Internet Banking BCA kini memiliki banyak fitur yang akan semakin memudahkan hidup consumen BCA. Karena adanya fitur yang lengkap, banyak nasabah berbondong-bondong untuk mengaktivasikan internet banking BCA mereka. Tentu, dengan terlebih dahulu mendaftarkannya ke bagian office.

Namun apa itu internet banking BCA? Internet banking atau i-banking BCA adalah salah satu produk perbankan elektronik dari Bank BCA atau biasa di sebut dengan istilah klikBCA. Hal ini dikarenakan mudahnya transksi yang di tawarkan hanya dengan sekali klik saja.

Dengan melakukan aktivasi internet banking BCA, para nasabah bisa melakukan berbagai aktivitas keuangan dengan mudah, simple dan efisien. Berbagai fitur layanan i-banking BCA di antaranya cek saldo, dan transfer dana baik ke semua rekening. Selain itu, nasabah juga bisa sekaligus isi ulang pulsa, membayar berbagai tagihan seperti tagihan listrik, air, telepon, dan berbagai asuransi termasuk BPJS dan tagihan kredit.

Dengan lengkapnya fitur yang ditawarkan, nasabah cukup mengakses berbagai keperluan hanya melalui smartphone di genggaman atau leptop mereka asalkan memiliki koneksi jaringan internet. Nasabah bisa menghemat waktu tanpa perlu repot-repot pergi ke ATM atau bahkan pergi ke bank atau kantor.

Jika Anda seorang nasabah BCA dan tertarik untuk melakukan aktivasi i-banking BCA atau disebut juga dengan KlikBCA, Anda bisa mendaftarkannya tanpa dipunggut biaya. Biaya yang akan Anda keluarkan hanya berkisar Rp 10-20 ribu saja seagai pengantian biaya KeyBCA atau token.

Jika Anda seorang pekerja dengan mobilitas tinggi, nilai yang Anda keluarkan sangat jauh dengan efektivitas waktu yang Anda dapatkan.

Selain itu, Anda juga tidak perlu ragu tentang keamanannya karena bertransaksi dengan i-banking akan mendapatkan perlindungan. Jadi pengguna internet banking BCA akan mendapatkan beberapa keunggulan. Keunggulan BCA i-banking diantaranya, adanya pelindungan bertransaksi sehingga aman, mudahnya bertransaksi tanpa repot ke ATM atau bank, praktis dan efisien.

Cara Daftar Internet Banking BCA

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, bagaimana cara daftar BCA i-banking? begini cara daftar Internet Banking BCA. Pertama kali, Anda perlu datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat. Kemudian, Anda harus memenuhi syarat daftar internet banking BCA seperti berikut:

  1. Buku tabungan BCA
  2. Kartu identitas diri (KTP)
  3. Nomor ponsel yang aktif dan juga email yang valid untuk verifikasi

Jika ketiga persyaratan tersebut sudah terpenuhi, Anda bisa melakukan pendaftaran i-banking BCA dengan mudah. Untuk itu, Anda perlu melalui berbagai tahapan berikut.

1. Ajukan Permintaan dan aktivasi KeyBCA di Customer Service

Pertama Anda bisa melakukan pendaftaran dengan daftar i banking bca melalui customer service. Di customer service Anda bisa meminta keyBCA dengan membawa persyaratan yang diperlukan. KeyBCA ini diperlukan untuk otentifikasi seluruh transaksi yang akan dilakukan dengan Internet Banking BCA. Cara tersebut bisa Anda gunakan jika Anda baru pertama kali menggunakan rekening BCA. Anda bisa langsung meminta untuk dibuatkan KlikBCA setelahnya.

KeyBCA itu untuk apa? KeyBCA, atau yang biasa disebut dengan token ini merupakan sebuah mesin kecil yang akan membantu Anda untuk bertransaksi. Sebagaimana kegunaan token pada bank lainnya, token disini digunakan untuk melakukan transaksi keuangan dengan melalui jaringan internet. Anda bisa mengaksesnya di klikbca.com.

Ragam aktivitas keuangan bisa Anda lakukan jika Anda memiliki keyBCA. Internet banking tanpa token, atau key BCA, maka Anda hanya bisa melakukan transaksi sebatas mutasi rekening, pengecekan sald, dan berbagai aktivitas keungan non-tunai.

Selanjutnya, begini cara untuk mengaktifkan key BCA. Pertama, silahkan isi nomor kartu ATM Anda, masukkan nomor serial KeyBCA ada KEYBCA SERIAL NO, lalu hidupkan perangkat KeyBCA dengan menekan tombol merah dan masukkan PIN dari KeyBCA. Setalah muncul tulisan apply, silahan tekan tombol 1.

Kemudian akan mucnul 8 digit angka yang harus Anda isikan pada kotak KeyBCA response apply 1. Setelah itu silahkan isi data dan akhiri dengan submit. Dengan demikian, Anda sudah melakukan aktivasi key BCA.

Untuk membuat PIN Key BCA, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut.

  1. Login ke https://ibank.klikbca.com.
  2. Masukkan User ID.
  3. Pasukkan PIN seperti yang Anda lihat saat melakukan regstrasi internet bank BCA melalui ATM.
  4. Login, masukkan email, dan nomor kartu ATM BCA.
  5. Nyalakan KeBCA dengan menekan tombol power dan masukkan kode yang terdapat di email untuk konfirmasi.
  6. Jika berhasil, akan ada tulisan appli.

2. Lakukan pendaftaran melalui ATM BCA

Setelah mendapatkan KeyBCA, selanjutnya Anda bisa daftar internet banking BCA via ATM. Carilah ATM terdekat dengan melakukan beberapa langkah berikut.

Pertama, Anda bisa memasukkan kartu ATM pada slot yang ada, masukkan PIN ATM dan kemudian pilihlah menu internet banking. Setelah itu, pilihlah tombol Yadan ketik 6 digit PIN terbaik yang akan Anda gunakan untuk Internet banking. Setelah itu, lakukan verifikasi dengan mengetik ulng PIN yang sudah Anda ketik sebelumnya.

Kemudian akan tercetak User ID sekaligus PIN yang akan Anda gunakan di struk pendaftaran internet banking. Simpan dan rahasiakan User ID dan PIN tersebut, karena keduanya dibutuhkan untuk mengakses layanan i-banking BCA.

Setelah dilakukan pendaftaran internet banking BCA melalui mesin ATM, langkah selanjutnya Anda perlu melakukan aktivasi layanan melalui website resmi BCA. bagaimana cara mengaktifkan i-banking BCA? cara aktivasi internet banking BCA. Pertama, Anda perlu mengunjungi situs resmi BCA di https://www.bca.co.id/.

Pilihlah menu KlikBCA dan login. Masukkan User ID dan ketikkan PIN sesuai dengan struk pedaftaran yang sudah Anda dapatkan di ATM BCA. Langkah selanjutnya yakni klik tombol “login” yang ada pada bagian bawah, klik “agree” pada kolom persetujuan, ketikkan alamat emailyang biasa Anda gunakan untuk langkah verifikasi dan Anda bisa klik “Submit”.

Seperti itulah cara aktivasi nternet banking BCA. Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara engaktifkan i banking BCA? Setelahnya, selamat Anda bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan efisien.

Berbeda dengan ATM BCA, transfer melalui Internet Banking KlikBCA biaya transfer uang sedikit lebih murah dan sangat praktis bila Anda melakukan transfer berulang kali. Di bawah ini cara transfer uang melalui KlikBCA:

Transfter Ke Sesama dan Non BCA

Anda bisa langsung transfer ke sesama bank BCA dengan terlebihdahulu login, masukkan UserID dan PIN pada website KlikBCA, pilih transfer uang. Jiak rekening belum didaftarkan, silahkan pilih menu daftar rekening tujuan dan pilih berdasarkan bank tujuan. Jika hendak transfer ke sesama BCA. Cara mendaftarkan nomor rekening sesama BCA.

  1. Masukkan nomor rekening BCA yang dituju sebanyak 10 diggit
  2. Pada KeyBCA, silahkan masukkan 8 digit angka
  3. Selanjutnya silahkan masukkan respon KeyBCA Appli 2
  4. Klik “Lanjutkan” dan rekening sudah didaftarkan

Sementara untuk mendaftarkan nomor rekening lain, caranya sedikit berbeda.

  1. Masukkan nama penerima
  2. Masukkan nomor rekening tujuan
  3. Masukkan respon KeyBCA Appli 2
  4. Klik “Lanjutkan” dan rekening berhasil didaftarkan

Selanjutnya, begini cara transfer antar bank BCA.

  1. Pilih sumber uang
  2. Pilih rekening tujuan dari daftar transfer
  3. Masukkan jumlah uang yang akan ditransfer
  4. Pada kolom berita, Anda bisa mencantumkan keterangan transfer
  5. Masukkan 8 digit angka pada KeyBCA
  6. Masukkan respon KeyBCA Appli 2
  7. Pilih opsi “Transfer Sekarang”
  8. Klik tombol “Lanjutkan”
  9. Cek kembali transaksi transfer Anda
  10. Masukkan respon KeyBCA Appli 1 dan klik “Kirim”
  11. Transaksi selesai dan akan lampiran bukti transfer berhasil

Sementara cara transfer beda bankbedanya setelah cara nomor 4, silahkan pilih layanan transfer, ada 2 jenis: LLG (Lalu Lintas Giro) yang menggunakan mekanisme kliring dengan proses 2-3 hari kerja dengan biaya transfer Rp 5.000 RTGS (Real Time Gross Settlement) proses transfer uang di hari yang sama dengan biaya transfer Rp15.000

Apa Saja yang Bisa dilakukan dengan KlikBCA?

