Bidang kerja dengan gaji tertinggi sudah pasti menjadi cita-cita yang hampir ada di semua benak para pencari lowongan. Keterbatasan skill dan latar belakang pendidikan seringkali menjadi halangan tersendiri. Standar kualifikasi yang diberikan oleh perusahaan atau instansi cukup tinggi.

Seleksi juga semakin ketat dengan rentetan tes mulai dari pengetahuan akademik, tes kepribadian, hingga tes wawancara. Alhasil, biasanya seseorang akan mengambil pekerjaan apa saja asalkan tidak menganggur walaupun dibayar dengan gaji kecil.

Tips Memperoleh Gaji Tinggi

Bidang kerja dengan gaji tertinggi itu tidak melulu menjadi jatah untuk para sarjana dari universitas ternama atau bahkan lulusan luar negeri. Faktor yang terpenting adalah kompetensi dan kredibilitas seseorang.

Bahkan seringkali perusahaan tidak ambil pusing dengan latar belakang yang dimiliki. Asalkan orang itu ulet, loyal, dan mau belajar, maka posisi bagus di kantor pantas menjadi haknya.

Di bawah ini akan dijabarkan 5 macam tips agar memperoleh bidang kerja dengan gaji tertinggi.

1. Jauhi bidang kerja di bawah ini

Hal pertama yang harus dihindari manakala seseorang menginginkan karir bergaji tinggi adalah jauhi beberapa profesi yang sudah jelas gajinya rendah.

Bidang kerja tersebut meliputi, satpam, pramuniaga, sopir, dan customer service. Ajukan surat pengunduran diri jika Anda bekerja di bidang itu.  Meskipun tak selamanya demikian, namun umumnya profesi tersebut memiliki gaji yang terbilang rendah.

2. Cerdas dan aktif bertanya saat interview

Saat proses interview berlangsung, pertanyaan mengenai gaji seringkali muncul. Lakukanlah tawar menawar dengan pihak personalia. Jangan takut untuk memastikan gaji yang akan mereka berikan untuk posisi tersebut.

Hal ini untuk menghindari ketidakpuasan karena gaji yang terlalu rendah. Biasanya karyawan baru akan digaji dengan nominal yang tidak jauh dari yang didapatkan di tempat kerja sebelumnya. Oleh karenanya, pintar-pintarlah dalam melakukan negosiasi.

3. Negosiasikan juga kompensasi lain selain gaji pokok

Penghasilan yang tinggi tidak selamanya berasal dari gaji pokok saja. Ada tambahan kompensasi lain yang menjadi hak karyawan dari perusahaan. Tambahan lain tersebut diantaranya bonus, tunjangan, insentif, jatah cuti, dan asuransi kerja. Penting untuk mengetahui sejak awal mengenai hal tersebut.

4. Teliti kembali tentang profil dan track record perusahaan

Hanya perusahaan bonafit yang mampu menggaji karyawannya dengan jumlah yang tertinggi. Saat sedang mencari lowongan kerja, pastikan perusahaan tersebut memiliki kinerja dan prestasi yang bagus.

Lokasi kantor juga harus jelas dengan kondisi mobilitas kerja yang cukup tinggi. Jangan sampai Anda ingin bekerja di bidang usaha tertentu namun perusahaan tersebut justru masih dalam masa rintisan. Kondisi keuangan dan kinerjanya bisa jadi belum stabil.

5. Membangun reputasi baik

Jika Anda menginginkan untuk membangun karir, alangkah baiknya jika memiliki reputasi diri yang baik. Sebelum terjun ke dunia industri, Anda bisa bergabung di asosiasi perdagangan dan industri sebagai relawan yang aktif.

Membangun blog dan aktif di acara konferensi juga menjadi nilai tambah untuk Anda. Dijamin perusahaan akan lebih yakin dan optimis untuk memberikan posisi bagus di kantor.

Bidang kerja dengan gaji tertinggi meliputi profesi di dunia industri dan pemerintahan. Pada dunia industri meliputi human resources manager, ahli konstruksi, pertambangan, manajer keuangan, konsultan public, serta auditor keuangan ataupun perpajakan. Segera kirim surat lamaran kerja jika Anda tertarik.

Jika Anda menyukai birokrasi, tak ada salahnya untuk mendaftar menjadi bagian dari anggota eksekutif, legislatif, ataupun yudikatif.

Cari Artikel di Sini