NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan identitas bagi setiap Warga Negara Indonesia yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan untuk membayar pajak. NPWP ini pastinya harus dimiliki oleh tiap tiap warga negara Indonesia karena digunakan sebagai identitas dalam membayar pajak. membayar pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus ditaati oleh setiap warga negara Indonesia karena dengan membayar pajak, berarti kita telah ikut membantu pembangunan di Indonesia.

Selain itu, pajak memang merupakan salah satu bentuk pemasukan terbesar dari negara yang nantinya akan dikembalikan langsung kepada masyarakat berupa pembangunan dan pengembangan wilayah yang berdampak pada tingkat kesejahteraan manusia itu sendiri.

NPWP dapat dipakai saat anda sedang melakukan transaksi baik itu mengajukan kredit pada bank, kredit untuk barang barang elektronik, maupun transaksi lainnya yang mensyaratkan adanya NPWP. Bahkan, tidak jarang dalam melamar pekerjaan pun ditanyakan apakah anda sudah mempunyai NPWP ataukah belum. Pajak yang kita bayarkan melalui kepemilikan NPWP ini mempunyai dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat.

Bagaimana tidak? Segala macam fasilitas umum yang kita rasakan dan dapat kita nikmati adalah hasil nyata dari pembayaran pajak yang rutin dilakukan. Penghasilan anda yang dipotong pajak tiap bulannya diwujudkan secara nyata melalui berbagai fasilitas dan sarana prasarana yang dapat membantu mempermudah mobilitas dan kegiatan anda dalam berkehidupan.

Mungkin dari para pembaca sekalian masih belum mengetahui bagaimana caranya untuk bisa mendaftar sebagai Wajib Pajak dan memperoleh NPWP. Sebenarnya caranya tidak begitu rumit dan sulit, persyaratan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak karena semuanya dapat dicari dalam waktu yang singkat. Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang mendaftar NPWP sudah dapat dilakukan secara online.

Dengan mendaftar NPWP secara online, tentunya dapat mempermudah mobilisasi dan melakukan prosedurnya karena anda dapat mendaftar dimanapun dan kapanpun dengan mengandalkan internet. selain itu, bagi para perantau tentunya akan memudahkan karena tidak perlu pulang ke kampung halamannya hanya untuk mengurus NPWP karena dapat dilakukan secara online.

Daftar Isi

DOKUMEN YANG PERLU DISIAPKAN SAAT DAFTAR NPWP ONLINE

Sebelum mulai mendaftar NPWP secara online, tentu saja anda harus mempersiapkan dokumen dokumen serta persyaratan lainnya yang dibutuhkan seperti fotokopi E-KTP maupun SIM bagi WNI. Untuk WNA maka dapat menyiapkan kartu tanda pengenal seperti Paspor atau Kitas dan KITAP.

Selain dokumen tersebut, masih ada beberapa dokumen lain yang diperlukan tergantung dari jenis wajib pajak yang anda kehendaki, seperti halnya wajib pajak orang perorangan bagi orang yang mempunyai usaha ataupun wajib pajak orang perorangan seorang istri menikah yang ingin terpisah kewajiban pajaknya dari suami.

PROSEDUR MENDAFTAR NPWP ONLINE

Setelah semua dokumen dan persyaratan lengkap, langkah selanjutnya adalah anda mengakses situs www.pajak.go.id dan klik bagian e-registration. Klik tombol daftar dan isikan data data yang diminta pada kolom yang tersedia. Selanjutnya klik save dan anda diminta untuk mengaktiffasi akun tersebut melalui pesan yang sudah dikirimkan ke alamat email anda sendiri.

Ikutilah petunjuk yang dikirimkan pada pesan dan loginlah pada situs pajak di awal tadi menggunakan username dan password yang telah didaftarkan. Setelah itu, isi kembali formulir pendaftaran yang diminta dengan data yang benar dan sesuai dengan kenyataan. Setelah lengkap, maka klik token atau kode rahasia pada dashboard. Setelah memperoleh token, hal yang dapat anda lakukan adalah mengcopu paste token tersebut pada form kirim yang tersedia. Kemudian klik tombol kirim permohonan.

Langkah selanjutnya adalah anda perlu mencetak dokumen yang ditampilkan oleh layar komputer baik itu form registrasi WP dan surat keterangan sudah terdaftar sementara. Tandatangani form tersebut dan scan dokumen yang bersangkutan kemudian kirim pada aplikasi e-registration.

Disini anda tidak perlu mengantarkan dokumen yang telah dicetak ke KPP karena dapat diupload mandiri melalui website. Langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah menunggu konfirmasi pengajuan permohonan pendaftaran NPWP anda yang dikirim melalui email. Jika diterima, maka kartu NPWP akan dikirim melalui pos ke alamat anda. Namun jika ditolak, anda akan diminta untuk melengkapi dokumen dan persyaratan yang dirasa kurang.

Cari Artikel di Sini