Artikel 76

PENGERTIAN KEGIATAN EKONOMI

Kegiatan ekonomi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau manusia dengan tujuan agar bisa mendapatkan sebuah barang maupun penggunaan jasa. Kegiatan ekonomi juga dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan agar seseorang atau individu dapat mencapai kesejahteraan dalam hidupnya. Secara umum, kegiatan ekonomi merupakan sebuah kegiatan yang didalamnya terdapat pelaku ekonomi yang dilakukan guna memperoleh barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan.

TUJUAN KEGIATAN EKONOMI

Tujuan dilakukannya kegiatan ekonomi tidak lain tidak bukan adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kesehariannya, terutama yang berhubungan dengan kebutuhan primer seperti sandang, pangan, dan papan. Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan dari seseorang atau individu, suatu perusahaan ataupun suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan juga jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut.

MACAM-MACAM KEGIATAN EKONOMI

Kegiatan ekonomi berkaitan dengan usaha produksi, distribusi, dan konsumsi dimana ketiganya saling berhubungan dan saling terkait satu sama lain. Dibawah ini merupakan penjelasan singkat berikut contoh tentang ketiga macam kegiatan ekonomi yang banyak terjadi di masyarakat, yaitu :

KEGIATAN PRODUKSI

Sebuah kegiatan yang menghasilkan barang/ produk dan juga jasa. Tujuan dari kegiatan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sedangkan tujuan dari pihak produsen adalah untuk mencari keuntungan. Contoh kegiatan produksi adalah seorang produsen membuat sepatu, kain, kue, motor, mobil, dengan tujuan untuk dipasarkan ataupun dijual. Selain itu ada juga produsen jasa yang menawarkan jasa sedot wc, pangkas rambut, dan lain sebagainya.

KEGIATAN DISTRIBUSI

Sebuah pekerjaan yang bertujuan menyalurkan produk/ barang dan juga jasa dari produsen kepada konsumen yang akan memakai produk maupun jasa tersebut dengan cara tertentu. Contoh kegiatan atau pekerjaan distribusi adalah agen surat kabar, agen tenaga kerja, agen yang menjual makanan dan minuman, dan lain sebagainya.

KEGIATAN KONSUMSI

Sebuah kegiatan yang dilakukan oleh konsumen dalam memakai atau menggunakan produk maupun jasa yang diproduksi oleh produsen. Tujuan konsumen dalam kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Contoh kegiatan konsumsi adalah makan di warung nasi, membeli cemilan di warung, membeli pakaian model terbaru, ataupun memakai jasa sedot wc.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: