Profil Singkat Bank Cimb Niaga Syariah

Bank CIMB Niaga merupakan salah satu bank populer di Indonesia yang berdiri sejak tanggal 26 September 1955 silam. Awalnya, bank ini berdiri dengan nama Bank Niaga. Fokus utama pendirian bank ini adalah guna membangun dan mengembangkan nilai inti serta sikap profesionalisme dalam bidang pelayanan perbankan. Bank Niaga pun dikenal luas oleh masyarakat dan para pelaku bisnis sebagai bank yang terpercaya dan berkualitas mumpuni.

Pada tahun 1987, Bank Niaga melakukan inovasi dengan cara memberikan layanan perbankan melalui penyediaan mesin ATM pertama di Indonesia. Bank ini semakin dikenal hingga pada tahun 1991 mendapat predikat sebagai bank pertama yang dapat memberikan layanan perbankan secara online bagi nasabahnya.

Bank Niaga mulai meluncurkan sahamnya pada Bursa Efek Indonesia di tahun 1989 silam guna mengembangkan jaringan bank agar terdapat diseluruh wilayah nusantara. Pemerintah Republik Indonesia pun pernah menjadi salah satu pemegang saham dari Bank Niaga hingga akhirnya mengalami krisis moneter pada tahun 1990-an lalu.

Pada tahun 2002, CIMB Group Holdings Berhad atau CIMB Group Holdings mulai melakukan akuisisi saham mayoritas dari Bank Niaga dari BPPN sehingga pada Agustus 2007 semua saham sudah menjadi milik CIMB Group Holdings. Pada kesempatan lain, CIMB Group juga mengakuisisi saham mayoritas dari Lippo Bank dan melakukan reorganisasi internal sebagaimana group tersebut melakukan reorganisasi internal pada tubuh Bank Niaga.

Di Bulan Mei 2008, Nama Bank Niaga pun berubah menjadi CIMB Niaga karena telah diadakan merger dengan Lippo Bank berdasarkan kebijakan pemegang saham mayoritas. Upaya merger ini dilakukan sebagai sebuah upaya yang ditempuh agar Bank Niaga dan Lippo Bank mampu mematuhi Single Presence Policy yang ditetapkan oleh Pengawas Perbankan, yaitu Bank Indonesia.

Bergabunganya Lippo Bank dengan CIMB Niaga ini menjadi sebuah upaya yang sangat berarti dalam bidang perbankan khususnya di wilayah Asa Tenggara dimana CIMB Niaga menjadi salah satu bank yang memperkuat sektor ritel, UKM, dan juga korporat dalam melakukan transaksi pembiayaan dan pembayaran perbankan.

Bank CIMB Niaga terdiri atas Bank CIMB Niaga konvensional dan Bank CIMB Niaga Syariah dimana masing masing bank yang ada dalam satu manajemen ini mempunyai konsep menjalankan sistem perbankan yang berbeda.

CIMB Niaga Syariah ini adalah unit usaha khusus dari Bank CIMB Niaga yang memang khusus didirikan guna memberi respon atas adanya perkembangan keuangan sharia banking business yang ada di Indonesia. Bank CIMB Niaga Syariah ini pun memfokuskan diri dalam memberikan layanan perbankan untuk segmentasi nasabah individual dari tingkat menengah hingga menengah atas atau floating mass moderat serta tidak luput juga bagi segmen business banking.

Terdapat beberapa produk yang ditawarkan dalam Bank CIMB Niaga Syariah baik itu berupa tabungan, deposito, giro, dan juga layanan kredit. Bahkan untuk para pelaku bisnis, bank ini juga memberikan layanan di bidang giro, pinjaman, deposito, treasury serta pasar modal. Terdapat 1 bentuk pinjaman dari Bank CIMB Niaga Syariah yang dikenal dengan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) CIMB Niaga Syariah yang dapat digunakan untuk pembiayaan pembelian rumah dengan sistem kredit.

Selain itu, ada 6 jenis tabungan dari Bank CIMB Niaga Syariah berupa Tabungan iB Rencana Haji dengan setoran pertama sebesar 100 ribu rupiah, Tabungan iB Pahala Gaji dengan setoran pertama sebesar 500 ribu rupiah, Tabungan iB Mapan dengan setoran pertama sebesar 100 ribu rupiah, Tabungan iB Junior dengan setoran pertama sebesar 100 ribu rupiah dan bebas biaya administrasi, Tabungan iB Pendidikan yang khusus digunakan dalam sektor pendidikan, dan Tabungan iB X-tra dengan setoran awal sebanyak 200 ribu rupiah serta bebas biaya administrasi dan juga diberikan layanan kartu ATM berikut e-banking.  Untuk jenis deposito, hanya ada 1 jenis deposito pada Bank CIMB Syariah, yaitu CIMB Niaga Deposito iB dengan setoran pertama sebanyak 8 juta rupiah dan tenor berkisar 1 sampai 12 bulan.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: