Bekal sebelum kerja bagi banyak anak muda adalah hal yang sangat dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Menjaga keterampilan yang dimiliki adalah hal yang sangat penting untuk bisa memulai sebuah persaingan dalam dunia kerja. Berikut ini adalah tips yang harus dimiliki oleh anak muda untuk bisa menyiapkan pekerjaan dengan sebaik mungkin.

1. Asah softskill Anda

Keahlian teknis yang dicari perusahaan akan terus berkembang sehingga softskill tertentu akan tetap merupakan prasyarat tetap untuk sebagian besar pekerjaan di masa depan.

Mengapa? Karena softskill ini adalah keterampilan manusia yang tidak dapat ditiru oleh teknologi, seperti kemampuan untuk terhubung dengan orang dan membentuk hubungan profesional, kemauan untuk belajar, dan menghormati ide-ide orang lain.

Anda harus menyadari akan soft skill inti yang dibutuhkan perusahaan di masa depan, dan mengembangkan keterampilan siap kerja mulai sekarang. Mengasah softskill akan membantu Anda menonjol di pasar kerja.

Pada gilirannya, soft skill ini akan membantu Anda menjaga literasi digital Anda dan keterampilan teknis yang relevan tetap mutakhir sehingga penting di masa depan pekerjaan. Asah soft skill kamu sebelum mengirim surat lamaran kerja.

2. Tetap ingin tahu dan mau belajar

Anda harus tetap mengikuti tren saat ini dan perubahan yang relevan dengan profesi yang Anda inginkan. Teknologi akan maju dengan kecepatan yang lebih cepat daripada keterampilan manusia.

Kesenjangan keterampilan teknis berikutnya telah menciptakan permintaan profesionalisme kerja yang sangat terampil dan tren ini akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Ikuti perkembangan tren saat ini dan perubahan yang relevan dengan profesi Anda dengan membaca laporan, jurnal, artikel berita, menonton video, mendengarkan podcast, menghadiri seminar jaringan, dan berpartisipasi dalam diskusi online. Singkatnya, tetap buka mata untuk tren baru yang akan mengarah pada kesenjangan keterampilan atau pengetahuan.

3. Mengikuti Kursus

Bekal sebelum kerja selanjutnya adalah ambil tindakan untuk meningkatkan keterampilan Anda baik melalui kursus formal, belajar mandiri di luar tempat kerja atau belajar di tempat kerja. Salah satu cara untuk membuktikan diri di masa depan adalah menjadi ahli dalam suatu bidang..

Anda harus belajar dengan banyak ‘melakukan dan melakukan’, jadi katakan ya untuk peluang baru yang mendorong Anda keluar dari zona nyaman Anda. Jadilah orang yang bisa beradaptasi dan dipekerjakan seluas mungkin.

Ikuti berbagai kursus yang bisa menunjang softskill Anda dengan baik. Anda juga bisa mengikuti berbagai kegiatan untuk bisa menunjang ketrampilan yang dibutuhkan. Pada intinya Anda harus bisa memiliki banyak pengalaman sebelum terjun langsung ke dalam dunia kerja.

4. Jadilah orang yang lebih fleksibel untuk praktik kerja

Bukan hanya pekerjaan dalam permintaan yang akan berubah, tetapi juga cara Anda bekerja. Organisasi  menghadapi kesenjangan keterampilan dan, menurut sebuah penelitian, perusahaan akan semakin beralih ke karyawan sementara dan kontrak dalam upaya untuk menjembatani kesenjangan ini.

Lagi pula, dewasa ini telah diakui secara luas bahwa kandidat sementara sebuah pekerjaan profesional akan selalu diisi oleh mereka pelamar yang memiliki keterampilan dan pengalaman tingkat tinggi.

Pelamar ini sudah disiapkan untuk mengisi peran yang paling spesialis sekalipun.  Banyak pula pelamar yang dikontrak secara outsourching sesuai permintaan dan sesuai kebutuhan perusahaan.

Mencari pekerja outsourching menjadikannya jauh lebih hemat daripada menjaga keterampilan yang tidak penting bagi operasi sehari-hari organisasi yang semakin meningkatkan.

Untuk mengantisipasi perubahan dalam pola kerja ini, pertimbangkan penugasan sementara saat Anda mencari pekerjaan tetap. Jadi, dengan 4 bekal sebelum kerja di atas, semoga bisa membantu Anda dalam mencari pekerjaan yang diharapkan.

Baca juga surat pengunduran diri jika Kamu merasa tidak cocok dengan kantor yang tempat Anda bekerja.

Cari Artikel di Sini