Pengguna i-banking BCA akan dimanjakan dengan adanya ragam fitur yang akan memudahkan Anda bertransaksi. Berikut berbagai fitur yang bisa Anda manfaatkan di KlikBCA.

  1. Dengan menggunakan i-banking BCA, anda bisa membeli pulsa, tiket, PLN Prabayar dan lain-lain.
  2. Pembayaran. Dengan menggunakan i-banking BCA, Anda juga bisa melakukan berbagai pembayaran tagihan seperti tagihan kartu kredit, handphone, internet, asuransi, pinjaman, kredit, pajak. Anda juga bisa melakukan pembayaran untuk berbagai asuransi seperti BPJS atau membayar uang pendidikan, surat berharga negara dan lain-lain.
  3. Pembayaran e-commerce. Keuntungan lainnya, Anda bisa menggunakan i-banking BCA untuk pembayaran e-commerce, tentu ini sangat memudahkan Anda yang memiliki hoby belanja online. Tentu, hal iniakan berguna di merchant-merchant yang bekerja sama dengan BCA.
  4. Transfer Dana. Kemudahan lainnya yakni Anda bisa melakukan transaksi keuangan  baik transfer ke sesama rekening BCA, non-BCA, BCA virtual account, ataupun Sakuku.
  5. Informasi Kartu Kredit. Selanjutnya, Anda bisa sekaligus mengecek sisa limit kartu kredit BCA , besaran tagihan kartu kredit, atau bahkan riwayat transaksi.
  6. Produk Investasi. Jika Anda merupakan seorang businessman yang sangat tertarikdengan berbagai investasi, Anda akan dipermudah dengan memiliki KlikBCA. Karena, di sini Anda bisa sekaligus mengetahui saldo reksa dana, informasi saldo efek konsolidasi, informasi saldo efk, informasi saldo RDN konsolidasi. Anda juga bisa mendapatkan informasi penarikan dana, atau bahkan informasi surat berharga negara.
  7. Informasi Rekening. Berbagai informasi rekening seperti informasi saldo, saldo deposito, informasi rekening dana nasabah dan juga tahapan berjangka bisa Anda dapatkan dengan mudah jika Anda memiliki i-banking.
  8. Informasi Kredit Konsumer. Kali ini, jika Anda tertarik untuk membangun usaha dan membutuhkan banyak modal, Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari sini.
  9.  Informasi Lainnya. Dan hal lain yang bisa Anda dapatkan yakniadanya informasi kurs valuta asing.
  10. Status Transaksi. Jika Anda pernah melakukan transaksi dan kemudian hendak membatalkan, Anda bisa melakukannya di sini asalkan statusnya masih dalam tunda.
  11. Histori Transaksi. Berbagai transaksi dalam 31 hari  bisa Anda dapatkan di sini.
  12. Administrasi. Dan hal lainnya, Anda bisa melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan akun rekening Anda seperti mengganti PIN, menghapus daftar transfer, aktivasi keyBCA, ataupun blokir kartu ATM. Selain itu, di sini Anda juga bisa mengubah bahasa, daftar pembelian, hapus koneksi kartu kredit, dll.

Berbagai Ketentuan yang Sebaiknya Anda Ketahui

Jika Anda merupakan pengguna bari internet banking BCA, atau tertarik untuk menggunakan i-banking BCA, Anda perlu mengetahui beberapa ketentuan berikut.

1. Biaya administrasi KeyBCA

Seperti sudah di singgung di awal, pengguna KeyBCA akan dikenakan beberapa biaya seperti biaya administrasi sekitar Rp 25 ribu. Kedua, jika Anda melakukan penggantian KeyBCA dalam masa garansi, maka Anda tidak dikenakan biaya sama sekali. Namun, jika Anda melaukan penggantian Key BCA di luar masa garansi, Anda akan dikenakan biaya Rp 50 ribu.

2. Bank BCA mengenakan masa garansi buat KeyBCA

Hal lainnya yang biasanya tidak diketahui oleh pengguna yakni bahwa KeyBCA memiliki masa garansi. Garansi tersebut akan diberikan Bank BCA jika:

  1. Muncul icon “Low Batt” atau indikator baterai gak terisi penuh.
  2. Layar KeyBCA tidak menampilkan angka atau tulisan apapun.
  3. Layar KeyBCA menampilkan 8888888888 atau 00000000.
  4. Layar KeyBCA menampilkan 10 gambar kotak-kotak hitam.
  5. Layar KeyBCA menampilkan alfanumerik lainnya.
  6. Layar KeyBCA menampilkan 10 digit angka nomor seri KeyBCA.
  7. Angka KeyBCA yang dimasukkan selalu salah.

