BTN mobile banking merupakan salah satu inovasi dari Bank Tabungan Negara dalam memenuhi tantangan zaman akan aktivitas perbankan yang mudah, cepat dan praktis.

Seiring dengan kemajuan teknologi di era yang serba digital ini, BTN tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memberikan akses kemudahan bagi para nasabahnya dengan meluncurkan aplikasi BTN mobile banking.

Apa itu BTN mobile banking?

BTN mobile banking adalah aplikasi dari BTN dengan basis internet yang memungkinkan nasabah untuk melakukan aktivitas perbankan melalui tablet atau ponsel pintar.

Kelebihan BTN Mobile Banking

Mengapa anda perlu menggunakan mobile banking BTN? Tentu saja karena mobile banking BTN mempunyai berbagai keunggulan yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Apa saja keuntungan menggunakan BTN mobile banking?

Hal yang pertama tentunya anda dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan secara langsung kapanpun dan dimanapun. Anda dapat menghemat waktu dan tenaga tanpa harus menunggu lama atau antri di cabang BTN terdekat.

Contohnya anda dapat mengecek saldo dan mutasi rekening, melakukan transfer ke sesama BTN ataupun bank lain hingga melakukan pembayaran dan pembelian melalui aplikasi mobile banking BTN ini.

Nasabah dapat membeli pulsa dan voucher PLN prabayar, menambah saldo Go-Pay,transaksi belanja online hingga mengecek 5 transaksi terakhir melalui aplikasi. Selain itu, BTN juga menawarkan kemudahan dengan pendaftaran dan penghapusan mobile banking yang dapat dilakukan melalui mesin ATM.

Syarat BTN Mobile Banking

Untuk menggunakan aplikasi BTN mobile banking , anda perlu memenuhi berbagai persyaratan sebagai berikut:

  1. Menjadi nasabah tabungan dengan tipe BTN Batara, e’Batara Pos, BTN Juara, BTN Simple dan Tabunganku.
  2. Mengikuti batasan transaksi. Limit transfer antar sesama BTN ataupun antar bank adalah nominal Rp. 25 juta.

Fitur Layanan BTN Mobile Banking

Dalam aplikasi mobile banking ini, terdapat berbagai fitur menarik yang mempermudah akses perbankan anda. Ketika anda masuk ke dalam aplikasi , anda akan menemukan beberapa macam fitur seperti informasi rekening, transfer, pembayaran, pembelian, layanan nasabah serta suku bunga dan kurs.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa anda dapat mengetahui informasi mengenai rekening anda melalui aplikasi mobile banking BTN ini.

Dimulai dari informasi jumlah saldo yang ada dalam rekening, hingga informasi tentang mutasi. Selain itu, anda juga dapat melakukan pengiriman uang melalui opsi transfer, anda cukup memilih transfer BTN atau transfer ke bank lain, sesuai dengan kebutuhan anda.

Fitur pembayaran dapat dipergunakan untuk membayar tagihan, contohnya seperti pembayaran pinjaman ,TV berlangganan dan pajak kendaraan bermotor. Jika anda ingin melakukan transaksi pembelian yang bersifat darurat atau anda membutuhkannya dengan cepat, aplikasi ini sangat memudahkan untuk anda pergunakan sesuai keperluan.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk pembelian belanja di toko online, isi ulang pulsa, pulsa internet, listrik dan menambah saldo Go-Pay. Selain itu anda juga dapat memantau mata uang asing melalui fitur suku bunga dan kurs. Sangat praktis, efektif dan efisien bukan?

Dengan fitur-fitur yang sangat menarik tersebut, tentunya kita perlu mengetahui bagaimana cara download BTN mobile banking android dan cara download BTN mobile banking iPhone.

Langkah-langkah mengunduh aplikasi ini hampir sama untuk perangkat android ataupun iOS. Hanya saja, bagi pemilik android, menggunakan playstore sementara pemilik iOS menggunakan iOS App Store.

Setelah menuju ke menu tersebut, anda dapat memasukkan kata kunci BTN Mobile. Kemudian silahkan klik install atau pasang, selanjutnya anda cukup menunggu unduhan selesai dan aplikasi mobile banking BTN terpasang dalam perangkat anda.

