi Anda yang sudah bekerja dan berminat mengajukan surat resign kerja.

Cari Artikel di Sini