3. Tidak ada biaya registrasi dalam pembuatan akun

Ternyata untuk membuat akun i-banking tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

4. Hal-hal ini bisa bikin User ID terblokir

Ini hal selanjutnya yang wajib Anda tahu. Karena, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan akun Anda terblokir seperti:

  1. Salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  2. Salah memasukkan angka ke KeyBCA sebanyak 3 kali berturut-turut.
  3. Kartu ATM BCA hilang dan dilakukan penggantian.
  4. Jika terdapat laporan bahwa User ID dan PIN digunakan orang lain.

Jika terjadi pemblokiran, Anda bisa langsung melapor ke Halo BCA atau langsung melapor ke officenya langsung.

Kenapa Memilih I-Banking BCA?

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi nasabah untuk memilih menggunakan i-banking. Beberapa di antaranya karena adanya kemudahan dalam mengakses, mudahnya melakukan berbagai transaksi sebagaimana menggunakan ATM. Namun, berbagai kelebihan tersebut tentu disertai dengan adanya kelemahan. Berikut beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui.

Kekurangan menggunakan Internet Banking BCA

Sayangnya, ada beberapa kekurangan i-banking BCA. Beberapa di antaranya yakni:

  1. Dengan i-banking BCA, Anda tidak bisa melakukan penarikan tunai seperti yang biasa Anda lakukan di ATM. Jadi jika Anda memerlukan tarik tunai, Anda masih harus pergi ke ATM.
  2. Hacker
    Modus-modus penipuan melalui jaringan internet tidak saja terjadi sekali dua kali dan sudah banyak sekali memakan korban. Para hecker akan dengan sangat mudah untuk mengincar data dari nasabah dari berbagai situs perbankan atau dari belanja online. Kendati sudah dilengkapi dengan password dan key BCA, namun hecker dan virusnya bisa mengancam kapanpun dan dimanapun. Selain itu, juga ada pihak lain yang sengaja memanfaatkan nama BCA untuk kepentingannya.
  3. Tidak bisa digunakan oleh semua orang

Memiliki i-banking BCA sangat penting apalagi jika Anda merupakan orang yang suka bepergian jauh dan tidak selalu tersedia ATM dan kantor cabang BCA.

Hal-hal yang Perlru diperhatikan berkaitan dengan kepemilikan akun KlikBCA?

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan setelah Anda memiliki akun i-banking BCA.

1. Rekening BCA

Jika Anda ingin mendapatkan layanan i-banking BCA, Anda terlebih dahulu harus memiliki rekening BCA. Hal ini dikarenakan semua transaksi yang akan Anda lakukan akan disalurkan seluruhnya atau di tarik dari tabungan.

2. Kerahasiaan PIN

Ini adalah hal paling penting yang wajib Anda ketahui yakni kerahasiaan PIN. Ancaman hecker kadang memang tidak bisa dihindari, tapi alangkah baiknya jika Anda merahasiakan PIN rekening Anda, dari siapapun karena bisa disalahgunakan kapanpun. Rahasiakan Used ID dan password Anda sekaligus.

3. Secure Connection

Hal lain yang juga cukup penting yakni berkaitan dengan keamanan koneksi. Pastikan jika Anda menggunakan jaringan yang aman ketika Anda mengakses akun Anda. Sebaiknya, hindari membuka akun KlikBCA dengan menggunakan wifi umum seperti koneksi wifi taman, mall atau bandara. Karena, jika koneksi yang Anda gunakan aman, maka hal ini akan melindungi akun Anda dari ancaman hacker.

4. Situs terpercaya

Kebiasaan masyarakat saat ini yakni melakukan transaksi online karena maraknya e-commerce di Indonesia. Nah untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa situs belanja yang Anda kunjungi merupakan situs yang aman dan dapat dipercaya.

Menggunakan internet banking atau i-banking BCA sudah terbukti mempermudah nasabah dalam menghemat waktu karena lebih efisien.

Selain efektivitas penggunaan, berbagai fitur yang ditawarkan sangat menarik dan cocok untuk manusia modern dan mobilitas tinggi. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silahkan langsung datang ke kantor cabang BCA terdekat dan segera aktifkan akun i-banking Anda.

Menggunakan internet banking atau i-banking BCA sudah terbukti mempermudah nasabah dalam menghemat waktu karena lebih efisien.  Selain efectivitas penggunaan, berbagai fitur yang ditawarkan sangat menarik dan cocok untuk manusia modern dan mobilitas tinggi. Jika Anda terarik untuk mencobanya, silahkan langung datang ke kantor cabang BCA terdekat dan segera aktifkan akun i-banking Anda.

Cari Artikel di Sini