Cara Daftar BTN Mobile Banking

Registrasi mobile banking BTN dapat anda lakukan melalui ATM atau dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Berikut beberapa  langkah yang dapat anda ikuti:

Melalui ATM

  1. Pastikan anda memiliki kartu ATM BTN yang masih aktif dan telah meregistrasikan nomor  yang akan digunakan untuk aplikasi mobile banking BTN anda.
  2.  Masukkan ATM anda ke dalam mesin lalu pilih opsi pendaftaran mobile banking.
  3. Ikuti prosedur yang tertera di layar kemudian unduh aplikasi BTN mobile banking sesuai dengan sistem operasi dari ponsel yang anda pergunakan.

Melalui kantor cabang BTN terdekat

  1. Sampaikan pada petugas bank bahwa anda ingin meregistrasikan diri sebagai pengguna mobile banking BTN. Petugas bank akan memandu mengisi data yang diperlukan. Anda juga perlu menginformasikan dan meregistrasikan nomor yang akan digunakan untuk aplikasi mobile banking BTN anda kepada petugas.
  2. Mengunduh aplikasi BTN mobile banking sesuai dengan sistem operasi dari perangkat yang anda pergunakan.

Cara Aktivasi BTN Mobile Banking

Setelah anda melakukan registrasi atau pendaftaran dan mengunduh aplikasi mobile banking BTN, anda perlu melakukan aktivasi supaya aplikasi terkait dapat digunakan.

Silahkan klik menu aktivasi, kemudian cermati syarat dan ketentuan yang tertera di layar. Setelah menyetujui syarat dan ketentuan tersebut, anda akan diminta untuk membuat kata sandi agar dapat mengakses mobile banking anda. Pastikan anda mengingat  kata sandi tersebut dan bersifat rahasia.

Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan pin berupa 6 digit numerik yang anda buat pada saat registrasi. Lalu, di layar akan muncul pemberitahuan bahwa aktivasi berhasil.

Setelah proses aktivasi sukses, anda dapat menuju ke menu utama dan menikmati fitur-fitur menarik yang tersedia. Kata sandi dan PIN dibutuhkan untuk autorisasi dan keamanan transaksi finansial yang anda lakukan.

Cek Saldo BTN Mobile

Anda dapat mengecek jumlah saldo yang anda miliki dengan cara masuk ke dalam aplikasi dan pastikan kata sandi anda sesuai. Kemudian di layar akan tertera fitur informasi rekening, silahkan anda klik, kemudian disitu akan muncul  jumlah saldo yang anda miliki dan informasi mutasi rekening.

Transfer antar Bank BTN

Untuk melakukan transfer antar sesama BTN, anda cukup masuk ke dalam aplikasi dengan kata sandi, lalu silahkan anda pilih fitur transfer. Setelah itu anda dapat mengklik opsi transfer BTN. Anda akan diminta untuk mengisi rekening tujuan dan jumlah nominal yang akan ditransfer.

Pastikan data tersebut sudah terisi dengan tepat. Kemudian anda cukup mengikuti instruksi dalam aplikasi mobile banking BTN di ponsel pintar kesayangan anda. Jangan lupa untuk menyimpan bukti setelah aktivitas transfer telah selesai dan sukses anda lakukan.

Transfer Beda Bank

Transfer beda bank memiliki langkah yang tak jauh berbeda dengan transfer antar sesama BTN, hanya saja anda perlu memilih opsi transfer ke bank lain dan pilih sesuai dengan nama bank yang ingin anda tuju.

Cek kembali data terkait seperti nomor rekening tujuan, nama bank dan jumlah nominal sudah sesuai dan benar. Selanjutnya silahkan klik sesuai instruksi yang tertera di layar perangkat anda dan pastikan untuk menyimpan bukti yang anda dapatkan setelah proses transfer berhasil.

BTN mobile banking yang menghadirkan kenyamanan, keamanan, kecepatan serta kemudahan akses bagi nasabah dalam melakukan layanan perbankan tentunya patut anda pertimbangkan.

Dengan berbagai macam fitur yang menguntungkan tentunya kita dapat melakukan beberapa aktivitas seperti transfer, cek saldo, pembayaran, pembelian hingga cek kurs dalam waktu yang singkat dan praktis. Sangat menarik untuk dilewatkan bukan? Silahkan gunakan aplikasi mobile banking BTN dan rasakan manfaatnya!

Cari Artikel di Sini