Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang dipergunakan untuk memberi jaminan kesehatan kepada orang yang ditanggungnya saat orang tersebut mengalami kecelakaan atau sedang sakit.

Asuransi kesehatan biasanya disediakan oleh berbagai perusahaan asuransi dengan berbagai macam pilihan mulai perlindungan dalam hal biaya rawat inap hingga rawat jalan bahkan ada yang menyediakan layanan asuransi pasca rawat inap dan operasi. Keberadaan asuransi kesehatan ini mampu memberikan jaminan pula untuk ibu hamil yang akan melahirkan secara operasi caesar dan normal.

Guna memperoleh manfaat dari asuransi kesehatan ini, tentunya nasabah maupun pemegang polis asuransi kesehatan harus membayar premi asuransi secara berjangka. Besarnya premi asuransi yang dikenakan pun bervariasi tergantung dengan kondisi kesehatan dari pihak yang ditanggung, risiko yang dihadapi, serta manfaat dan prosedut berikut ketentuan lainnya yang diterapkan.

Berbeda halnya dengan BPJS Kesehatan, beberapa asuransi kesehatan dari perusahaan swasta mempunyai banyak sekali kelebihan yang oleh BPJS Kesehatan tidak dipunyai,misalnya dalam hal kemudahan, fleksibilitas dalam pemilihan rumah sakit, serta dalam hal kecepatan penanganan.

MENGAPA BUTUH ASURANSI KESEHATAN?

Terdapat banyak sekali alasan mengapa anda butuh asuransi kesehatan, diantaranya adalah :

  1. Mampu memberikan suatu perlindungan atas tingkat kesehatan individu jika sewaktu waktu terserang oleh penyakit dan ingin melakukan cek up pada kesehatan tubuh.
  2. Tentunya mengurangi pembiayaan jika memang harus di opname saat penyakit menyerang ataupun saat mengalami kecelakaan. Terlebih saat harus menjalani operasi yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

JENIS JENIS ASURANSI KESEHATAN

Layaknya asuransi perjalanan dan juga asuransi kendaraan, terdapat beberapa asuransi kesehatan yang ada di Indonesia, yaitu :

1. Asuransi Berdasarkan jenis perawatan terdiri dari :

  1. Asuransi kesehatan rawat inap.
  2. Asuransi kesehatan rawat jalan.

2. Asuransi Berdasarkan kepesertaan terdiri dari :

  1. Asuransi wajib, dan
  2. Asuransi sukarela

3. Asuransi Berdasarkan biaya yang ditanggung terdiri dari :

  1. Asuransi total, dan
  2. Asuransi tanggungan tinggi tertentu.

4. Asuransi Berdasarkan pihak yang ditanggung terdiri atas :

  1. Pihak personal, dan
  2. Pihak berupa kelompok.

Di Indonesia, ada banyak sekali perusahaan asuransi swasta yang menyediakan produk berjenis asuransi kesehatan, diantaranya adalah asuransi kesehatan dari Prudential, Allianz, Sinarmas, Manulife, AXA Mandiri, BNI Life, Takaful, Bumiputera, Chubb, Equity, dan masih banyak lagi.

HAL HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM JOIN ASURANI KESEHATAN

Sebelum anda memutuskan untuk mengikuti asuransi kesehatan, ada baiknya anda memperhatikan hal hal berikut ini, yaitu :

  1. Jumlah copayment yang harus dibayar. Jenis asuransi kesehatan yang anda pilih, hendaknya mempunyai zero copayment sehingga anda dapat menikmati klaim asuransi secara penuh.
  2. Mempunyai jangka waktu sampai seumur hidup agar anda dipastikan memperoleh perlindungan setiap saat. Asuransi yang diikuti juga sebaiknya dapat diperpanjang agar lebih menjamin kepastian perlindungannya.
  3. Perhatikan pula masa tunggu penyakit dari asuransi kesehatan yang anda ikuti agar dapat terus dimanfaatkan dengan maksimal. Asuransi yang baik adalah asuransi yang masa tunggu penyakitnya tak terlalu panjang.
  4. Yang terakhir, biaya kamar rumah sakit saat anda opname pun harus ikut diperhatikan dan diperhitungkan. Lebih baik anda mengajukan jenis polis yang biaya dan pelayanannya berada di tingkatan yang lebih tinggi sehingga anda akan merasa nyaman saat nantinya memang harus opname di rumah sakit.

Cari Artikel di Sini